Simbol Laundry Pada Pakaian dan Penjelasannya yang Harus Diketahui

Ternyata Anda harus memerhatikan simbol laundry pada pakaian untuk menentukan cara mencuci yang tepat. Lihat arti simbolnya di bawah ini!!

Ternyata masih banyak orang yang tidak memerhatikan simbol laundry pakaian mereka. Hasilnya, semua pakaian dicuci dengan cara yang sama dan hasilnya membuat beberapa pakaian jadi tidak awet dan mudah rusak.

Ada yang memang tidak tahu, tetapi tak jarang juga banyak yang mengabaikan simbol laundry pakaian karena tidak paham maknanya. Kini saatnya Anda mulai memahami simbol laundry yang ada di setiap pakaian. Hal itu akan membantu merawat pakaian agar bersih maksimal dan tahan lama.

BACA JUGA: Jasa Bersih-bersih Rumah Berbasis Aplikasi & Laundry yang Bisa Antar Jemput

Daftar Simbol Laundry Pakaian dan Penjelasannya

Berikut deretan simbol laundry pakaian dan penjelasannya yang harus Anda pahami!

1. Temperatur air

Simbol laundry pakaian untuk menentukan temperatur atau suhu air yang digunakan saat mencuci dilambangkan dengan tanda titik. Semakin banyak titiknya, maka air yang digunakan temperaturnya harus tinggi atau panas. Contohnya pada simbol laundry titik satu di bawah ini, artinya air yang digunakan suhunya harus atau di bawah 30 derajat celcius. Setiap kenaikan satu titik maka temperatur air yang digunakan harus naik 10 derajat celcius.

simbol laundry pakaian

Sumber gambar: Tide

2. Cara mencuci

Setelah melihat ini mungkin Anda jadi semakin tahu kalau ada banyak cara mencuci pakaian, dan tidak melulu pakai mesin cuci. Jika berlambang ember dan air, artinya pakaian bisa dicuci dengan mesin. Lain artinya jika ada bentuk tangan, yang berarti pakaian itu harus dicuci manual dengan tangan. Untuk simbol laundry dry clean, biasanya dilambangkan dengan lingkaran kecil. Jika lingkarannya disilang, maka Anda tidak boleh membersihkannya dengan cara tersebut.

simbol laundry pakaian

BACA JUGA: 5 Aturan Mencuci Baju si Kecil yang Wajib Mommies Tahu!

3. Metode pengeringan

Dengan mengenal simbol laundry, Anda juga akan mengetahui bahwa metode pengeringan pakaian tidak selalu memakai mesin pengering. Berikut beberapa tandanya yang bisa Anda hapalkan!

  • Tumble Dry Allowed: Pakaian bisa mengeringkan pakaian dengan mesin.
  • Do Not Tumble Dry: Pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin.
  • Hang Dry: Pakaian boleh dijemur atau digantungkan dengan hanger.
  • Dry Flat: Pakaian harus dijemur pada permukaan yang rata.
  • Do Not Wring: Pakaian tidak boleh diperas, jika tidak ada tanda silang maka pakaian boleh diperas.

4. Temperatur pengeringan

Selain memerhatikan temperatur air saat mencuci, Anda juga harus memerhatikan temperatur pengeringan jika pakaian harus dicuci dengan mesin. Untuk membedakannya, jika Anda melihat simbol laundry bergambar kotak dengan lingkaran di dalamnya, itu berarti proses pengeringan dilakukan memakai mesin. Berikut pembedanya!

  • Simbol laundry kotak dan lingkaran di dalamnya: Boleh dikeringkan dengan mesin.
  • Simbol laundry titik di tengah lingkaran: Keringkan dengan suhu rendah, semakin banyak titiknya maka semakin tinggi tingkat suhu yang harus digunakan.Simbol laundry lingkaran hitam: Pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin.

simbol laundry pakaian

5. Cara Menyetrika

Menyetrika pakaian pun ada simbol yang harus diperhatikan. Tidak semua bahan aman disetrika dengan tingkat kepanasan tinggi. Beberapa kain tampak bagus setelah disetrika dengan suhu panas, tetapi yang lain, seperti bahan yang lebih halus, justru dapat rusak. Bahkan ada beberapa jenis kain cukup harus diberikan perawatan khusus disetrika.

Seperti gambar di bawah ini, semakin banyyak titik di dalam simbol laundry, maka tingkat kepanasan yang dibutuhkan semakin tinggi. Namun, jika ada tanda silang pada simbol setrika, maka pakaian tidak perlu disetrika. Sedangkan jika ada lambang silang dibagian bawah setrika, artinya pakaian boleh disetrika tanpa perlu diberi uap.

BACA JUGA: Cara Mencuci dan Merawat Batik dengan Tepat

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top