Now Reading
7 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dialami Ibu Bekerja, Termasuk Sakit Pinggang

7 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dialami Ibu Bekerja, Termasuk Sakit Pinggang

penyakit ibu bekerja

Bekerja berjam-jam ternyata juga menimbulkan penyakit pada ibu bekerja. Ini deretan penyakit yang paling sering dialami oleh ibu bekerja!

Selain memikirkan beban pekerjaan dan tanggung jawab di rumah yang harus dikerjakan, ternyata ada satu hal lagi yang harus dihadapi oleh para ibu bekeja. Ya, jawabannya adalah masalah kesehatan.

Hal itu dikarenakan aktivitas mereka yang monoton dan kebanyakan masuk ke dalam kategori inactive lifestyle atau gaya hidup tidak aktif. Setiap hari pekerjaan memaksa mereka untuk duduk berjam-jam di depan komputer dengan sedikit gerak dan tanpa olahraga.

BACA JUGA: Psikosomatik: Ketika Stres dan Depresi Mengakibatkan Sakit Fisik

Pengaruh Gaya Hidup Tidak Aktif

Dilansir dari National Library of Medicine, kondisi gaya hidup tidak aktif bisa sangat mempengaruhi tubuh Anda, lho. Berikut beberapa kondisi tubuh yang bisa dipengaruhi oleh aktivitas yang monoton, terutama untuk para ibu bekerja.

  • Tubuh jadi lebih sedikit membakar kalori karena kurang gerak sehingga lebih mudah menambah berat badan
  • Karena jarang menggunakan otot, Anda mungkin kehilangan kekuatan dan daya tahan otot
  • Tulang jadi lebih lemah dan kehilangan beberapa kandungan mineral karena jarang beraktivitas
  • Metabolisme tubuh mungkin terpengaruh, dan tubuh Anda lebih kesulitan memecah lemak dan gula
  • Sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik
  • Anda mungkin memiliki sirkulasi darah yang lebih buruk
  • Tubuh jadi sering mengalami peradangan
  • Mengalami ketidakseimbangan hormon

BACA JUGA: Tips Mengatasi Sakit Punggung Akibat Kelamaan Duduk

Masalah Kesehatan Ibu Bekerja

penyakit ibu bekerja

Deretan kondisi di atas bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan pada ibu bekerja dan rutin muncul. Mommies Daily sempat bertanya kepada para Mommies di media sosial mengenai hal ini dan mereka pun membagikan aneka masalah kesehatan yang paling sering dialami.

1. Sakit Kepala

Masalah kesehatan ibu bekerja ini bisa muncul karena banyak sebab, mulai dari mata yang terlalu lama memandang layar komputer, cahaya lampu dan ruangan yang mungkin kurang terang, kurang air minum hingga stres.

2. Sakit Pinggang

Terlalu lama duduk dengan posisi yang sama sampai kadang miring ke kanan atau miring ke kiri ternyata bisa menimbulkan sakit di area pinggang. Kalau dibiarkan terlalu lama atau terjadi terus menerus, hal itu bisa berbahaya untuk kesehatan.

3. Kesemutan dan Kram

Saat duduk dengan posisi yang sama, artinya otot tubuh dibiarkan diam dalam waktu yang lama. Otot tentu akan jadi kesemutan, kaku, dan pegal. Namun ketika tubuh bekerja terlalu keras, otot justru bisa jadi kram. Pada ibu bekerja yang banyak duduk di kantor, biasanya kram dan kesemutan sering terjadi di area tangan, leher, dan kaki.

4. Insomnia

Tugas kantor yang menumpuk membuat Anda stres dan pikiran terpenuhi. Belum lagi jika ditambah dengan pekerjaan rumah serta anak. Kondisi ini bisa berujung membuat Anda sulit tidur atau mengalami insomnia. Efeknya Anda kurang istirahat, menyebabkan sakit kepala, sakit mata, hingga tubuh lemas.

5. Masuk angin

Kalau masalah kesehatan ibu bekerja yang satu ini sering terjadi pada mereka yang bekerja di dalam ruangan kantor dengan suhu AC yang tinggi. Duduk terlalu lama dan kurang sinar matahari membuat angin yang masuk terkurung di tubuh.

6. Dehidrasi

Kalau sudah duduk di depan komputer, pasti kebanyakan ibu bekerja malas untuk bergerak, bahkan untuk sekadar mengambil air minum. Malas bolak-balik ke kamar mandi juga jadi penyebab orang malas banyak minum di kantor. Padahal kurang minum mengakibatkan tubuh dehidrasi, yang jika dibiarkan terus bisa memicu sakit kepala.

7. Kulit kering

Sama seperti masuk angin, kondisi kulit kering saat bekerja seringkali dipicu dengan lingkungan kerja yang terlalu dingin atau kering, dan AC adalah penyebabnya. Kulit yang kering akan terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas saat bekerja. Jika dibiarkan bahkan bisa memicu kondisi kulit wajah atau tubuh mengelupas.

BACA JUGA: 8 Daftar Rumah Sakit yang Menyediakan Layanan Konsultasi Online

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top