Now Reading
5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih SD Swasta

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih SD Swasta

Tahun ajaran baru memang masih lama, tetapi tidak ada salahnya Mommies sudah memikirkan apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih SD swasta mulai dari sekarang. 

Biasanya, untuk Sekolah Dasar (SD), jumlah orang tua yang berminat dengan sekolah negeri dan sekolah swasta cukup  seimbang. Namun, berbeda dengan sekolah negeri, SD swasta umumnya sudah membuka pendaftaran dari jauh-jauh hari. Penerimaan murid baru pun dibuka hingga beberapa gelombang sehingga mau tidak mau Mommies harus cepat mencari tahu sebelum kuotanya penuh.

Banyak pertimbangan saat memilih SD swasta untuk anak. Sayangnya, terkadang orang tua terlalu memikirkan biaya sehingga banyak hal lain yang terlewatkan. Kali ini, kami akan memberikan daftar hal yang harus dicek saat mencari sekolah Si Kecil.

BACA JUGA: Biaya Masuk Sekolah Dasar Tahun 2022 di Tangerang dan Tangerang Selatan

Apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih SD swasta?

1. Mempertimbangkan biaya kegiatan tahunan dan SPP

Biaya adalah pertimbangan pertama yang harus kita perhatikan sebelum mendaftarkan anak ke sekolah yang dituju. Namun, komponen biayanya harus diperhatikan dengan saksama ya, Mommies. Meliputi uang pangkal, SPP, biaya kegiatan tahunan, dan perlengkapan sekolah. Tanya juga kepada pihak sekolah apakah ada biaya tambahan yang perlu dipersiapkan seperti untuk makan siang, antar jemput sekolah, hingga ekstrakurikuler.

Cermati setiap informasi mengenai komponen biayanya agar Mommies bisa memperkirakan apakah sesuai dengan budget yang disediakan. Ingat, jangan sampai Mommies mengalami kesulitan finansial karena biaya sekolah anak.

biaya masuk sekolah dasar tahun 2022

2. Melihat secara langsung lingkungan sekolah, terutama saat jam belajar

Jika ada open house atau tour yang diselenggarakan calon sekolah, jangan sia-siakan kesempatan tersebut ya, Mommies. Perhatikan suasana sekolah, kegiatan belajar mengajar, interaksi pengajar dengan murid,  hingga fasilitas yang disediakan sekolah. Fasilitas yang dimaksud tidak hanya kelas penunjang kegiatan belajar mengajar, tetapi juga kebersihan toilet, lokasi makan para siswa, serta kondisi bangunan sekolah. Bila diperbolehkan, Mommies bisa mengajak Si Kecil untuk ikut mendatangi calon sekolah tersebut.

3. Sistem kurikulum yang diterapkan

Pada umumnya, sekolah swasta di Indonesia menerapkan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, ada juga beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum yang diadopsi dari luar negeri. Informasi mengenai kurikulum yang diterapkan merupakan hal penting yang harus Mommies ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk mendaftarkan anak ke sekolah tersebut.

anak usia sekolah

BACA JUGA: Biaya Masuk Sekolah Dasar Tahun 2022 di Jakarta Selatan

4. Sistem keamanan di sekolah

Setiap orang tua pasti menginginkan anak bersekolah di lingkungan yang aman dan nyaman. Cari tahu mengenai keberadaan satuan pengamanan seperti security atau satpam pada sekolah tersebut. Bila perlu, tanyakan kepada pihak sekolah mengenai sistem keamanan yang diterapkan.

5. Lokasi sekolah

Meski beberapa orang tidak terlalu memperhatikan lokasi sekolah yang hendak dituju, tetapi alangkah baiknya jika mencari lokasi sekolah yang mudah dijangkau. Ini berkaitan dengan jarak tempuh yang akan dijalani oleh anak, tingkat kemacetan, serta kemudahan akomodasi menuju sekolah. Mungkin terlihat sepele, tetapi hal-hal tersebut bisa memengaruhi proses belajar anak di sekolah.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah dengarkan pendapat anak mengenai sekolah yang akan Mommies pilih. Mengajak Si Kecil mengunjungi calon sekolahnya membuat ia merasa bertanggung jawab dalam proses belajar yang akan dijalaninya kelak.

Mommies juga harus sadar bahwa sekolah diperuntukkan untuk sang anak sehingga penting untuk menyesuaikan dengan minat dan kebutuhannya.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top