banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Google Slide untuk Bantu Pekerjaan Anda

author

RachelKaloh30 Mar 2022

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Google Slide untuk Bantu Pekerjaan Anda

Ibu bekerja yang sehari-hari berkutat dengan Google Slide, wajib tahu hal-hal apa yang bisa kita bikin di aplikasi andalan ini.

Mommies, siapa yang sehari-hari pasti buka deck di Google Slide? Kalau saya dan rekan se-tim, sudah pasti rely dengan aplikasi satu ini, dari awal menyusun ide campaign digital, sampai membuat content daily, Google Slide jadi andalan banget! Selain karena mudah digunakan, saya dan tim bisa saling update satu sama lain tanpa perlu masing-masing membuat file terpisah. Apalagi, semua yang dikerjakan di Google Slide sifatnya auto-saved, sehingga nggak perlu cemas datanya tiba-tiba hilang. Saat koneksi terputus pun, masih bisa diedit secara offline. Pokoknya, andalan, deh! Memang, bisa bikin apa aja, sih, di Google Slide?

Bikin Presentasi 

Banyak template gratis yang bisa Mommies gunakan, lho. Kalau kurang puas dengan pilihan yang ada, Mommies bisa download free template presentasi dari Freepik maupun Canva, lalu, buka, deh, di Google Slide. Bisa juga import presentasi dari Power Point maupun Keynote.

Bikin Portfolio

Semua yang pernah Mommies kerjakan selama ini butuh disimpan sebagai bukti tayang atau sebagai portfolio, biar sewaktu-waktu, bisa dijual lagi ke calon klien. Tinggal ditambahkan elemen grafis sehingga tampilannya jadi lebih kece. 

Baca juga: Aplikasi dan Situs untuk Ibu Bekerja yang Mau Update Tampilan CV

Bikin Report

Report atau laporan lengkap mengenai apa yang sudah dikerjakan sudah menjadi bagian dari kewajiban karyawan maupun penyedia usaha jasa untuk disampaikan ke atasan atau ke klien. Google Slide memudahkan Mommies untuk menyusunnya, termasuk menampilkan chart, diagram, tabel, yang di-import dari Google Sheet atau Excel, yang mendukung laporan tersebut.  

Bikin Campaign 

Online dan  Offline Campaign (program), lengkap dengan segala mekanisme pelaksanaannya perlu disampaikan dengan jelas dan menarik, supaya semua pihak yang menjalaninya bisa mengerti maksud dari campaign tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan Google Slide. Di mana, setelah disusun dengan tampilan yang menarik, Mommies bisa tinggal mengunduhnya saja menjadi sebuah dokumen .pdf, yang bisa dishare via email maupun disebar di Whatsapp group. Ringkes dan efektif, bukan?

Bikin Content Plan

Buat Mommies yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan social media, Google Slide is lyfe! Membuat plan postingan berupa susunan konten-konten yang akan dipublikasi lengkap dengan jadwal postingnya bisa banget dibikin di Google Slide. Dalam satu slide, Mommies bisa tampilkan caption dan image atau visualnya. 

Bikin Content Instagram

Tahu, nggak, Mommies, kalau document di Google Slide itu nggak melulu harus ukuran wide landscape seperti file presentasi pada umumnya. Mommies bisa pilih File – Page Setup, kemudian atur, deh, mau ukuran berapa. Bisa portrait 16:9 untuk content Instagram Stories, atau 1:1 (square) untuk Instagram feed. Tinggal isi, deh, dengan teks dan gambar yang mendukung visual buat di-share di Instagram, download as image (.jpeg) file, beres. Siap posting!

Baca juga: 10 Aplikasi Buat Anak Bikin Konten: Dari Tulisan, Grafis, Video, Sampai Podcast

Bikin Video Motion Grafis 

Mau naik kelas lagi dalam menampilkan konten? Sekarang ini, kan, lagi jamannya buat branding di Instagram pribadi, lewat konten-konten sharing yang sifatnya informatif dan edukatif. Selain hanya teks dan image, bisa juga Mommies share dalam bentuk video atau slideshow. Maksimalkan fitur Transition antar slide (supaya ketika pindah halaman, nggak statis dan boring, tapi bisa ada efek seperti digeser), Animate teks (biar teks bisa bergerak atau muncul satu per satu), atau pilih Add-ons buat explore lebih banyak lagi.

Bikin Video Presentasi

Bosan dengan presentasi statis yang isinya hanya teks dan image? Saatnya bikin presentasi Mommies menjadi bentuk video yang bisa diatur auto-play. Termasuk memasukkan audio pendukung. 

Bikin Infografis

Bagi orang-orang yang bahasa komunikasinya cenderung ke visual, alias lebih mengerti ketika disajikan data yang banyak gambar-gambarnya, Google Slide bisa dijadikan tools untuk Mommies membuat infografis. Memasukkan gambar di slide juga semudah googling lalu copas gambar yang diinginkan, lho. Pastikan saja cantumkan sumber imagenya bila memang diperlukan. 

Bikin Photo Album

Buat beberapa pekerjaan di bidang digital, visual bisa dibilang menjadi kunci utama dalam mendapatkan hati calon pelanggan. Kalau kita jualan dengan visual yang biasa-biasa aja, bagaimana calon pelanggan atau investor kita bisa tertarik? Google Slide bantu Mommies membuat proposal yang kece dengan tampilan foto-foto yang menarik. Caranya, tinggal pilih template Photo Album di Gallery. Kemudian, masukkan image yang dipilih ke dalam template yang sudah dipilih tersebut.

Selamat mencoba, ya, Mommies! Kalau saya, sih, semenjak ada Google Slide, udah auto ninggalin yang namanya Power Point. Kalau Mommies, gimana?

Photo created by tirachardz – www.freepik.com

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan