banner-detik
EDUCATION

Tidak Hanya Unggul dan Berprestasi, Ini 18 SD Swasta Favorit di Depok dan Bekasi

author

Dhevita Wulandari24 Feb 2022

Tidak Hanya Unggul dan Berprestasi, Ini 18 SD Swasta Favorit di Depok dan Bekasi

Sedang mencari sekolah dasar untuk anak yang baru akan masuk atau pindahan sekolah? 17 SD swasta favorit di Depok dan Bekasi ini bisa jadi pilihan tepat.

Setiap orangtua tentu menginginkan sekolah dasar terbaik untuk anak agar dapat mengembangkan potensi dasar hingga menemukan minat dan bakat anak sejak dini. Berbeda dengan jaman dulu, sekarang sudah banyak sekali sekolah dasar yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran yang bagus, inovatif, dan kreatif.

Tidak hanya unggul dan berprestasi, beberapa SD Swasta favorit di Depok dan Bekasi ini pun banyak diincar para orangtua. Ada apa saja?

DEPOK

1. Kinderfield Highfield School Depok

Alamat: Jl. Mentengan Raya No.72, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat 16411

Telepon: (021) 22072600

Website: https://kinderfieldhighfield.sch.id/depok

Kinderfield Highfield School Depok memiliki kurikulum yang inovatif dan komprehensif untuk membangun keterampilan para siswa. Siswa juga belajar Matematika dan Sains mengikuti Kurikulum Internasional, serta dipastikan memiliki kompetensi yang sangat baik dalam kemahiran berbahasa Inggris. Melalui Problem-Based Learning, siswa terus berlatih pengambilan keputusan, penelitian, dan keterampilan kolaboratif.

Program untuk sekolah dasar menekankan siswa untuk menjadi pemikir kritis, pemecah masalah, dan komunikator yang baik. Mereka juga dilatih untuk mengembangkan pengetahuan yang fleksibel, keterampilan pemecahan masalah yang efektif, pembelajaran mandiri, keterampilan kolaborasi yang efisien, dan motivasi intrinsik.

2. SD Lazuardi Al-Falah Depok

Alamat: Kompleks LIA Depok, Jl. Margonda Raya No.200, Depok, Jawa Barat 16423

Telepon: (021) 77203883

Website: https://depok.lazuardialfalah.sch.id/sd

Instagram: @lazuardialfalah

SD Islam Lazuardi Al-Falah GCS (Global Compassionate School) menggabungkan Kurikulum Nasional yang dirancang berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (K13) DIKNAS dan Kurikulum Internasional dengan menerapkan program Cambridge International Primary Programme (CIPP) yang dilancarkan oleh Cambridge University, Inggris, khususnya dalam 3 bidang utama, Bahasa Inggris, Matematika dan Sains.

Dalam pengajarannya, Lazuardi Al-Falah GCS menggunakan mutakhir di bidang pendidikan, seperti Multiple intelligence System, pembelajaran kontekstual (Contextual Learning), dan Active Learning.

3. SD Avicenna Cinere – Leadership School

Alamat: Jl. Flamboyan Blk. F, Cinere, Kec. Cinere, Depok, Jawa Barat 16514.

Telepon: (021) 7547 7516

Website: https://cinere.sekolah-avicenna.sch.id/

SD Avicenna Cinere memiliki 3 (tiga) fondasi utama yaitu Akademik, Kepemimpinan, dan Budaya untuk mencapai tujuan pendidikan dalam mencerdaskan dan mengembangkan potensi di dalam diri para siswa. Sekolah ini menerapkan Kurikulum Nasional 2013 dan Program Leader In Me yang bertujuan untuk menciptakan generasi unggul dengan menerapkan keseimbangan antara budaya/kebiasaan, kemampuan kepemimpinan, dan prestasi akademik dalam keseluruhan proses pendidikan.

4. SD Cakra Buana

Alamat: Jl. Raya Sawangan No.91, Pancoran MAS, Kec. Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16433.

Telepon: (021) 7765720

Website: http://cakrabuana.sch.id/sd-cakra-buana/

SD Cakra Buana sebagai sekolah Basic Multi Cultural School, memberikan penanaman nilai-nilai moral kepada siswa melalui pembiasaan kegiatan keseharian, seperti ibadah harian sesuai dengan Agama masing-masing, table manner, toleransi, dan lain-lain karena tentunya siswa berasal dari berbagai latar belakang daerah, agama, dan pola asuh keluarga berbeda. Konsep belajar dilakukan melalui pendekatan Fun Learning dan Active Learning, sehingga proses belajar mengajar aktif dan menyenangkan untuk mendukung pembentukan karakter siswa. 

BACA JUGA: 20 SD Swasta Favorit di Tangerang dan Tangerang Selatan

5. SDIT Al-Hamidiyah

Alamat: Jl. Raya Sawangan Depok Jl. Raya Sawangan No.KM.2 No.12, Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16435.

Telepon: (021) 77885437

Website: www.al-hamidiyah.sch.id/sdit

Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hamidiyah mengacu kepada Kurikulum Nasional, namun dikembangkan serta diperkaya dengan muatan Islam yang disajikan dengan pembelajaran terpadu. Selain itu, sekolah ini juga memiliki Kurikulum Montessori yang diadaptasi dan Kurikulum Cambridge untuk pelajaran Bahasa Inggris.

Memiliki proses pembelajaran yang berpusat pada murid (student center), sekolah juga memberi kesempatan para murid untuk bereksplorasi, menemukan sendiri pengetahuan yang perlu diketahuinya, melalui pendekatan belajar aktif.

6. SDIT Nurul Fikri

Alamat: Jl. Tugu Raya No.61, Tugu, Kec. Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16451.

Telepon: (021) 8270647

Website: https://sdit.nurulfikri.sch.id/

Selain berpedoman pada Kurikulum Nasional, SDIT Nurul Fikri mengembangkan constructive based curriculum, Islamic value (SMART) based curriculum, learning experiences based curriculum, dan higher order thinking skills (HOTS) based curriculum. Serta diperkuat dengan kurikulum yang mencerminkan kekhasan Nurul Fikri seperti, Tahfidzul Quran, Bahasa Arab, Bina Pribadi Islami, dan Sejarah Keislaman.

Terdapat juga Leadership Program yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri di sekolah dan di lingkungannya. Kemudian, ada juga program Bilingual di mana komunikasi sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris, program Computing Learning, Reading Culture, Research Culture, dan Refresh Attitude.

7. SD Pribadi (Bilingual Boarding School)

Alamat: Jl. Margonda Raya No.229, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat 16424

Telepon: (021) 7775620

Website: https://pribadidepok.sch.id/ 

Instagram: @sekolahpribadidepok

SD Pribadi Bilingual Boarding merupakan sekolah swasta terbaik berstandar Internasional yang menggunakan Kurikulum Cambridge untuk pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains yang sudah diselaraskan dengan Kurikulum Nasional. Dengan pengalaman lebih dari 26 tahun, sekolah ini sudah memiliki ratusan Science Projects, dan puluhan National and International Achievements.

8. SDIT Al Haraki

Alamat: Jl. Belimbing 3 No.1 – 2, Depok, Kec. Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16431

Telepon: (021) 7777008

Website: https://sd.alharaki.sch.id/

SDIT Al Haraki mengikuti Kurikulum 2013 yang fokus mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan zaman dan mendukung potensi pada setiap anak untuk berkembang. Tidak hanya itu, perkembangan akademik dan karakter menjadi hal utama untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan agar siap berkontribusi dalam masyarakat dunia. Sekolah ini juga memiliki program unggulan, seperti Tahfidzul Quran, Literacy, Character Building, dan Friendly School.

9. Al-Fauzein Islamic School

Alamat: Blok. V Pesona Depok Estate, Jl. Margonda Raya No.12, Depok, Kec. Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16431

Telepon: (021) 7760141

Website: www.alfauzien.sch.id

SDIT Al-Fauzein menggunakan Kurikulum Nasional 2013 dengan beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Sains, Teknologi Informasi dan mata pelajaran pendukung lainnya diajarkan dalam bahasa Inggris. Kurikulum yang dimiliki sekolah memberikan siswa untuk melihat dunia mereka dengan pemahaman, kepekaan dan keadilan.

10. SD Ar-Ridha Al Salaam

Alamat: Jl. Pln No.79, Gandul, Kec. Cinere, Depok, Jawa Barat 16512

Telepon: (021) 7536707

Website: https://arridha-igs.sch.id/

SD Ar-Ridha Al Salaam menggunakan metode pembelajaran Active Learning (Learning by Doing) yang terdiri dari Islamic Education di mana siswa diajarkan untuk memahami konsep kewajiban manudia dan memahami ilmu agama, Green Program untuk memahami konsep green dan berperan aktif untuk lingkungan, English Program untuk memahami pentingnya Bahasa Inggris untuk bersaing di masa depan, dan Science Program untuk memahami konsep sains sederhana melalui penelitian tentang lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Daftar SD yang Tidak Mengharuskan Calistung di Jabodetabek

BEKASI

1. Gema Nurani Integrated Islamic School

Alamat: Jl. Raya Kaliabang Tengah No.75B, RT.003/RW.006, Kaliabang Tengah, Kec. Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat 17125

Telepon: (021) 88871329

Website: https://gemanurani.sch.id/info_sd.html

Instagram: @sekolahgemanurani

SDIT Gema Nurani merupakan sekolah yang menerapkan sistem Program Bina Generasi Qurani dan sebagai satu-satunya SD di Bekasi yang memiliki izin akselerasi. Persentase pendidikan Islam dan akademik di Gema Nurani seimbang, tidak hanya mengutamakan Al Qur’an tetapi juga Bahasa Inggris. Sekolah ini memiliki guru Bahasa Inggris asli dari Australia, Selandia Baru dan Inggris. Di sekolah, siswa dapat memilih dari kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia seperti klub sains, robot, panahan, futsal, taekwondo dan pencak silat.

2. Salsabila Islamic School

Alamat: Jl. Kimangun Sarkoro No.30, RT.005/RW.006, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat 17112

Telepon: (021) 88350581

Website: https://salsabila.sch.id/#

Instagram: @salsabila_bekasi

SDIT Salsabila memiliki pendidikan dasar dengan basis pendidikan Kurikulum Nasional, Lokal dan Unggulan yang mengedepankan pemahaman agama Islam dan pembentukan akhlak murid. Sekolah ini menjadi sekolah Islam unggul dalam mendidik siswanya agar amanah, cerdas dan mandiri,

3. SD Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi

Alamat: Jl. Bulevar Utara Blok Block L, RT.006/RW.003, Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat 17143

Telepon: (021) 29616008

Website: https://www.alazharsummareconbekasi.sch.id/home

Instagram: @alazharsummareconbekasi

Sekolah Islam Al Azhar di Summarecon Bekasi dilengkapi dengan tenaga pengajar berkualitas dan profesional, juga berbagai fasilitas untuk mewujudkan visi dari Yayasan Syiar Bangsa, yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas, bertaraf internasional dengan dasar Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta Iman dan Takwa (IMTAK) dalam meraih prestasi.

4. SDIT Avicenna

Alamat: Jl. Perum Villa Indah Permai, RT.003/RW.037, Tlk. Pucung, Kec. Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat 17121

Telepon: (021) 88878645

Website:

SDIT Avicenna memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan Islam unggulan berkarakter Qurani dan berwawasan global. Dengan mengintegrasikan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan, sekolah juga mengoptimalkan pembelajaran yang berorientasi pengetahuan dan teknologi.

SDIT Avicenna memiliki banyak kegiatan penunjang mulai dari kegiatan harian seperti tadarus Al-Quran, shalat berjamaah, literasi, dan lainnya. Kemudian ada juga kegiatan bulanan, seperti berbagai ekstrakurikuler hingga market day, serta kegiatan bulanan, semesteran, tahunan.

BACA JUGA: Rekomendasi SD Montessori di Jabodetabek dan Jawa

5. SD Global Prestasi

Alamat: Jl. KH. Noer Ali No.10B, RT.008/RW.002, Jakasampurna, Kec. Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat 17145

Telepon: (021) 88852668

Website: https://www.globalprestasi.sch.id/

Instagram: @globalprestasischool

SD Global Prestasi berafiliasi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013 dan Kurikulum Cambridge. Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan aspek perilaku. Sementara, Kurikulum Internasional Cambridge menetapkan standar global untuk pendidikan, dan diakui di seluruh dunia, serta fleksibel, menantang dan menginspirasi, sensitif secara budaya namun pendekatannya bersifat internasional. 

Meskipun menggunakan Cambridge Assessment yang diadaptasi dari program persiapan di Cambridge, Cambridge Primary English memungkinkan murid untuk berkomunikasi dengan percaya diri dan efektif serta mengembangkan keterampilan kritis untuk menanggapi berbagai informasi, media, dan teks dengan pemahaman dan kesenangan. 

6. Sekolah Victory Plus

Alamat: Jl. Kemang Pratama Raya, RT.003/RW.001, Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Bekasi Jawa Barat 17116

Telepon: (021) 82403878

Website: https://svp.sch.id/the-primary-school/

Instagram: @sekolahvictoryplusbekasi

Sekolah Victory Plus memiliki pembelajaran dalam konteks otentik untuk mendukung anak-anak memecahkan masalah dalam kehidupan nyata sebagai bagian dari kurikulum sehari-hari. Dengan IB Primary Years Programme (PYP) yang diperiksa setiap lima tahun oleh pendidik interasional terbaik untuk memastikan sekolah memberikan pendidikan internasional yang ketat dan selaras dengan tolok ukur internasional untuk para siswa. Kebutuhan belajar anak-anak dipenuhi dengan menyediakan berbagai keterampilan akademik dan ko-kurikuler dan pengalaman belajar.

7. Binus School Bekasi

Alamat: Jl. Saraswati No.1, RT.001/RW.010, Bumi Wedari, Vida, Bekasi, Jawa Barat 17156

Telepon: 08041696969

Website: https://bekasi.binus.sch.id/program/elementary-school/

Instagram: @binusschoolbekasi

Binus School memiliki desain kurikulum yang melayani siswa yang ingin memanfaatkan inovasi pembelajaran terbaik dan terbaru dari seluruh dunia dan di Indonesia. Para siswa sekolah dasar akan diajarkan keterampilan berpikir, sosial, fisik, kreatif, pemecahan masalah untuk mempersiapkan pelatihan yang lebih fleksibel di jenjang sekolah berikutnya.

Guru-guru terdiri dari lokal dan asing yang sudah dilatih untuk memberikan program pembelajaran yang ketat. Para staf pendidik merupakan orang-orang berpengalaman dan memenuhi syarat untuk membekali siswa dengan keterampilan dan hasil internasional.

8. SDIT Thariq Bin Ziyad

Alamat: Pondok Hijau Permai Blok A. No. 23 Kec Rawalumbu, Bekasi.

Telepon: (021) 82405687, 82405688

Website: https://www.sditphp-thariq.com/profil-sekolah-13-kurikulum-sdit-thariq-bin-ziyad-php.html

SDIT Thariq Bin Ziyad menggunakan Kurikulum Terpadu (Integrated Curriculum) antara Diknas dan Diniyah. Program Pendidikan Islam terpadu ini memadukan antara konsep pendidikan Nasional dan Konsep pendidikan Islam baik dari metodologi maupun sistem pengajaran. Selain itu, terdapat juga Muatan Lokal, Tahsin dan Tahfidz Quran. 

Siswa juga bebas memilih ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan dirinya agar menjadi anak yang berakhlak Islami, Cerdas, Kreatif, Mandiri, dan mempunyai kepekaan sosial.

BACA JUGA: 15 SD Negeri Favorit Terakreditasi A di Depok, Bekasi, dan Tangerang

Pastinya masih banyak lagi SD Swasta favorit di Depok dan Bekasi yang ada. Share yuk, SD Swasta favorit di Depok dan Bekasi versi Mommies dan anak di kolom Comments di bawah ini.

Cover image: Photo by Arthur Krijgsman on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan