Now Reading
6 Perusahaan yang Menerima Anak Magang SMA/SMK

6 Perusahaan yang Menerima Anak Magang SMA/SMK

Untuk anak-anak mommies yang mungkin aja berminat mengisi masa liburan dengan magang di perusahaan tertentu, atau memang ada syarat yang harus dipenuhi dari sekolah, berkaitan dengan kelulusannya kelak.

6 Perusahaan yang Menerima Anak Magang SMA/SMK - Mommies Daily

Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Dari yang pernah saya alami magang itu punya banyak manfaat. Di antaranya belajar berani komunikasi dengan orang baru. Bagaimana mengemukakan ide, saran hingga kritik dengan cara yang benar kepada supervisor kita.

Nggak cuma itu, magang juga berarti berani menerima tantangan, sekaligus mencari solusinya. Pelan-pelan terlibat dalam tim kerja, memahami masing-masing karakter, tidak egois demi tujuan kerja bersama.

Ini dia enam perusahaan yang biasa menerima siswa SMA/SMK magang. Kalau mommies punya nama-nama lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar, ya. Siapa tahu ada yang sedang mencari.

Baca juga: 9 Hal yang Saya Pahami Ketika Membesarkan Anak Remaja

1. Female Daily Network (Female Daily dan Mommies Daily)

Jl. Kapten Tendean No.34. Mampang Prapatan. Jakarta Selatan 12720

(021) 79182121

Kantor saya sendiri nih, mommies, hihihi. Biasanya anak magang di sini adalah siswa SMK. Ditempatkan di bagian IT. Lama magang, minimal tiga bulan.

2. Whiz Prime Hotel Kelapa Gading

Komplek Ruko Inkopal, Jl. Boulevard Bar. Raya Blok B No.18, RT.2/RW.9, Klp. Gading Barat. Jakarta Utara. Jakarta 14240.

(021) 24520101

Menurut teman Teguh Muliawan, Hotel Manager di sana, yang kerap ia terima sebagai anak magang ialah siswa SMK Perhotelan, untuk magang di bagian housekeeping. Teguh mengatakan, dia membatasi kuota siswa yang magang, per batch (6 bulan) hanya menerima 4 orang. Cara ini dia terapkan agar maksimal menimba pengalaman selama magang.

3. Berita Satu

Berita Satu Plaza, Jl. Gatot Subroto No.Kav. 35-36, RT.6/RW.3, Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan. 12950.

(021) 29957500

Lain lagi dengan kantor teman saya ini. Menurut keterangan Rianti, seorang Reporter di sana. Lebih banyak menerima anak SMA. Bidang yang mereka kerjakan, antara lain admin social media, urusan administrasi pada umumnya, riset bahan untuk konten, liputan, reportase, hingga editing video. Sery, lho, masih sekolah sudah ada kesempatan untuk “mencicipi” dunia kerja.

Baca juga: Penyebab Insecure di Kalangan Anak Remaja

4. Nusantara Abadi Jaya

Kalimantan:

Nusantara Abadi Jaya Group. Jl. Wiyata No. 81 RT. 023 Kel. Sepinggan Raya. Kec. Balikpapan Selatan 76115. Kalimantan Timur.

Makassar:

Komplek Ruko Sombaopu Blok B no 2. Jl Metro Tanjung Bunga, Kec. Tamalate, Makassar

Pemiliknya kebetulan adalah teman saya semasa nge-kost di Bandung. Perushaan milik keluarganya ini bergerak di bidang menyawakan alat-alat berat, dan maintenance vehicles. Uniknya selain menerima siswa SMK untuk magang. Menurut Nila, kantornya juga membuat sekolah keahlian, letaknya sekarang masih di daerah Bone. Nantinya siswa-siswa yang sekolah di sana, bisa langsung magang di perusahaannya.

5. PT Telekomunikasi Indonesia

-Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.52. Jakarta Selatan 12710

(021)-5215103

– Jl. Japati no.1. Bandung 40133. Jawa Barat

(022)-2500000

“Biasanya siswa/i SMK ditempatkan di kantor-kantor wilayah Telkom. Nanti di sana mereka belajar tentang Fiber Optic, konfigurasi sederhana, dan lain-lain. Karena SMK sekarang itu khususnya STM mesti banget ngerti tentang kabel optic, sampai harus punya sertifikasi sebagau salah satu syarat kelulusan. Kalau nggak salah sertifikasi ini sudah menjadi salah satu kebijakan dinas pendidikan juga. Sama seperti kampus-kampus, mahasiswanya harus punya sertifikasi kompetensi sebagai SKPI dan sudah jadi kebijakan dari Dikti,” begitu keterangan dari Intan Apriani Nurkusuma Dewi, Account Manager Telkom.

6. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR. Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru. Jakarta Selatan 12110

(021) 7228497

Teman saya Pizka yang bekerja di Kementerian PUPR ini mengatakan, biasanya tempatnya bekerja merekrut siswa SMK yang sekolahnya berdekatan dengan kantornya. Mereka ada mata pelajaran kerja praktik. Mengikuti jadwal mereka, magangnya 3 bulan.

Oh iya, kata Pizka rata-rata di Kementerian lainnya juga menerima anak magang, yang dia tahu di bagian administrasi butuh tenaga bantuan yang lumayan. Selain itu, biasanya nih setahu saya hotel-hotel lainnya juga sangat welcome, lho dengan siswa magang. Dan kalau bisa mencari tempat magang disesuaikan dengan minat si anak, ya, mommies. Supaya selama mengerjakan proyek demi proyek anaknya happy!

Baca juga: 8 Masalah Anak Remaja yang Sering Terjadi Menurut 4 Psikolog

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top