Now Reading
Hukum Puasa Ramadan Untuk Anak

Hukum Puasa Ramadan Untuk Anak

dewdew

Dalam hitungan jam, Ramadan akan menyapa kita di tahun 2022 ini. Semua umat muslim sedang siap-siap menjalani bulan suci ini. Mudah-mudahan aman, ya, tahun ini. Nggak suram seperti 2 tahun kemarin. Selain menyiapkan hidangan yang lebih spesial di bulan Ramadan, mommies juga pasti sudah siap-siap menyiapkan anak-anak berpuasa. Masih bimbang sebaiknya anak-anak puasa atau tidak di tengah pandemi menuju endemi seperti ini? Apa lagi sekolah full PTM sebentar lagi dimulai. Sebenarnya bagaimana, sih, hukum puasa Ramadan untuk anak?

Belum baligh, ya, belum wajib

Dilansir dari situs resmi NU online sebenarnya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk seorang muslim berpuasa. Syarat-syarat tersebut adalah muslim baligh, berakal, suci, mukim, dan mampu berpuasa.

Nah, maka berdasarkan persyaratan tersebut, bisa dikatakan orang yang tidak termasuk dalam kategori ini tidak diwajibkan puasa seperti anak kecil yang belum baligh, orang gila, perempuan yang sedang menstruasi, atau lansia yang sudah tidak mampu untuk berpuasa. Kewajiban puasa tidak berlaku bagi mereka dan tidak berdosa meninggalkannya.

Baca juga: Memenuhi Kebutuhan Cairan Ibu Hamil dan Menyusui Saat Puasa

Persyaratan baligh

Apa, sih, persyaratan baligh? Ada 3 tanda seorang anak bisa dikatakan baligh

  1. Ketika seorang anak perempuan berusia 9 tahun atau  lebih dan sudah mengalami menstruasi, maka ia bisa dikatakan baligh. Jadi, kalau belum berusia 9 tahun dan sudah menstruasi, belum bisa dikatakan baligh. 
  2. Ketika seorang anak laki-laki berusia 9 tahun atau lebih dan sudah mimpi basah, ia sudah harus dikategorikan sebagai baligh. Seperti pada poin satu, kalau belum berusia 9 tahun tapi sudah mimpi basah, anak nggak bisa dikatakan baligh. 
  3. Ketika anak perempuan dan laki-laki sudah berusia 15 tahun, tapi belum menstruasi atau mimpi basah, keduanya sudah wajib dikatakan baligh. 

3 tanda inilah yang kemudian mewajibkan seorang anak berpuasa. Jadi mommies, ketika anak di bawah usia 9 tahun masih belum kuat atau mommies mengkhawatirkan kondisi kesehatannya, terutama di masa pandemi ini, tak usah dipaksakan, ya. Meski usia di atas 5 tahun sudah harus berlatih puasa. Puasa bedug juga boleh. Bahkan ada beberapa pendapat ulama yang mengatakan, bila di usia 10 tahun belum baligh tapi belum latihan berpuasa, orangtua boleh memaksa dan memberikan hukuman. Tentunya hukuman yang wajar dan mendidik.

Baca juga: Siapkan Anak Tetap Semangat Belajar Meski Sedang Berpuasa

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top