Now Reading
Rekomendasi Tempat Magang untuk Anak Sekolah Saat Liburan

Rekomendasi Tempat Magang untuk Anak Sekolah Saat Liburan

Intip deretan rekomendari tempat magang untuk anak sekolah dan manfaat yang bisa mereka petik dari kegiatan ini, termasuk banyaknya pengalaman.

Daripada berdiam diri di rumah, Mommies bisa merekomendasikan aneka kegiatan bermanfaat untuk anak di tengah waktu mereka libur sekolah. Salah satunya adalah kegiatan magang. Sudah dibuktikan bahwa magang memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembang dan bekal anak di masa depan.

BACA JUGA: 6 Perusahaan yang Menerima Anak Magang SMA/SMK

Manfaat Magang untuk Anak Sekolah

Berikut beberapa manfaat kegiatan magang untuk anak SMP dan SMA!

1. Belajar mengenal diri sendiri

Melalui magang, anak bisa melihat kemampuan dirinya hingga bidang yang dia minati dan tidak. Misalnya anak selama ini merasa tidak mampu berinteraksi dengan orang lain, tetapi nyatanya dia mudah beradaptasi dan menikmati kegiatan tersebut, begitu juga sebaliknya.

2. Melatih komunikasi dengan orang baru

Magang di sebuah tempat yang baru artinya anak akan mengenal banyak sosok baru. Selama masa tersebut mereka akan melatih kemampuan komunikasinya, seperti mengemukakan ide dan memberikan saran kritik kepada atasan, serta berbicara dengan cara yang benar kepada customer.

3. Bekerja dengan tim

Kalau selama ini anak bekerja dalam tim untuk mengerjakan tugas sekolah, kali ini dia akan bekerja dengan orang-orang baru dalam tim untuk menyelesaikan tugas kantor. Anak akan belajar memahami masing-masing karakter masing-masing anggota timnya dan tidak lagi egois demi mencapai tujuan kerja bersama.

4. Memiliki keahlian baru

Magang di tempat baru akan membuat anak belajar tentang keahlian baru yang mungkin sebelumnya tidak mereka miliki. Mungkin di awal magang anak harus banyak belajar dan beradaptasi, tetapi jika ditekuni dengan baik dijamin anak bisa menguasainya.

5. Menjalin network

Tidak ada yang tahu di masa depan anak akan bertemu dengan siapa. Dengan magang dan mengenal banyak orang, anak akan membantu dirinya sendiri menyusun tangga kariernya saat terjun ke dunia kerja nanti. Mungkin saja anak bisa mendapat rekomendasi beasiswa atau pekerjaan lewat sosok yang dia kenal saat magang.

BACA JUGA: 9 Hal yang Saya Pahami Ketika Membesarkan Anak Remaja

Rekomendasi Tempat Magang Saat Libur Sekolah

temoat magang untuk anak sekolah

Ini dia rekomendasi beberapa tempat magang saat liburan untuk anak sekolah!

1. Media online

Beberapa media online membuka lowongan magang untuk anak sekolah, terutama sekolah kejuruan. Tidak hanya menulis, anak juga bisa ditempatkan di posisi tech, admin, atau conten creator.

2. Hotel

Tempat magang untuk anak sekolah yang satu ini cocok untuk siswa SMK jurusan perhotelan. Ilmu yang dipelajari di sekolah bisa diaplikasikan secara langsung. Jika pekerjaan anak bagus, tak jarang mereka sudah disiapkan posisi kerja saat lulus nanti.

3. Coffee shop

Kini ada sangat banyak coffee shop yang tersebar di berbagai tempat, mulai dari yang besar hingga baru merintis. Jika anak juga penyuka kopi, mereka bisa melamar magang untuk posisi barista, admin, kasir, atau desain.

4. Restoran

Cocok untuk anak sekolah kejuruan tata boga untuk mengasah kemampuan yang selama ini hanya dipelajari di sekolah. Anak bisa mendapat langsung ilmu dari chef ahli dan ternama, membuat kemampuannya jadi semakin terasah untuk di masa depan.

5. Guru les

Anak punya kelebihan di salah satu mata pelajaran? Yuk, bantu mereka mengisi liburan sekolah menjadi guru les untuk anak-anak TK atau SD. Selain semakin mengasah pengetahuannya, jadi guru les juga mengajar anak lebih sabar sekaligus mendapatkan uang jajan tambahan.

6. Perusahaan telekomunikasi

Perusahaan telekomunikasi, seperti Telkom, diketahui menerima anak sekolah untuk posisi magang. Siswa/i SMK, khususnya STM, akan ditempatkan di kantor-kantor wilayah Telkom. Mereka akan bekerja sekaligus belajar tentang fiber optic, konfigurasi sederhana, dan lain-lain.

7. Kementrian

Salah satu contoh Kementrian yang menerima anak magang SMA adalah Kementerian PUPR. Anak sekolah akan ditempatkan di bagian administrasi atau humas yang membutuhkan banyak tenaga bantuan.

BACA JUGA: 8 Masalah Anak Remaja yang Sering Terjadi Menurut 4 Psikolog

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top