Now Reading
7 Manfaat Berpelukan Secara Rutin untuk Hubungan Rumah Tangga

7 Manfaat Berpelukan Secara Rutin untuk Hubungan Rumah Tangga

manfaat berpelukan

Yuk, dapatkan manfaat berpelukan yang maksimal untuk kebahagiaan rumah tangga dengan melakukannya secara rutin. Cek daftar manfaat berpelukan di sini!

Manfaat berpelukan yang dilakukan secara rutin ternyata punya efek yang baik untuk kebahagiaan diri. Menurut seorang terapis keluarga, Virginia Satir, setiap orang membutuhkan empat pelukan sehari untuk bertahan hidup, delapan pelukan sehari untuk menjaga keseimbangan hidup, dan dua belas pelukan sehari untuk pertumbuhan diri.

Mungkin Anda tidak akan melakukannya sebanyak itu, tetapi tidak ada salahnya memeluk pasangan 1-2 kali sehari dengan durasi cukup panjang untuk bisa mendapat manfaat berpelukan yang maksimal. Tak hanya untuk diri sendiri, berpelukan bahkan mampu meningkatkan hubungan asmara dengan suami.

BACA JUGA: 1 Jam per Hari Untuk Perbaiki Kualitas Hubungan dengan Pasangan

Manfaat Berpelukan untuk Hubungan Rumah Tangga

Ketahui 7 manfaat berpelukan secara rutin di bawah ini!

1. Jadi lebih mudah bahagia

Berpelukan punya hubungan erat dengan kadar hormon oksitosin atau hormon cinta dalam tubuh. Ketika Anda dipeluk dengan pasangan, otak Anda melepaskan lebih banyak oksitosin daripada ketika Anda melakukan hal lainnya. Hormon ini akan meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan, menurut psikolog Elizabeth Lombardo. Ditambah, keintiman yang datang saat berpelukan penting untuk kesehatan dan kebahagiaan setiap hubungan rumah tangga.

2. Meningkatkan hubungan seks

Pasangan yang berpelukan setelah melakukan hubungan seks diketahui memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak berpelukan. Dikutip dari Your Tango, penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto Mississauga, Kanada, menemukan bahwa kepuasan yang terjadi bukan hanya karena hubungan seks, melainkan karena Anda dan pasangan meluangkan waktu untuk menciptakan keintiman dengan berpelukan sehingga menegaskan kembali ikatan emosional dan seksual kalian.

3. Meningkatkan bonding dengan pasangan

Jika sudah merasa hubungan Anda dan pasangan merenggang, mulai kembalikan dengan cara yang sederhana, yaitu memeluknya setiap hari. Anda bisa memeluk pasangan sebelum dan sesudah dia pulang kerja, atau saat bangun pagi dan tidur malam. Sudah terbukti dari banyak penelitian bahwa pasangan yang rutin berpelukan, ditambah berciuman, cenderung lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih dekat.

BACA JUGA: Menurut Penelitian, Ini Arti Posisi Tidur Pasangan Suami Istri di Malam Hari

4. Menurunkan level stres

Tak hanya membuat bahagia, dengan kadar oksitosin yang keluar dari otak juga membuat tubuh jadi lebih santai dan mampu mengurangi stres yang dialami. Hal ini akan sangat membantu Anda dan pasangan, yang mungkin sama-sama lelah setelah seharian bekerja dengan tugas yang menumpuk. Lakukan kegiatan berpelukan sambil santai pun akan sangat membantu, misalnya saat sedang menonton serial televisi atau di sela-sela kegiatan memasak bersama.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Kurang tidur punya efek yang cukup berbahaya, termasuk membuat Anda jadi mudah stres, suasana hati tidak teratur, dan juga menurunnya keinginan untuk berhubungan seks. Kondisi ini bisa memicu masalah dalam hubungan rumah tangga di masa depan. Salah satu cara terbaik untuk membantu Anda tidur nyenyak ternyata dengan rutin berpelukan. Semua itu juga merupakan efek dari hormon oksitosin yang terlepas ke tubuh setelah berpelukan. Anda jadi tenang, bahagia, hingga akhirnya mudah tidur nyenyak.

6. Membantu menyampaikan isi hati

Dikutip dari American Psychological Association, manfaat berpelukan lainnya adalah membantu menyampaikan emosi dan isi hari antarpasangan, mulai dari rasa cinta, terima kasih, dan simpati antara Anda dan suami. Kebahagiaan dan kesedihan juga bisa dikomunikasikan melalui pelukan juga, lho. Jadi, kalau Anda malu menyampaikan perasaan lewat kata-kata, maka gunakan pelukan saja.

7. Meningkatkan imun tubuh bersama

Rasa kesepian dan perasaan kesepian bisa membuat kondisi tubuh menurun serta mudah sakit. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan oleh Psychological Science, dikatakan bahwa orang yang sering berpelukan secara teratur lebih kecil kemungkinan terserang virus flu dibandingkan orang yang tidak mendapatkan kasih sayang fisik tersebut. Itu karena berpelukan membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan meningkatkan kemampuannya untuk bertahan melawan penyakit, baik dengan mengurangi rasa stres atau dengan membuat kesehatan mental Anda seimbang.

BACA JUGA: 11 Posisi Seks yang Bikin Pria Puas, Pilih yang Ingin Dicoba Bersama Pasangan!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top