Now Reading
10 Doa Ramadan Beserta Artinya yang Dapat Diamalkan, Apa Saja?

10 Doa Ramadan Beserta Artinya yang Dapat Diamalkan, Apa Saja?

Dhevita Wulandari
doa ramadan

Berdoa di bulan Ramadan ternyata mudah dikabulkan dibanding bulan-bulan biasanya. Ini 10 doa Ramadan yang bisa Mommies dan keluarga amalkan.

Doa adalah salah satu cara berkomunikasi antara manusia dengan Penciptanya. Tidak hanya sebagai cara untuk memohon ampun, doa juga menjadi cara manusia untuk berterima kasih, berkeluh kesah, meminta perlindungan dan pertolongan Sang Maha Kuasa.

Doa juga dapat memberikan manfaat jika kita bersungguh-sungguh memintanya. Dalam bulan Ramadan, ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Waktu Sahur

Bukan sekadar kegiatan makan untuk persiapan puasa seharian, sahur juga menjadi waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no.758).

Dari hadits di atas, Ibnu Hajar turut menjelaskan bahwa, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari).

BACA JUGA: 7 Tanda Anak Sudah Siap Puasa Ramadan

2. Ketika Berpuasa

Selain waktu sahur, orang yang berpuasa di bulan Ramadan juga tidak ditolak doanya. Hal ini dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

3. Saat Berbuka Puasa

Kita seringkali lupa diri saat berbuka puasa dan langsung menyantap makanan yang disajikan. Padahal, saat berbuka puasa juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. 

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan, doa saat berbuka puasa mudah dikabulkan karena seseorang yang berpuasa sudah menyelesaikan ibadahnya dengan tunduk dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Lalu apa saja doa yang bisa dilakukan di bulan Ramadan? Berikut 10 doa Ramadan yang dapat diamalkan.

Doa Menyambut Ramadan

Selanjutnya doa sahur.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top