Now Reading
7 Perusahaan Indonesia yang Menerapkan Kesetaraan Gender

7 Perusahaan Indonesia yang Menerapkan Kesetaraan Gender

Dhevita Wulandari
perusahaan Indonesia

Beberapa perusahaan Indonesia ini sudah menerapkan kebijakan kesetaraan gender dalam programnya untuk memberikan kesempatan kerja yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Siapa sajakah mereka?

Masih rendahnya kesetaraan gender di Indonesia membuat perempuan kurang memiliki ruang bergerak dan ruang bekerja yang diimpikan. Ketidaksetaraan yang terjadi umumnya meliputi kesempatan mendapatkan pekerjaan dan jabatan yang lebih tinggi hingga mendapatkan keuangan atau ekonomi yang lebih baik.

Padahal, kesetaraan gender dapat memperkuat kemampuan sebuah negara untuk mengurangi kemiskinan, berkembang, dan memerintah secara efektif. Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia dalam diskusi daring yang diselenggarakan World Bank (13/01/2022) mengatakan, “Indonesia mengadopsi kesetaraan gender dalam tujuan pengembangan jangka panjang negara.”

Menkeu juga mengungkapkan berbagai instrumen akan digunakan demi mendukung terjadinya kesetaraan gender, terutama terkait dengan peluang ekonomi di Indonesia. 

BACA JUGA: Menurut Pakar, Ini Cara Terbaik Ajarkan Anak tentang Kesetaraan Gender

Dengan tingkat kesetaraan gender di Indonesia yang masih rendah, beberapa perusahaan di Indonesia telah membuat dan menerapkan program serta dukungan kesetaraan gender dalam perusahaannya. Beberapa bahkan sudah mendapatkan sertifikasi dan penghargaan. Siapa sajakah mereka?

P&G Indonesia

P&G telah menerapkan berbagai aturan yang sangat menguntungkan para karyawannya terlepas dari gender. Pada 2019, lebih dari 60% pegawai di P&G Indonesia adalah perempuan dan mayoritas sudah berkeluarga. Selain itu, beberapa bentuk kesetaraan gender yang diterapkan antara lain seperti hak cuti hamil bagi pekerja perempuan selama 6,5b bulan dan pekerja pria selama 1 bulan.

Tidak hanya itu, P&G Indonesia juga menerapkan kesempatan setara bagi karyawan untuk promosi jabatan dan integritas dalam mendukung peran perempuan dalam kegiatan operasional yang dilakukan perusahaan.

PT XL Axiata

PT XL Axiata sudah sejak lama menerapkan dan mendukung kesetaraan gender di perusahaannya. Hal ini dibuktikan dengan pengelolaan sumber daya manusia, salah satunya terbukti dalam struktur kepemimpinan perusahaan yang mencapai 27% karyawan perempuan yang menduduki posisi kepemimpinan di XL Axiata pada tahun 2020.

Beberapa bentuk kesetaraan gender yang diterapkan seperti perlakuan dan akses yang sama bagi semua karyawan laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan promosi, kenaikan gaji, hingga inklusi dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan. XL Axiata juga merekrut karyawannya berdasarkan soft skill dan hard skill yang dibutuhkan tanpa mempersoalkan isu gender. Semua karyawan juga punya kebebasan berbicara dan menyampaikan pendapat yang sama. 

Sintesa Group

Sintesa Group percaya bahwa pemberdayaan perempuan adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ketidaksetaraan sekaligus meningkatkan daya saing industri. Grup perusahaan ini membentuk Aliansi Bisnis Indonesia untuk Pemberdayaan Perempuan atau Indonesian Business Coalition of Women Empowerment (IBCWE) dengan jangka panjang bersama 7 perusahaan terkemuka lainnya.

Koalisi tersebut dilakukan untuk mengembangkan program nyata dalam menutup kesenjangan upah gender, mempersiapkan perempuan untuk posisi kepemimpinan dan eksekutif, meningkatkan partisipasi kerja perempuan, berinvestasi untuk kondisi kerja yang ramah perempuan, dan memastikan bahwa para pemimpin menerapkan dan mendukung kesetaraan gender.

BACA JUGA: Tips Mendukung Kesetaraan Gender di Lingkungan Sekolah yang Bisa Diterapkan Tenaga Pengajar

PT Mitra Adiperkasa Tbk

PT Mitra Adiperkasa Tbk mendapatkan sertifikasi Economics Dividends for Gender Equality (EDGE). Sertifikasi EDGE adalah pendekatan untuk menganalisis status quo sebuah perusahan tentang kesetaraan gender dan memfasilitasi peningkatan untuk mendorong peluang karier yang setara. Sertifikasi ini juga tidak hanya membantu mengoptimalkan tempat kerja bagi laki-laki dan perempuan, tapi juga meningkatkan produktivitas, retesi, dan profitabilitas karyawan dalam jangka panjang.

Kesetaraan gender sendiri juga merupakan goals dari program PT Mitra Adiperkasa Tbk bersama United in Diversity (UID) dalam program Sustainable Development Goals yang telah ditentukan PBB untuk menciptakan harmoni antar manusia.

PT Gajah Tunggal Tbk

PT Gajah Tunggal Tbk didominasi oleh kaum pria, dengan 2,5% karyawannya adalah perempuan yang bekerja di pabrik dan 1% adalah pekerja perempuan di bagian manajemen. Untuk melibatkan perempuan di perusahaan yang didominasi oleh laki-laki ini, Gajah Tunggal memberikan kesempatan kerja yang sama, tidak ada lowongan pekerjaan yang mengutamakan laki-laki atau perempuan.

Perjanjian Kerja Bersama (PKB) juga mencakup hak atas cuti hamil sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan dri pemerintah. Perusahaan ini juga merupakan anggota IBCWE dan telah berhasil mendapatkan sertifikasi Economics Dividends for Gender Equality (EDGE) pada akhir 2019.

PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk

Sejalan dengan visi perusahaan untuk memberikan perubahan nyata dalam kehidupan banyak orang, PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN) menerapkan kebijakan yang mendukung keberagaman, kesetaraan, dan anti-diskriminasi pada seluruh karyawannya. Perusahaan ini juga memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang adil dan saling menghormati.

Setiap prosesnya dapat dilihat dan dibuktikan dari perekrutan, remunerasi, tunjangan, pelatihan, pengembangan sumber daya manusia, hingga pensiun. Pada 2020, komposisi karyawan perempuan di perusahaan sudah mencapai lebih dari 37% dari total seluruh karyawan perusahaan dan pada dasarnya sudah mendekati keseimbangan dan kesetaraan gender yang diperlukan.

PT Unilever Indonesia Tbk

PT Unilever Indonesia Tbk menjadi salah satu perusahaan yang mendukung kesetaraan gender dalam membangun bisnis yang lebih baik. Unilever juga mengungkapkan nilai-nilai keberagaman ini membawa dampak positif bagi perusahaan, misalnya dalam menentukan ide kreatif dan menciptakan solusi dari karyawan-karyawan yang memiliki pandangan berbeda. Selain itu, implementasi nyata adalah dengan mengangkat perempuan ke dalam jajaran direksi atau kepemimpinan perusahaan. Jumlah para pemimpin perempuan ini disetarakan dengan jumlah pemimpin laki-laki agar tercipta kesempatan yang sama tanpa membedakan atau mengkhususkan gender tertentu.

BACA JUGA: Pesan untuk Para Pimpinan Perusahaan: Ciptakan Kesetaraan Gender di Tempat Kerja dengan 17 Cara Ini!

Cover image: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top