banner-detik
SELF

Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri Covid-19

author

Dhevita Wulandari03 Mar 2022

Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri Covid-19

Jangan dibiarkan begitu saja, berikut ini cara yang benar untuk membersihkan ruangan atau kamar di rumah setelah isolasi mandiri Covid-19.

Isolasi mandiri hanya dibolehkan untuk pasien positif Covid-19 varian Omicron yang tanpa gejala dan bergejala ringan dengan syarat klinis dan rumah. Sesuai Surat Edaran Nomor HK.02.01/Menkes/18/2022, lamanya isolasi mandiri pasien positif Omicron tergantung dengan kondisi pasien itu sendiri.

Pada pasien tanpa gejala, isolasi mandiri dilakukan selama 10 hari dihitung dari konfirmasi positif. Pada pasien bergejala ringan, isolasi mandiri dilakukan selama 10 hari sejak muncul gejala dan minimal 3 hari setelah tidak ada lagi gejala.

Isoman juga harus dilakukan pada ruangan atau kamar yang memiliki ventilasi yang baik. Namun, selama isoman, kebersihan benda-benda yang ada di dalam ruangan juga penting untuk diperhatikan. Sehingga, ketika isoman selesai dan berakhir, ruangan atau kamar harus dibersihkan secara menyeluruh untuk menghindari risiko penularan pada anggota keluarga yang sehat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Penyakit AS atau Centers of Disease Control and Prevention (CDC), setelah anggota keluarga tidak lagi sakit, maka tidak perlu lagi terpisah atau isolasi mandiri. Tunggu setidaknya beberapa jam sebelum membersihkan dan mendisinfektan ruangan atau kamar yang digunakan saat isoman.

Sebelum membersihkan ruangan atau kamar bekas isoman, gunakan masker dan sarung tangan, serta siapkan cairan pembersih atau disinfektan. Kalau sudah, simak cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri berikut ini.

BACA JUGA: Anak Isolasi Mandiri di Rumah, Ini 9 Hal yang Perlu Dilakukan Orangtua

Kurang dari 24 jam

Jika Mommies memasuki kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri kurang dari 24 jam setelah anggota keluarga sudah negatif Covid-19, mulailah untuk bersihkan dan disinfeksi permukaan di area yang digunakan, seperti tempat tidur, kamar mandi, saklar lampu, gagang pintu, dan lain-lain.

Gunakan masker saat memasuki ruangan atau kamar. Kemudian, buka jendela dan nyalakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara. Ingat, selalu gunakan disinfektan dengan aman ya, Mommies.

Antara 24 jam dan 3 hari

Jika Mommies memasuki kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri antara 24 jam dan 3 hari setelah anggota keluarga sudah tidak sakit dan negatif Covid-19, bersihkan seluruh permukaan. Disinfektan sudah tidak perlu lagi digunakan. Sehingga, Mommies dapat melakukan pembersihan seperti biasa.

Setelah 3 hari

Jika Mommies memasuki kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri setelah 3 hari setelah anggota keluarga sudah negatif Covid-19, cukup lakukan pembersihan rutin pada seluruh permukaan yang sering disentuh dan dipegang. Jadi, tidak diperlukan lagi pembersihan tambahan menggunakan disinfektan.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Makanan untuk Pasien Omicron Saat Isolasi Mandiri, Tambah Imun dan Bantu Redakan Sakit Tenggorokan

Cara membersihkan dan mendisinfeksi juga tergantung dari jenis permukannya. Untuk permukaan yang lembut seperti karpet dan gorden, Mommies bisa membersihkannya dengan sabun dan air atau dengan menggunakan pembersih yang dibuat khusus untuk membersihkan barang tersebut.

Daripada menggunakan sapu, lebih baik menggunakan pel basah atau vakum untuk membersihkan ruangan bekas isoman. Hal ini dilakukan untuk mencegah debu beterbangan dan terhirup. Gunakan masker saat vakum jika menyedot debu di ruangan atau kamar yang digunakan setelah isoman dalam 24 jam terakhir.

Ketika mencuci cucian kotor seperti pakaian, seprai, selimut, pastikan memakai sarung tangan dan masker. Rendam dan cuci menggunakan air hangat dan keringkan sepenuhnya. Mencuci cucian kotor dari orang yang isoman boleh dan aman dicampurkan dengan cucian kotor anggota keluarga lainnya. Kemudian, bersihkan keranjang cucian menggunakan sabun atau disinfektan. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah mencuci cucian kotor.

Jika mengunakan disinfektan semprot, diamkan dan biarkan selama beberapa menit sebelum mengelap dan melakukan vakum pada benda tersebut. Hal ini dikarenakan disinfektan tidak bekerja secara instan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Mesin Cuci Mini untuk Isolasi Mandiri

Cover image: Photo by Matilda Wormwood on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan