Now Reading
Bukan Tepung Terigu, Ini 5 Jenis Tepung yang Sehat untuk Tubuh

Bukan Tepung Terigu, Ini 5 Jenis Tepung yang Sehat untuk Tubuh

Dhevita Wulandari
tepung yang sehat

Ternyata, tepung terigu mengandung gluten yang kurang baik bagi tubuh. Agar mendapatkan nutrisi yang lebih baik, ini beberapa jenis tepung yang sehat bagi tubuh.

Mommies tentu tahu, tepung merupakan salah satu komponen utama dalam membuat suatu masakan atau makanan. Dari banyak jenis tepung yang ada, tepung terigu menjadi salah satu yang paling sering dipakai. Tepung terigu sendiri terbuat dari biji gandum yang dihaluskan.

Namun, kandungan nutrisi yang terdapat pada tepung terigu mengalami degradasi atau penurunan yang diakibatkan proses penyaringan untuk menghilangkan dedak. Tidak hanya itu, tepung terigu juga mengandung gluten yang dapat menimbulkan alergi dan dihindari oleh para penggiat diet karena bisa menambah berat badan dengan cepat.

Melansir dari Healthline, ada beberapa alternatif tepung yang sehat yang bisa digunakan selain tepung terigu, yaitu dengan menggunakan tepung non gluten yang lebih bernutrisi.

1. Tepung kelapa

Tepung kelapa dibuat dari daging kelapa yang dikeringkan kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk yang halus dan lembut. Jenis tepung ini memiliki padat kalori dan lemak daripada jenis tepung dengan biji-bijian biasa.

Tepung kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) karena mengandung asam laurat lemak jenuh yang tinggi. Kandungan nutrisi pada tepung kelapa terdiri dari protein, lemak, kalori, serat, zat besi, potasium, dan karbohidrat.

BACA JUGA: 7 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dialami Ibu Bekerja, Termasuk SAkit Pinggang

2. Tepung almond

Tepung almond berasal bubuk kacang almond yang telah digiling halus. Tepung almond mengandung antioksidan, menyediakan vitamin E, protein nabati, lemak tak jenuh, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, potasium, dan asam lemak omega-3. Tepung almond dapat melindungi kesehatan otak dengan kandungan vitamin E yang dimilikinya.

Keunggulan lainnya, memakan makanan yang terbuat dari tepung almond juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan resistensi insulin. 

3. Tepung quinoa

Selain bebas gluten, tepung quinoa juga menjadi sumber protein yang lengkap sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Tidak hanya protein, tepung quinoa juga mengandung kalori, lemak, karbohidrat, zat besi, serat, dan potasium yang memiliki sejumlah manfaat pada tubuh.

Beberapa manfaatnya seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan karena memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi, minimalisir penyakit berbahaya seperti kanker, hingga mencegah peradangan pada tubuh.

4. Tepung tapioka

Tepung tapioka terbuat dari ekstrak singkong, sehingga sering juga disebut sebagai tepung singkong. Jenis tepung ini sering digunakan untuk mengentalkan sup, saus, dan resep roti. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tepung tapioka antara lain serat, karbohidrat, dan protein.

Tepung singkong juga memiliki keunggulan, seperti pati resisten yang berperan sebagai serat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh.

5. Tepung jagung

Lebih dikenal dengan sebutan tepung maizena, tepung jagung sering digunakan sebagai bahan pengental dalam makanan. Selain sebagai pengental, tepung ini juga bisa digunakan untuk membuat roti dan tortila. 

Rendah kalori dan tinggi serat, tepung jagung juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6, mangan, magnesium, riboflavin, niasin, folat, zat besi, dan tiamin

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Bahan Aktif Skincare untuk Memudahkan Bintik Hitam, Sudah Terbukti!

Featured Image: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top