banner-detik
EDUCATION

SD Cikal: Fokus Pada Pengembangan Diri Anak, Tanpa Menilai Peringkat

author

Katharina Menge18 Feb 2022

SD Cikal: Fokus Pada Pengembangan Diri Anak, Tanpa Menilai Peringkat

SD Cikal adalah salah satu sekolah swasta yang masuk daftar para orang tua untuk pendidikan anak-anak mereka. Yuk, lihat lebih dekat dengan sekolah yang satu ini!

Dikenal baik dalam dunia pendidikan sebagai komunitas pelajar sepanjang hayat dan sekolah Inklusi, Cikal memegang visi Kompetensi 5 Bintang Cikal yang mengajak setiap siswanya untuk tidak pernah berhenti belajar, bertumbuh berdaya, berbagi praktik baik, berkontribusi untuk sesama, serta menerapkan 5 Cara Cikal yang terefleksikan dalam 14 dimensi kompetensi.

Mommies Daily pun berkesempatan untuk bertanya seputar SD Cikal bersama Ratih Saraswati, Head of Campus Cikal, dan Rosmayanti Mutiara, Kepala Sekolah Cikal Serpong.

BACA JUGA: Kuis: Soal Kelas 5 SD, Ada yang Masih Bisa Jawab?

Anak Diasah Memiliki 14 Kompetensi Cikal

Seperti sudah disebutkan di atas, di Cikal, para murid diasah menjadi manusia yang utuh dan siap hadapi tantangan masa depan dengan menumbuhkan 14 Dimensi Kompetensi Cikal. Ini daftar dimensi tersebut.

  1. Berkomitmen
  2. Mandiri
  3. Reflektif
  4. Berimbang
  5. Bekerja sama
  6. Berprinsip
  7. Cerdas
  8. Inovatis
  9. Komunikatif
  10. Sehat
  11. Berpikir terbuka
  12. Peduli
  13. Berorientasi aksi
  14. Kepemimpinan yang berdampak

SD Cikal juga menerapkan kurikulum yang bersifat personalisasi dan berdasarkan kompetensi, “Di Cikal proses pembelajaran menyesuaikan fase tumbuh kembang murid, dimulai sejak pendidikan anak usia dini, sampai tingkat menengah atas.” jelas Ratih.

Di awal setiap semesternya, selalu ada sesi PCC Talk atau diskusi mengenai pilihan program yang berlangsung antara guru, orang tua dan anak. Sesi itu memberikan kesempatan bagi para murid dan orang tua untuk memahami betul kebutuhan belajar serta dimensi kompetensi yang ingin dicapai di fase tumbuh kembang anak.

Tidak Ada Ranking dan Penilaian Angka

Satu kelebihan Sekolah Cikal, termasuk SD Cikal Serpong, adalah tidak adanya ranking dan penilaian berbasis angka dalam semua proses belajar.

“Dengan proses belajar yang bersifat personalisasi dan berdasarkan kompetensi, maka rapor penilaian pun tidak didasarkan pada angka melainkan pada Cikal Level of Achievement Standards yang terdiri dari Starting Up, Beginning, Developing, Expanding, dan Bridging over yang disesuaikan dengan fase tumbuh kembang anak,” tambah Ratih.

Hal ini menjadikan Cikal unggul dan pilihan terbaik bagi para orang tua yang ingin fokus mengembangkan diri si kecil dan kompetensi anak. Sebab SD Cikal percaya bahwa peringkat di sekolah dan nilai 100 belum tentu menjamin keberhasilan anak di masa depan.

BACA JUGA: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih SD Swasta

Punya Ribuan Program yang Bisa Dipilih Bebas Oleh Anak

Karena ingin fokus pada pengembangan diri anak secara personal, Cikal memberikan ribuan pilihan program, dan untuk SD Cikal sendiri ada sekitar 500 program yang bisa dipilih si kecil.

“Program pembentukan Cikal sangat banyak. Kalau zaman SD dulu belajarnya matematika, ya, belajar matematika saja. Begitu juga dengan pelajaran seni rupa.” jelas Rosmayanti Mutiara, Kepala Sekolah Cikal Serpong, saat ditemui Mommies Daily di SD Cikal Serpong.

“Kalau di Cikal pilihan di dalam kelompok programnya sangat bervariasi, misalnya di program seni rupa dan seni musik ada lagi cabang pilihannya. Ketika anak suka seni musik tapi hanya menyukai instrumen, maka dia bisa fokus belajar instrumen saja dan itu akan masuk ke dalam nilai seni musiknya. Begitu juga dengan seni rupa, jika anak tidak suka menggambar dengan kanvas tapi lebih suka menggambar digital, maka anak bisa fokus di sana.” tambah Yanti.

SD Cikal membiarkan anak-anak bisa memilih program-program apa yang sangat mereka disukai dan membantu mendalami itu sedini mungkin.

Pakai Kurikulum Kompetensi 5 Bintang yang Berintegrasi

sd cikal

Untuk kurikulum secara umum, Sekolah Cikal menerapkan kurikulum Cikal, yaitu Kompetensi 5 Bintang. Namun, SD Cikal Serpong dan SD Cikal Amri Setu sendiri juga diintegrasikan dengan kurikulum nasional.

Dalam proses belajarnya, SD Cikal Serpong menerapkan 5 Cara Cikal, yakni memanusiakan hubungan (Characterized), memahami konsep (Comprehensive Concept), membangun keberlanjutan (Constructive Continuity), memilih tantangan (Challenging Choices), dan memberdayakan konteks (Community Context).

Hal itu membuat tidak adanya proses hafalan teori yang memberikan penekanan bagi murid untuk fokus pada nilai, melainkan pada pengembangan kompetensi yang mengedepankan proses belajar yang utuh bagi setiap murid di Sekolah Cikal.

Fasilitasnya Bagai Rumah Kedua

Di SD Cikal tersedia fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar murid secara utuh. Di SD Cikal Serpong sendiri tersedia ruang kelas yang yang terintegrasi dengan digital, perpustakaan atau Media Resouces Center, studio visual arts dan musik, laboratorium komputer dan sains, lapangan greenfield, dan lapangan basket, playground outdoor, ruang konseling, UKS, dan juga kantin.

Semua ruangan disulap senyaman mungkin oleh sekolah sehingga anak-anak bisa berkreasi dan menganggap sekolah sebagai rumah kedua yang jadi tempat mereka bertumbuh dan berkembang.

SD Cikal Serpong
Alamat: Jl. Ciater, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Telp: 0813-8637-2559
Website: www.cikal.co.id

Biaya SD Cikal Serpong Tahun Ajaran 2023/2024
Uang Pangkal : Mulai dari 53 Juta
Tuition Fee Bulanan : Mulai dari 4,6 Juta
Tuiition Fee Per Semester : Mulai dari 13 Juta

BACA JUGA: 3 Kesalahan Orang Tua yang Memiliki Anak SD

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS