Now Reading
8 Manfaat Ikut Aktif Di Kegiatan Sekolah Anak

8 Manfaat Ikut Aktif Di Kegiatan Sekolah Anak

dewdew
aktif di kegiatan sekolah

Paham. Banyak di antara kita yang merasa nggak punya waktu lebih untuk ikut aktif sebagai wakil orangtua di sekolah. Aktif di sini maksudnya terhadap kegiatan sekolah anak, ya. Misalnya saja ketika sekolah anak mengadakan Pentas Seni, lantas kita ikut sebagai  ‘seksi sibuk’, entah untuk seksi dokumentasi, seksi kostum, atau seksi apapun yang sekiranya dibutuhkan oleh sekolah. Volunteer, deh, istilah kerennya. Memang nggak wajib, kok, terutama ketika kita juga menyandang status karyawan yang kerja dari Senin sampai Jumat. Kalau ada waktu lebih dikit, maunya ya goler-goler. Ya, kan? Tapi tahukah mommies, ternyata ikut aktif di kegiatan sekolah anak ada manfaatnya, lho. 

Baca juga: Tantangan Komunikasi Orangtua dan Anak Zaman Sekarang

Komunikasi dengan guru lebih baik

Tak bisa dipungkiri, karena lebih sering dan banyak berhubungan sama para guru, kita jadi bisa berkomunikasi dengan lebih baik. Kalau bertemu saat terima rapor saja, belum tentu topik perkembangan anak bisa dibicarakan lebih mendalam. 

Rutin berkomunikasi dengan guru

Berkomunikasi dengan guru anak Anda secara rutin juga bisa memberi mommies wawasan berharga tentang bagaimana kinerja anak di kelas dan bagaimana kita dapat membantunya dengan lebih baik di rumah.

Pasti sering dibantu warga sekolah

Karena dianggap sering membantu, warga sekolah, mulai dari Kepsek, karyawan tata usaha, sampai yang jagain kantin bisa jadi akan ringan tangan membantu mommies, bahkan ketika kita nggak minta. 

Lebih dulu tahu informasi penting

Mommies akan lebih cepat menerima informasi-informasi penting, baik dari guru maupun dari orang tua yang lain karena mommies banyak beredar di sekolah.

Bisa menjadikan elemen sekolah lebih baik

Kalau intervensi kurikulum, atau mengevaluasi guru tentu nggak mungkin. Tapi dengan terlibat kegiatan sekolah anak, kita bisa memberikan ide-ide bagaimana membenahi kantin misalnya, atau tema Pentas Seni berikutnya sehingga elemen-elemen ini bisa jadi lebih baik.

Terkenal di seantero warga sekolah

Saking seringnya jadi seksi sibuk dan dipercaya oleh warga sekolah, mommies pasti jadi lebih terkenal di kalangan orang tua murid. 

Harga diri anak lebih tinggi

Anak-anak yang orang tuanya terlibat di kegiatan sekolah cenderung memiliki harga diri yang lebih tinggi, disiplin, memiliki motivasi diri yang lebih tinggi dan cenderung mencapai nilai yang lebih baik.

Baca juga: Begini Aturan Bertengkar dengan Pasangan di Depan Anak

Bikin anak bangga

Ada, lho, anak-anak yang merasa bangga ketika ibu atau ayahnya aktif di kegiatan sekolah atau diminta bantuannya oleh sekolah. Keterlibatan orangtua secara positif terhadap kegiatan anak di sekolah akan membuat anak nyaman secara emosional. Hal ini akan berdampak pada perkembangan skill hidupnya. 

Jadi bagaimana mommies? Mommies mau jadi tim seksi sibuk, apa tim mantau aja, nih?

Photo by note thanun on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top