banner-detik
SEX

7 Fakta Gairah Seks pada Wanita, Mommies Wajib Tahu!

author

Dhevita Wulandari16 Jan 2022

7 Fakta Gairah Seks pada Wanita, Mommies Wajib Tahu!

Faktanya, gairah seks pada wanita lebih mudah naik turun dibandingkan pada pria. Ini 7 fakta dan hal-hal yang dapat mempengaruhinya.

Gairah seks pada wanita sering dianggap lebih sulit dibandingkan dengan pria. Salah satunya karena mudah naik dan turun, serta dipengaruhi oleh banyak faktor.

Profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Northwestern Memorial Hospital di Chicago, Lauren Streicher, MD mengatakan, “Pasang surut libido benar dapat terjadi. Semua wanita mengalami periode ketika mereka merasa sangat bergairah, tapi ada kalanya pula gairah seks benar-benar drop.”

Menurut Streicher, perubahn ini sangat mungkin terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Selain itu, ada juga faktor lain yang memengaruhi gairah seks wanita. Simak penjelasan berikut ini ya, Mommies.

BACA JUGA: Lakukan 10 Hal Ini Saat Berhubungan Seks, Siap-siap Gairah Ngedrop!

1. Otak adalah ‘organ seks’ terbesar

Dikutip dari Health, organ seks terbesar dalam tubuh manusia adalah otak, bukan alat kelamin. Otak merupakan bagian di mana keinginan dan kemampuan untuk seks dimulai. Ada beberapa bagian otak yang berkaitan dengan aktivitas seks, seperti:

  • Amygdala: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dorongan seks mungkin sebanding dengan ukuran amygdala. Ini merupakan pusat pengaturan emosi di otak, yang berbentuk seperti kacang almond.
  • Hipotalamus: Ketika Mommies mengalami sesuatu yang intens, misalnya seperti berciuman, bagian hipotalamus menghasilkan dopamin, neurotransmitter yang penting untuk rasa kesenangan.
  • Korteks serebral: Lapisan ini bertanggung jawab untuk fungsi yang lebih tinggi, termasuk pemikiran tentang seks. Ini memicu reaksi berantai yang pada akhirnya mengarah pada produksi hormon seks.

2. Libido dapat meningkat seiring bertambahnya usia

Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa ketika kesuburan wanita berkurang di usia 30-an dan 40-an, fantasi seksualnya justru semakin bertambah atau dorongan seks dapat meningkat secara keseluruhan. Meski masih membutuhkan studi lebih lanjut, namun kondisi ini diyakini terjadi karena adanya peningkatan kepercayaan diri.

Sebuah survei tahun 2015 juga menemukan bahwa sebagian besar wanita yang mengalami peningkatan libido seiring bertambahnya usia seringnya dipengaruhi oleh citra tubuh yang semakin tinggi juga.

3. Stres dapat ‘membunuh’ gairah seks

Sheryl Kingsberg, PhD, dari University Hospitals Case Medical Center di Cleveland mengatakan, “Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengalami stres, sebagaimana dibuktikan dengan peningkatan kortisol, memiliki respons yang lebih sedikit terhadap gairah seks.”

Stres menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan gairah seks dengan cepat. Maka dari itu, cobalah sebisa mungkin untuk menyediakan waktu me time untuk menghindari stres. Mommies juga harus menghindari kebiasaan ini agar performa seks tidak menurun.

Untuk fakta gairah seks pada wanita selengkapnya dapat dibaca di halaman selanjutnya ya, Mommies.

BACA JUGA: Ini 13 Tanda Anda Kurang Berhubungan Seks

Cover: Photo by Jasmine Carter on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan