banner-detik
LIFESTYLE

5 Treatment Mengencangkan Kulit Wajah untuk Usia 40-an

author

Dhevita Wulandari09 May 2022

5 Treatment Mengencangkan Kulit Wajah untuk Usia 40-an

Selain dengan cara alami, mengencangkan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan treatment di klinik kecantikan. Berikut 5 rekomendasi treatment yang bisa Mommies lakukan.

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang kencang dan awet muda. Untuk mendapatkannya, tentu diperlukan gaya hidup yang sehat seperti makan-makanan yang baik bagi tubuh dan kulit, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, menjaga pikiran yang sehat, menghindari stres, dan olahraga.

Tapi selain itu, ada juga lho cara lain agar kulit tetap kencang, yaitu dengan melakukan perawatan atau treatment di klinik kecantikan. Nah, kira-kira ada jenis perawatan apa saja sih yang bisa membantu mengencangkan kulit wajah? Ini beberapa rekomendasinya.

Botox

Sudah sering terdengar namanya, Botox atau botulinum toxin adalah perawatan kulit yang dilakukan dengan menggunakan obat yang bisa mengurangi kerutan di wajah, mengobati kaku otot, dan mengobati migrain kronis.

Efek setelah botox biasanya akan berkurang dan menghilang setelah 3 hingga 6 bulan setelah perawatan dilakukan. Sehingga jika diperlukan, Mommies dapat melakukannya kembali. Namun, perawatan yang satu ini tidak bertujuan untuk menyembuhkan, melainkan hanya untuk meredakan keluhan untuk sementara.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Bahan Aktif Skincare untuk Memudarkan Flek Hitam, Sudah Terbukti!

Chemical Peeling 

Chemical peeling adalah jenis perawatan wajah yang dilakukan dengan tujuan mengatasi masalah kulit yang kusam, keriput, berjerawat, garis halus, hingga bekas luka pada wajah. Sesuai namanya, perawatan ini dilakukan dengan mengoleskan bahan kimia yang mengandung asam glikolat atau asam trikoroaselat pada permukaan kulit. 

Bahan kimia tersebut bekerja untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit lapisan terluar akan mengelupas dan digantikan dengan lapisan kulit baru di bawahnya yang lebih muda dan lembut.

Jenis perawatan kulit ini juga bisa menimbulkan efek samping apabila pemilihan jenis cairannya tidak tepat yang dapat mengakibatkan timbulnya kemerahan atau bekas hiperpigmentasi pada kulit.

HIFU

HIFU (high-intensity focused ultrasound) adalah salah satu perawatan kulit untuk meningkatkan pembentukan kolagen yang dapat membantu kulit wajah tetap sehat kencang, dan menjaga awet muda. Treatment ini juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan facelift, namun HIFU terbilang lebih murah dibanding facelift dan tidak memerlukan down time dan waktu pemulihan.

HIFU treatment juga memiliki manfaat lainnya, seperti menghaluskan kulit wajah, mempertegas garis rahang, mengencangkan area kulit di antara leher dan payudara, hingga mengencangkan kulit kendur di leher. Meski memiliki banyak manfaat, tidak semua orang akan cocok dengan treatment ini, sehingga lebih disarankan untuk usia 30-an karena HIFU akan lebih efektif untuk memperbaiki kekenduran kult yang ringan hingga sedang.

Tanam Benang

Tanam benang (thread lift) merupakan perawatan kulit yang digunakan untuk mengangkat dan membentuk wajah. Perawatan ini dilakukan dengan jahitan medis sementara yang bertujuan untuk menarik kulit wajah agar terlihat kencang. Tanam benang bisa menjadi alternatif bagi orang yang tidak bisa melakukan facelift. 

Perawatan tanam benang dilakukan dengan memasang jahitan tipis yang dapat larut dibawah lapisan kulit wajah, kemudian kulit akan ditarik kencang di daerah dahi, bawah mata, pipi, dan rahang. Tentunya perawatan dilakukan oleh dokter yang sudah ahli di bidang ini. 

Meskipun dianggap berisiko rendah, tanam benang juga memiliki efek samping dan risiko komplikasi pada beberapa orang. Sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dulu dengan dokter kulit.

Radiofrequency

Radiofrequency adala perawatan kulit yang mampu membuat wajah menjadi awet muda dan kencang. Perawatan ini disebut lebih atau sama efektifnya seperti menggunakan krim anti-aging.

Prosedur perawatan dilakukan dengan merangsang produksi kolagen di dalam kulit untuk membuat permukaan kulit lebih kencang. Namun, perawatan ini tidak memiliki hasil yang permanen. Sehingga jika dibutuhkan, Mommies bisa melakukan perawatan kembali di beberapa tahun setelahnya untuk mendapatkan dan menjaga kulit tetap kencang. 

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Skincare Halal Lokal, Mana Favorit Mommies?

Featured Image: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS