banner-detik
EDUCATION

20 SD Swasta Favorit di Tangerang dan Tangerang Selatan

author

Dhevita Wulandari08 Feb 2022

20 SD Swasta Favorit di Tangerang dan Tangerang Selatan

Sedang mencari SD Swasta favorit di Tangerang dan Tangerang Selatan? Berikut 20 sekolah favorit berdasarkan survei dari komunitas Mommies Daily.

Saat ini sudah banyak sekali SD Swasta yang memiliki prestasi dan kurikulum yang baik. Sehingga, sekolah-sekolah ini pun menjadi favorit dan pertimbangan para orangtua untuk memasukkan anaknya di sekolah tersebut.

Berikut ini 20 SD Swasta favorit di daerah Tangerang dan Tangerang Selatan dari MD Community yang bisa Mommies pilih dan cek. Ingat ya, tidak masuk dalam daftar di bawah ini bukan berarti sekolahnya tidak bagus. Tentu saja masih banyak lagi SD Swasta yang bagus, berkualitas, dan berprestasi lainnya.

SD Swasta di Tangerang

SD Citra Bangsa

Yayasan Citra Bangsa adalah Yayasan Pelopor Trilingual yang mendidik dan mengedukasi siswa dalam 3 bahasa populer, Bahasa Indonesia 10%, Inggris 60%, dan Mandarin 30%, serta menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari siswa. Pengajaran pada siswa juga berfokus pada pengembangan skolastik, pertumbuhan pribadi, dan pengayaan etika.

Alamat: Jl. Prabu Kian Santang, RT.003/RW.004, Periuk, Kec. Periuk, Kota Tangerang, Banten 15132

Telepon:  (021) 55766201 / (021) 55766203 / 082117345718 (WhatsApp )

Website: https://citrabangsa.sch.id/ 

SD Islamic Village

SD Islamic Village berfokus pada pembelajaran siswa dengan menggunakan pendekatan inkuiri berbasis konsep. Pembelajaran siswa terkait dengan masalah dan pengalaman yang terjadi di sekitar mereka, mulai dari akademik, sosial, fisik, emosional dan spiritual hingga pemikiran internasional. Karena berbasis sekolah Islam, tentunya kajiannya juga memuat ajaran Islam dan nilai-nilai dari Al-Qur’an. Kurikulum ini dilaksanakan melalui pendekatan transdisipliner menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Alamat: Komplek Yayasan Islamic Village Kelapa Dua, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Telepon:  (021) 5470787 / 087771801972 (WhatsApp)

Website: https://www.islamicvillageschool.com/ 

Instagram: https://www.instagram.com/islamicvillageofficial/ 

SD Tunas Bangsa

Sekolah Kristen Tunas Bangsa berfokus pada perkembangan spiritual, afektif, dan kognitif siswa. Sekolah juga secara konsisten mengembangkan program-program yang menitikberatkan pada pertumbuhan 6 karakter, seperti Attentiveness, Obedience, Responsibility, Truthfulness, Self-control, dan Friendliness.

Alamat: Jl. Kelapa Gading Selatan Sektor 2A, blok HA 1 no. 1, Gading Serpong, Tangerang 15810.

Telepon: (021) 5474343 / 081398089274 (WhatsApp)

Website: http://tbcs.site/locations/tunas-bangsa-gading-serpong/

Instagram: https://www.instagram.com/sekolahkristen_tunasbangsa/?igshid=1j5t674kulvtg 

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tiara Aksara

Untuk orangtua yang mencari sekolah Islam modern yang bergerak di bidang pendidikan, SDIT Tiara Aksara dapat menjadi pilihan yang sesuai. Menjadi salah satu sekolah unggulan favorit, sekolah ini tidak hanya berfokus pada ajaran Islam, namun juga kemampuan ilmu pendidikan dan pengetahuan teknologi informasi, seperti Bahasa Inggris, Komputer, dan Internet.

Alamat: Jl. H. Aning, RT.1/RW.003, Sangiang Jaya, Kec. Periuk, Kota Tangerang, Banten 15132

Telepon: (021) 59309147

Website: https://tiaraaksara.sch.id/ 

Sekolah Terpadu Pahoa

SD Pahoa menanamkan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan mengembangkan nilai moral dan budi pekerti yang berdasarkan nilai-nilai ajaran Konfusius yang universal. Selain itu, penanaman konsep dan pembelajaran diberikan secara kontekstual. Metode pembelajaran juga variatif, menarik, dan menyenangkan yang mengacu kepada siswa (student centered), sehingga dapat membuat kemampuan dan keterampilan berpikir peserta didik semakin terasah, pandai, dan dapat diandalkan.

Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1, Summarecon Serpong, Tangerang 15810

Telepon:  (021) 54210707 / (021) 54203355

Website: https://pahoa.sch.id/ 

Instagram: https://www.instagram.com/sekolahterpadupahoa/?hl=en 

Sekolah Alam Tangerang

Pendekatan pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Alam Tangerang adalah pendekatan student center atau berpusat pada siswa, untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Sekolah ini juga memiliki tujuan kompetensi untuk membentuk siswa yang mampu menjadi gembala alam yang bertanggungjawab, dewasa, dan bertekad bagi alam.

Alamat:  Gg. Kemandoran, RT.005/RW.001, Kenanga, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15146

Telepon: (021) 55703737

Website: https://sat.sch.id/ 

Instagram: https://www.instagram.com/sekolahalamtangerang/ 

SDIT Cordova 1

SDIT Cordova 1 memiliki Kurikulum 13 (Tematik Terpadu) yang menitikberatkan pada pembentukan karakter atau kepribadian diri peserta didik, serta  kurikulum dari Depag dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Kegiatan belajar juga dikaitkan dengan tema-tema tertentu, dengan pendekatan saintifik dan penilaian yang diberikan secara otentik. Proses pembelajaran menerapkan Cooperative Learning, Problem Solving, Discovery/Inquiry, dan Demonstration.

Alamat: Cluster alamanda blok e6 no 1, RT.003/RW.010, Gembor, Kec. Periuk, Kota Tangerang, Banten 15132.

Telepon: (021) 5903633

Website: https://sitcordova.sch.id/

Instagram: https://www.instagram.com/sit_cordova/ 

Binus School Serpong

Program Dasar SD Binus menjunjung pada kekuatan dan perbedaan masing-masing anak, serta pada praktik Enam Pilar Karakter. Sekolah juga memiliki budaya dengan semangat inovatif yang menjadi aspek penting. Kurikulum pembelajaran didesain dengan memanfaatkan inovasi pembelajaran terbaik dan terbaru dari seluruh dunia dan di Indonesia. Pada tahun-tahun dasar, anak juga diajarkan untuk memperoleh keterampilan, berpikir, sosial, fisik, kreatif, memecahkan masalah untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Alamat: Jl. Lengkong Karya Jl. Jelupang Raya No.58, Lengkong Karya, Kec. Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten 15310

Telepon: (021) 5380400

Website: https://serpong.binus.sch.id/ 

Sekolah Pelita Harapan Lippo Village

Sekolah Pelita Harapan atau SPH menawarkan campuran kurikulum intersional, seperti Program Seimbang untuk Keunggulan Akademik atau Program International Baccalaureate (IB) yang melibatkan studi independen, manajemen waktu dan keterampilan organisasi. Terdapat juga Program Cambridge yang berfokus pada kedalaman pengetahuan, kerangka kerja terstruktur dan keterlibatan yang lebih besar dalam bidang studi yang dipilih.

Alamat: Lippo Village, Jl. Boulevard Palem Raya No.2500, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Website: https://sph.edu/ 

Instagram: https://www.instagram.com/sphlippovillage/?hl=en

SDIT Al Husna Kota Tangerang

Menjadi Sekolah Adiwiyata pada 2021 lalu, SDIT Al Husna memiliki program unggulan, seperti tahsin dan tahfidz dengan metode tilawati dengan guru bersertifikasi, serta pembiasaan ibadah. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa kegiatan di luar kelas, seperti sains club, pramuka, manasik haji, berenang, outbound, dan lain-lain

Alamat: Jl. A. Damyati No.43-45, RT.6/RW.7, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15111

Telepon: 085781855978 / 0895326211212

Website: https://sditalta.sch.id/ 

Instagram: https://www.instagram.com/sdit.alhusnatangerang/

BACA JUGA: 23 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar

SD Swasta di Tangerang Selatan

Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Untuk tingkat sekolah dasar, Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah memiliki tingkat SDI dan MI. Pada kurikulum MI, kebijakan pembelajaran mencakup Habitual Curriculum (HC) dan struktur program yang terdiri dari materi Akhlakul Karimah, Bahasa, Basis Sains, dan Reading Habit.

Alamat: Komplek UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ibnu Taimia IV, Pisangan, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Telepon: (021) 7402172

Website: https://www.mpuin-jkt.sch.id/ 

Cikal Serpong

Sekolah Cikal secara umum memiliki 18 Kelompok Program, di mana setiap kelompok program berfokus pada 3-5 dimensi di seluruh tujuan pembelajaran. Setiap siswa harus memilih minimal satu program dari setiap kelompok program. Kelompok program yang tersedia mulai dari Personal And Social Education (PSPE), Religion Studies, Matematika, Sains, Social Studies, Physical and Health Education (PHE), Arts,  Language Groups, Service-Learning, Culminating Projects, Desain, dan masih banyak lagi.

Alamat:  ​Jl. Ciater, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310.

Telepon: (021) 75875675

Website: https://www.cikal.co.id/blog?category=sekolah-cikal-serpong-1

Instagram: https://www.instagram.com/sekolahcikal/ 

Sekolah Dasar Islam Al-Azhar BSD

SD Islam Al-Azhar BSD menggunakan kurikulum pendidikan agama Islam yang pembelajarannya mengacu pada pendekatan tematif integratif yang bersifat saintifik dengan mengedepankan nilai-nilai karakter atau budi pekerti yang dikemas secara Islami.

Alamat: Jl. Puspita Raya No.2, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15321

Telepon: (021) 5375647

Website: https://sd.alazhar-bsd.sch.id/

Instagram: https://www.instagram.com/sdislamalazharbsd/?hl=en 

SD Global Islamic School Serpong

GIS 2 Serpong memilkiki 4 pilar yang terdiri dari kompetensi Akademik, Keislaman (Agama Islam), Keglobalan (Wawasan Internasional), dan Kepemimpinan. Bertujuan untuk membentuk cendikiawan muslim yang mampu berfikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, dan memiliki pengetahuan lintas budaya. Dengan proses belajar bilingual menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, GIS juga memiliki program internasional yaitu Edutrip & Homestay yang merupakan program internasional unggulan agar siswa dapat belajar dunia yang baru, memperluas pergaulan, melatih keterampilan berbahasa, kemandirian, dan mendapatkan pengalaman baru.

Alamat:  Jl. Raya Puspitek, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310.

Telepon: (021) 75870770

Website: https://gisserpong.sch.id/ atau http://www.global-islamic.com/#sthash.uhBYWiRG.dpuf

Instagram: https://www.instagram.com/gischoolserpong/?hl=en 

Sekolah Global Jaya School

Untuk sekolah dasar, Sekolah Global Jaya memiliki kurikulum yang bernama Primary Years Programme atau PYP, di mana kerangka kurikulum internasional dirancang untuk semua anak antara usia 4 dan 12 tahun (TK sampai kelas 6 SD). Kurikulum berfokus pada memelihara kesejahteraan akademik, sosial, dan emosional dengan menggunakan pendekatan inkuiri berbasis konsep.

Alamat : Jl. Emerald Boulevard, Bintaro Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan

Telepon: (021) 7457562

Website : http://www.globaljaya.com 

Instagram: https://www.instagram.com/gjs_society/?hl=en

Sekolah HighScope Indonesia Bintaro

Sekolah HighScope Indonesia menerapkan kurikulum sesuai dengan standar internasional dan juga mencakup konten nasional yang diperlukan. Sekolah juga mengembangkan inisiatif, kepemimpinan, keterampilan antar dan intra pribadi, serta keterampilan manajemen melalui proses Plan-Do-Review© sebagai bagian dari jadwal harian mereka. Selain itu, kurikulum HighScope juga mengintegrasikan keterampilan berpikir, baik berpikir kritis maupun kreatif, dan menekankan pemahaman yang bertahan lama dari peserta didiknya.

Alamat: Jl. Tegal Rotan Raya No.100, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413.

Telepon: (021) 74864641 / 087820513787 (untuk SD)

Website: https://highscopebintaro.sch.id/ 

Instagram: https://www.instagram.com/highscopebintaro/?hl=en 

SD Santa Ursula BSD

Selain menerapkan kurikulum standar dari pemerintah, SD Santa Ursula BSD juga mengembangkan kemampuan peserta didik melalui program wajib membaca, menulis dan pengajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan dilakukannya PMRI adalah agar peserta didik mampu mengkonstruksi pengetahuan yang dimilik dengan mengeksplorasi sendiri cara pemecahan soal-soal matematika. Pendekatan kontruktivisme yang digunakan dalam PMRI juga dapat menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan penalaran. Sehingga, peserta didik dapat menjadi lebih aktif dalam mencari dan mengembangkan pengetahuannya untuk membangun suatu gagasan pengetahuan.

Alamat: Jl. Letnan Sutop Sektor I.2 Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Telepon: (021) 53726412

Website: https://sanurbsd-tng.sch.id/home_unit/pilih/2

Instagram: https://www.instagram.com/sanurbsd/?hl=en 

Saint John’s Catholic School

Saint John’s Catholic School atau SJCS menerapkan perpaduan antara kurikulum Indonesia dan kurikulum Inggris untuk memberi siswa kemungkinan mengikuti ujian internasional, memastikan siswa lulus dengan kualifikasi yang diterima secara universal, dan mempersiapkan siswa memasuki dunia global. SJCS juga menjadikan pembelajaran bahasa sebagai prioritas, dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin.

Alamat: Jl. Kencana Loka Raya Sektor 12 No.8 BSD City, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310.

Telepon: (021) 75873565 / (021) 75873345 / WhatsApp 087878002565

Website: https://saintjohn.sch.id/

Syafana Islamic School

Syafana Islamic School adalah sekolah yang memiliki cara pikir secara global tetapi tidak melupakan negara, budaya, dan nasionalisme Indonesia. Sekolah memberikan pengajaran bahasa, IPS, dan pengetahuan PKn berdasarkan kurikulum DIKNAS. Selain itu, Syafana Islamic School juga memiliki kurikum internasional, kurikulum Al-Azhar Kairo, dan ekstrakulikuler yang kompetitif.

Alamat: Jl. Telaga Serpong Raya, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15332.

Telepon: 081930437478 (WhatsApp only)

Website: https: //syafana.sch.id/

Instagram: https://www.instagram.com/syafanaislamic/?hl=en 

Mutiara Harapan Islamic School Bintaro

Mutiara Harapan Islamic School memiliki usaha dalam menjadikan siswa yang aktif berpikir, kreatif, dan analitis dalam lingkungan, serta memiliki banyak fasilitas pendukung untuk mendukung dan meningkatkan program akademik. Tidak hanya akademik, siswa juga dibantu meningkatkan minat melalui berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Alamat: Jl. Pd. Kacang No.2, Pd. Kacang Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227.

Telepon: (021) 74860451

Website: https://mutiaraharapan.sch.id/ 

Instagram: https://www.instagram.com/mutiara_harapan_islamic_school/?hl=en 

BACA JUGA: Anak Pindah Sekolah, Apa Saja yang Perlu Orangtua Siapkan Supaya Tidak Berujung Trauma

Dari daftar SD Swasta di atas, mana yang menjadi favorit Mommies? Mommies juga boleh tambahkan list sekolah dasar swasta favorit di Tangerang dan Tangerang Selatan pada kolom komentar di bawah ini untuk membantu Mommies lainnya mencari sekolah favorit yang tepat untuk anak mereka. Sharing is caring :)

Cover image: Photo by Pixabay on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan