Now Reading
Saat Ambil Rapor, Ajukan 7 Pertanyaan Ini ke Wali Kelas Demi Kemajuan Anak

Saat Ambil Rapor, Ajukan 7 Pertanyaan Ini ke Wali Kelas Demi Kemajuan Anak

Selain bertanya soal nilai, ada sederet pertanyaan lainnya yang bisa Mommies tanyakan pada wali kelas demi kemajuan anak di sekolah.

Mendekati momen ambil rapor, pasti banyak orang tua yang gelisah. Pasalnya mereka akan melihat nilai serta laporan hasil belajar anak selama satu semester. Pasti Anda mengharapkan hasil yang terbaik dari anak, kan? Dan sayangnya kebanyakan orang tua hanya fokus bertanya soal nilai anak.

Padahal ada banyak pertanyaan lain yang bisa dan perlu diajukan ke wali kelas demi kemajuan belajar dan tumbuh kembang anak. Supaya orang tua bisa tahu lebih dalam tentang kemampuan anak dan membantu proses belajar berjalan baik di masa depan.

BACA JUGA: Karena Nilai Di Raport Anak Bukan Segalanya

Pertanyaan ke Guru Saat Ambil Rapor Anak

Untuk itu, Anda bisa mengajukan deretan pertanyaan ini kepada wali kelas di momen ambil rapor anak.

1. Nilai

Rapor memang hasil laporan nilai anak selama proses belajar di sekolah. Sambil melihat hasil tertulisnya, Anda bisa sambil bertanya dibagian mana kelebihan dan kekurangan anak sehingga mendapatkan nilai tersebut. Dengarkan masukan dari guru sebagai saran untuk Anda mencari solusi dan mendukung anak mencapai nilai yang lebih baik di semester depan.

2. Keaktifan dan partisipasi saat belajar

“Apakah anak saya aktif saat belajar kelompok?” atau “Apa dia ikut berpartisipasi jika ada tugas kelas?” Dari sini Anda bisa melihat bagaimana sikap dan perilaku anak ketika proses belajar mengajar. Mungkin saja dia yang aktif saat di rumah malah terlihat pendiam di kelas. Perbedaan sikap tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal dan dengan menegtahui fakta tersebut, Anda bisa lebih cepat mencari jalan keluarnya.

3. Kemampuan anak bersosialisasi

Tanyakan juga pada wali kelas saat ambil rapor apakah anak mampu berbaur dengan teman-temannya di kelas. Lalu apakah dia bisa bekerja dalam kelompok dan pertanyaan seputar kemampuan bersosialisasi anak lainnya. Jika anak mengalami kesulitan bersosialisasi, wali kelas pasti akan memberi tahu dan Anda bisa memberi bantuan untuk si kecil.

BACA JUGA: Siapkan Anak Agar Tetap Semangat Sekolah di Bulan Puasa

4. Hobi dan potensi anak di sekolah

Sebagai orang yang melihat anak selama di sekolah, wali kelas pasti bisa memahami apa potensi yang terbentuk pada si kecil. Tanyakan apakah hobi dan potensi yang ditunjukkan anak di sekolah, sama dengan apa yang ditunjukkan di rumah atau sesuai harapan Anda. Apa pun jawabannya, pilihan terbaik adalah dengan memberi dukungan dan memaksimalkan potensi tersebut dalam diri anak.

5. Sopankah anak pada orang lain

Sopan santun adalah hal yang penting. Jangan sampai di depan Anda anak terlihat sopan tapi di belakang tidak. Tanyakan pada wali kelas anak apakah dia juga sopan saat di sekolah, baik pada orang yang lebih tua, seusianya, atau lebih muda. Jika anak dilaporkan kurang patuh atau tidak sopan, hal ini bisa jadi masukan Anda untuk mendidik anak jadi lebih baik.

6. Perubahan aneh pada diri anak

Wali kelas mungkin bisa jadi salah satu orang yang melihat perubahan, meskipun kecil, pada diri anak selama proses belajar atau di sekolah. Misalnya anak jadi lebih pendiam dari yang biasanya aktif, atau malah jadi semakin hiperaktif. Informasi ini bisa membantu Anda untuk lebih membangun komunikasi dengan anak dan mencari tahu alasan perubahan tersebut.

7. Apa dukungan dan saran yang harus dilakukan ke depan

Tak ada salahnya meminta saran dari wali kelas untuk kemajuan belajar anak di sekolah dan masa depannya. Sebab wali kelas jadi sosok yang juga mengenal si kecil dengan baik. Masukan dan kritik dari mereka bisa dijadikan pembelajaran Anda mendidik anak semakin sempurna.

BACA JUGA: Persiapan Pengajuan Beasiswa untuk Mendukung Studi Anak

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top