banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Aplikasi dan Situs untuk Ibu Bekerja yang Mau Update Tampilan CV

author

RachelKaloh17 Mar 2022

Aplikasi dan Situs untuk Ibu Bekerja yang Mau Update Tampilan CV

Aplikasi ini jadi andalan ibu bekerja yang mau update tampilan CV jadi lebih catchy!

Mommies, siapa di sini yang paling rajin update CV? Atau, saking sudah lamanya bekerja di perusahaan sekarang, bahkan lupa file CV-nya ditaruh di mana? Yuk, coba rapikan CV untuk masa depan karir yang lebih baik. 

Berdasarkan studi oleh The Ladders, seorang recruiter menghabiskan waktu sekitar 6 detik untuk melihat satu CV sebelum beralih ke CV lainnya. Tentu dalam waktu yang sangat singkat tersebut, penampilan CV kita menentukan tingkat kemungkinan untuk dilihat. Maka, penting untuk membuat CV yang menarik dan catchy! Aplikasi dan situs berikut ini bisa jadi pilihan.

Linkedin

Aplikasi “jual diri” ini sebetulnya merupakan jalan pintas untuk para recruiter atau head-hunter mengintip CV seseorang. Nggak hanya itu, user yang sedang ingin memperluas timnya juga bisa mencari calon-calonnya lewat Linkedin, dari CEO, manager, bahkan owner langsung dari sebuah perusahaan. Artinya, meng-update profil di Linkedin bisa dibilang penting, setidaknya pastikan sudah terdaftar sebagai employee di akun perusahaan terakhir tempat Mommies bekerja. Namun, Linkedin ini kategorinya adalah media sosial, sehingga pencarian yang dilakukan oleh para recruiter biasanya hanya sampai di permukaan. 

Google Docs 

Sudah familiar, dong, sama aplikasi keluaran Google? Banyak dari Mommies juga pasti menggunakannya sehari-hari. Kalau mau yang simple dan user friendly, nggak perlu punya bakat mendesain, Google Docs bisa jadi pilihan. Mommies tinggal Create New Document, kemudian pilih From Template. Nah, nantinya akan muncul berbagai pilihan template yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan CV Mommies menjadi lebih up to date.

Canva

Bisa dibilang, Canva itu semacam aplikasi andalan, serbaguna, mau bikin apa juga ada template-nya, termasuk bikin CV. Ada ratusan free templates yang bisa digunakan. Namun, memang, tampilan CV jaman sekarang itu tidak sepenuh CV jaman dulu. Mommies mungkin perlu memangkas beberapa kalimat panjang dan menggantinya dengan yang lebih ringkas (pointers).

Baca juga: 7 Persiapan Ibu Bekerja Kembali ke Kantor Usai Cuti Melahirkan

PathSource Resume

Sayangnya, hanya tersedia di iOs. PathSource Resume memudahkan kita untuk membuat CV hanya dalam waktu 10 menit. Ada 20 template yang bisa Mommies pilih, dan kita hanya tinggal menjawab pertanyaan yang diberikan oleh aplikasi ini untuk kemudian disusun menjadi sebuah resume. Dalam proses menyusun CV, aplikasi ini akan menawarkan saran dan sample texts untuk membuat penulisan CV jadi lebih baik dan mudah dimengerti. Bisa digunakan secara gratis atau berlangganan 8$ per bulan untuk bisa mengakses semua fiturnya.

Resume.io

Selain menyediakan template yang bisa Mommies pilih sesuai selera, (tentunya dengan sign up terlebih dahulu menggunakan email, ya) situs ini juga menyediakan arahan yang lengkap berupa artikel dan tips mengenai cara menulis resume yang baik. Ada juga do’s and dont’s saat menulis surat lamaran. Tampilan situs ini sangat user friendly.

Novoresume.com

Hampir serupa dengan Resume.io, buat Mommies yang sehari-hari berhadapan langsung dengan laptop pribadi, situs ini bisa jadi pilihan karena Mommies bisa langung mengaksesnya saja, tanpa perlu mengunduhnya di smartphone. Di sini tersedia free templates resume yang bisa dipakai, sayangnya, memang akan dirasa sangat terbatas kalau tidak daftar yang premium. Di situs ini ada juga career blog, di mana Mommies bisa mencari informasi, referensi serta inspirasi untuk kembali mulai bekerja. 

Wepik.com

Sudah kenal dengan Freepik, kan? Situs image dan graphic bank tempat mencari gambar dan visual buat bahan bikin content atau presentasi. Nah, Wepik.com ini adalah situs gratis untuk membuat design secara online keluaran Freepik Company. Yang pasti, template yang disediakan di sini sangat beragam dan banyak sekali pilihannya. Termasuk template untuk membuat CV atau resume. Mommies hanya perlu sign up terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Semangat, ya, Mommies, semoga CV-nya lolos dilirik oleh perusahaan incaran!

Baca juga:

Hati-hati: Ini 6 Pertanyaan Saat Wawancara Kerja yang Bisa Bikin ‘Terpeleset’

Ingin Calon Atasan Terkesan? Tanyakan 26 Pertanyaan Ini Saat Wawancara Kerja

Photo created by yanalya – www.freepik.com

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS