Now Reading
5 Buku Pilihan Franka Makarim yang Wajib Masuk Daftar Bacaan Anda

5 Buku Pilihan Franka Makarim yang Wajib Masuk Daftar Bacaan Anda

franka makarim

Franka Makarim, istri dari Nadiem Makarim ini ternyata sosok perempuan yang juga gemar membaca buku. Intip buku pilhannya di bawah ini!

Franka Makarim tidak hanya senang membaca tapi juga senang berbagi buku bacaannya yang inspiratif dan menghibur untuk banyak orang. Beberapa pekan lalu dia pun membagikan deretan buku yang baru saja dibaca dan dibaca ulang di sepanjang tahun 2021.

Anda bisa lihat deretan buku pilihan Franka Makarim di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Kesalahan Orang tua yang Membuat Anak Malas Baca Buku

1. The Power of Showing Up

Franka Makarim

Buku pertama yang disukai Frana Makarim adalah The Power of Showing Up. Buku ini merupakan buku parenting yang memberikan argumen persuasif bahwa semua orang tua bisa menjadi orang tua yang baik, apa pun jenis pendidikan yang dimiliki. Serta bagaimana pola asuh itu nantinya memiliki pengaruh terhadap sosok diri seseorang saat dewasa.

Very powerful book. Mendalami topik attachment (keterikatan) dalam diri kita yang sangat dipengaruhi masa kecil. Sangat membantu mengerti juga efeknya kepada cara kita menangani masalah dan tantangan saat dewasa dan hubungan dengan orang lain. Teramat penting dibaca apabila sudah memiliki anak.” – Franka Makarim

2. I Know Why the Caged Bird Sings

Franka Makarim

Buku selanjutnya adalah memoar debut Maya Angelou, seorang penyair Amerika ternama. Anda bisa mengikuti kisah kehidupan Maya semasa kecil yang menangkap rasa kerindungannya, kebrutalan yang di hadapi semasa kecil, hingga kecintaan pada sastra yang membantunya mengatasi rasisme dan trauma.

Beautiful writing. Powerful words. Sudah baca beberapa kali sepanjang hidup, dan mempunyai pesan bermacam-macam yang menguatkan.” – Franka Makarim

3. Measure What Matters

Kalau Anda ingin belajar sistem manajemen yang baik dalam sebuah perusahaan, maka buku ini adalah jawabannya. Anda diajak memahami tentang OKR (Objectives & Key Results), yang ternyata punya andil besar dalam perkembangan bisnis Google. Hal itu diakui sendiri oleh Larry Page, co-founder Google, yang diungkap dalam kata pengantar buku ini.

John Doerr, sang penulis buku, menjelaskan dengan detail apa itu OKR dan kesuksesannya, sehingga buku ini banyak dianggap sebagai salah satu alasan sistem manajemen ini jadi semakin berkembang dan diaplikasikan oleh banyak perusahaan dalam beberapa tahun belakangan.

“Salah satu buku terpenting yang saya baca sebagai profesional di beberapa tahun lalu. Efeknya dalam mengukur kesuksesan dan memecah suatu proyek agar dapat diukur dengan tepat sangat membantu di berbagai situasi dalam bekerja.” – Franka Makarim

BACA JUGA: 3 Manfaat Super Penting Membaca untuk Anak

4. The Silent Patient

Ternyata Franka Makarim juga gemar membaca buku fiksi, dan novel thriller The Silent Patient karya Alex Michaelides adalah salah satunya. Karya debut Alex ini berkisah tentang kehidupan Alicia Berenson, seorang pelukis terkenal yang kelihatan sempurna dan menikah dengan seorang fotografer mode ternama.

Suatu malam suaminya pulang terlambat dari pemotretan dan Alicia menembak wajahnya lima kali. Semenjak itu dia tidak pernah bicara sepatah kata pun. Kasus itu justru membuat karya seni Alicia jadi semakin meledak. Hingga akhirnya hadir seorang psikoterapis kriminal yang berusaha mengungkap alasan di balik diamnya Alicia.

Thrilling! Saya suka sekali juga membaca fiksi, dan ini adalah buku fiksi terakhir yang saya baca di 2021. Banyak plot twist di akhir yang sangat menarik.” – Franka Makarim

5. Factfulness

Buku Factfulness adalah karya Profesor Kesehatan Internasional, Hans Rosling, bersama dua rekannya yang menjelaskan tentang dunia dan bagaimana dunia sesungguhnya. Mereka menawarkan penjelasan baru yang cukup radikal seputar pertanyaan global, seperti, “Berapa Franka Makarimpenduduk dunia yang hidup dalam kemiskinan?” “Mengapa populasi dunia meningkat?” hingga “Berapa banyak anak perempuan yang menyelesaikan sekolah?”

Anda juga diajak untuk melihat ketika terlalu mengkhawatirkan segala hal setiap hari tanpa memahami dunia berdasarkan fakta, maka Anda bisa kehilangan kemampuan untuk fokus pada hal yang sebenarnya mengancam diri dan sekitar.

Absolutely! Salah satu buku terpenting yang perlu dibaca karena efeknya sangat besar dalam cara kita melihat dunia dan pentingnya melihat fakta secara akurat. Bahwa ‘rata-rata’ adalah istilah yang sangat luas dan banyak poin ekstrim yang perlu kita cerna lebih dalam.” – Franka Makarim

BACA JUGA: 7 Cara Belajar Membaca yang Seru!

Cover: Instagram/frankamakarim

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top