Now Reading
5 Rekomendasi dan Pentingnya Asuransi Swasta untuk Orangtua, Selain BPJS Kesehatan

5 Rekomendasi dan Pentingnya Asuransi Swasta untuk Orangtua, Selain BPJS Kesehatan

Dhevita Wulandari
asuransi swasta

Memiliki jaminan kesehatan untuk orangtua penting dipersiapkan sejak dini. Selain dengan BPJS Kesehatan, ini 5 rekomendasi asuransi swasta untuk orangtua.

Memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga merupakan salah satu hal penting untuk dimiliki. Tidak hanya untuk suami, istri, dan anak-anak saja, asuransi kesehatan untuk orangtua juga tetap menjadi prioritas yang perlu diperhatikan. Sebab, terlepas dari berapapun usianya, risiko kesehatan dapat menghampiri setiap orang.

Selain masalah produktivitas dalam bekerja, ada juga masalah biaya perawatan di balik risiko gangguan. Pasalnya, biaya perawatan di rumah sakit bukanlah sesuatu yang bisa dianggap murah bagi sebagian orang.

Pada kenyataannya, biaya perawatan memang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Hal ini tergantung jenis penyakit yang diderita dan metode penyembuhannya. Jika tidak diantisipasi sejak awal, biaya itu tentu akan berdampak negatif pada kondisi keuangan.

Proteksi kesehatan dari BPJS Kesehatan

Untunglah saat ini pemerintah sudah memiliki layanan asuransi sosial dalam bentuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dioperasikan oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Adanya BPJS Kesehatan ini dapat membantu menanggung biaya pengobatan atau perawatan oleh negara, di mana kita hanya perlu membayar iuran setiap bulannya. Namun meski begitu, pelayanan BPJS Kesehatan belum tentu memuaskan bagi sebagian pihak karena sejumlah masalah kepraktisan.

Pada sejumlah kasus, pasien harus menunggu waktu yang terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Padahal, kondisi pasien sedang dalam kondisi kritis. Tentunya dalam situasi seperti ini membuat kita mencari-cari solusi bagaimana cara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih efektif dalam segi waktu.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan pertanggungan dari asuransi swasta. Selain praktis, pelayanan klaim pada asuransi kesehatan dari perusahaan swasta bisa didapatkan secara cepat dan bahkan menawarkan nilai pertanggungan yang lebih dibandingkan pelayanan asuransi sosial. 

Pada saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk keluarga termasuk untuk orangtua yang mencakup ayah ataupun ibu. Orangtua di sini diartikan sebagai orang yang sudah berusia lanjut atau orang yang telah memiliki anak. Perusahaan asuransi punya ketetapan usia yang termasuk dalam kategori orangtua yang bisa menjadi peserta asuransi kesehatan. Berbeda dengan asuransi lainnya, asuransi kesehatan dari BPJS Kesehatan tidak menetapkan batas usia.

BACA JUGA: 60 Asuransi Corona Ini Bisa Cover Risiko COVID-19, Berikut Daftarnya

Manfaat asuransi kesehatan untuk orangtua

Umumnya, kondisi finansial setiap orangtua tidak sama. Ada orangtua yang memiliki kemampuan finansial yang baik, namun ada pula yang tidak. Orangtua yang memiliki kemampuan finansial yang baik dapat mengikutsertakan dirinya sendiri sebagai peserta asuransi kesehatan. Sementara, orangtua yang tidak memiliki kemampuan finansial yang stabil, tapi memiliki anak yang memiliki kemampuan finansial yang baik masih dapat menjadi peserta asuransi kesehatan untuk orangtua berkat bantuan anaknya. Sebab, mendaftarkan asuransi kesehatan orangtua untuk lanjut usia memang sangat diperlukan untuk solusi penanganan masalah kesehatan orangtua di masa depan.

Asuransi kesehatan secara umum dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi umum dan asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa

Perbedaannya terdapat pada, jika asuransi kesehatan untuk orangtua ditawarkan oleh perusahaan asuransi umum, maka biasanya hanya menjamin risiko-risiko kesehatan. Sementara, jika asuransi kesehatan untuk orangtua ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa, maka penawarannya bisa merupakan produk asuransi jiwa dan asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link). 

Pemilihan asuransi kesehatan yang tepat dapat kembali lagi pada kondisi dan kebutuhan Mommies dan keluarga, karena setiap produk asuransi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Usia masuk dan usia pengulangan

Untuk dapat menjadi peserta asuransi biasanya ada sejumlah syarat, salah satunya usia. Perusahaan asuransi menetapkan syarat usia masuk bagi orang-orang yang berminat menjadi peserta asuransi kesehatan.

Usia masuk adalah usia nasabah asuransi untuk bisa langsung mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Selain usia masuk, sejumlah perusahaan asuransi juga menetapkan usia pengulangan atau batas usia yang mana seseorang yang telah menjadi nasabah untuk memperpanjang periode pertanggungannya.

Ketentuan mengenai usia masuk dan usia pengulangan tidak sama pada setiap perusahaan asuransi. Ada perusahaan asuransi yang menetapkan usia masuk hingga 60 tahun, tapi ada pula yang hanya 50 tahun. Semakin tinggi usia masuk, premi asuransi yang dibayar biasanya lebih mahal karena risiko yang dihadapi perusahaan asuransi semakin tinggi.

Daftar asuransi kesehatan untuk orangtua

Untuk mempermudah Mommies mencari dan menentukan asuransi swasta terbaik untuk orangtua, berikut 5 perusahaan yang memiliki asuransi kesehatan untuk orangtua.aan yang memiliki produk asuransi kesehatan untuk orangtua.

1. AXA Mandiri Financial Services

Salah satu perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk orangtua adalah AXA Mandiri Financial Services. Perusahaan ini memiliki produk asuransi kesehatan individu bernama Asuransi Mandiri Kesehatan Prima.

Tertanggung atau orang yang risikonya ditanggung dengan produk ini ditetapkan harus berusia 15-60 tahun. Sementara itu, usia untuk pemegang polis utama ditetapkan berusia 18-60 tahun. Produk ini memberikan pertanggungan sampai dengan usia tertanggung mencapai 80 tahun dan khusus untuk pertanggungan meninggal dunia karena kecelakaan sampai dengan tertanggung berusia 70 tahun. Orangtua dengan usia maksimal 60 tahun bisa menjadi nasabah asuransi kesehatan ini. Namun, ada perbedaan antara calon peserta berusia 0-35 tahun dan 36-60 tahun.

Pada saat mengisi Surat Pengajuan Asuransi Kesehatan (SPAK), calon tertanggung berusia 0-35 tahun wajib menjawab dua pertanyaan, sedangkan calon tertanggung berusia 36-60 tahun wajib menjawab tiga pertanyaan kesehatan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat rahasia dan menyangkut kondisi pribadi setiap calon nasabah.

2. Asuransi Kesehatan Cigna

Asuransi Cigna memiliki produk bernama Cigna Family EaziLife yang menawarkan perlindungan bagi tujuh anggota keluarga yang terdiri dari anak, pasangan, dan orangtua dalam satu polis sekaligus. Pada dasarnya, Cigna Family EaziLife adalah produk asuransi jiwa yang menawarkan perlindungan finansial apabila tertanggung meninggal. Namun, produk ini juga memiliki fasilitas perlindungan atas risiko kesehatan, khususnya penyakit kritis.

Dengan kata lain, jika ayah atau ibu kita mengalami penyakit kritis, Cigna akan menjamin biaya pengobatan dan perawatan tersebut. Penyakit kritis yang ditanggung oleh Cigna Family EaziLife antara lain:

  • Gagal ginjal
  • Kanker
  • Penyakit meningitis bakteri
  • Penyakit paru-paru
  • Penyakit pembuluh darah otak (stroke).

Usia masuk yang ditetapkan Cigna bagi orangtua adalah 46-65 tahun. Dengan kata lain, apabila ayah atau ibu kita saat ini berusia sama atau di bawah 65 tahun, mereka bisa diikutsertakan sebagai peserta produk ini. Selain itu, masa perlindungan bagi orangtua juga bisa diperpanjang hingga usia 75 tahun.

BACA JUGA: Menyiapkan Asuransi Jiwa Demi Anak Jika Orang Tua Meninggal Lebih Dulu

3. Asuransi Jiwa Cigna Second Life

Selain memiliki asuransi kesehatan yang penuh manfaat, Cigna juga punya asuransi kesehatan untuk orangtua, yaitu Asuransi Jiwa Cigna Second Life. Sesuai dengan namanya, Asuransi Rencana Cigna Second Life adalah asuransi jiwa pertama yang diperuntukkan bagi lansia di Indonesia. Nantinya para lansia yang berusia antara 55-80 tahun bisa terjamin diterima tanpa pemeriksaan kesehatan.

Tentu saja, ada banyak sekali manfaat yang bisa dapatkan ketika bergabung dengan Asuransi Jiwa Cigna Second Life. Mulai dari perlindungan usia hingga 100 tahun, santunan kematian, layanan konsultasi telemedikal, hingga diskon menarik bagi para nasabah setianya. Preminya sendiri cukup terjangkau untuk banyak kalangan. 

4. Asuransi Jiwa Cigna Easy Future

Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, perlindungan jiwa terhadap orangtua wajib dipersiapkan sejak dini. Hal ini yang bisa Mommies dapatkan ketika membeli Asuransi Jiwa Cigna Easy Future.

Sesuai dengan perannya sebagai asuransi jiwa, Cigna Easy Future siap memberikan perlindungan finansial berupa pertanggungan hingga Rp1 miliar. Nilai ini akan diberikan saat nasabah pemilik asuransi ini meninggal dunia akibat kecelakaan. Selain itu, keluarga nasabah juga akan menerima uang santunan jika nasabah menjadi cacat total. Dengan asuransi ini, keluarga yang belum mapan tidak usah khawatir jika sewaktu-waktu tulang punggung keluarga tidak dapat menafkahi keluarga.

5. Asuransi Manulife

Salah satu asuransi terkemuka di Indonesia, Manulife punya banyak sekali produk asuransi yang bermanfaat untuk orangtua. Salah satunya adalah Manulife Value Protector yang sudah diakui manfaatnya oleh para nasabahnya.

Salah satu alasannya adalah karena hadirnya fitur Advanced Hospital Benefit Plus yang memberikan perlindungan kesehatan berupa penggantian biaya rawat inap rumah sakit karena sakit atau kecelakaan. Asuransi yang bersifat perorangan ini siap memberikan perlindungan kepada empat anggota keluarga sekaligus, yaitu suami, istri, dan dua anak. Meskipun terdapat lebih dari 4 anggota keluarga, misalnya anaknya 3 orang, premi yang harus dibayar tetap hanya untuk 4 anggota keluarga.

Untuk memudahkan para penggunanya, asuransi Manulife memiliki dua fasilitas menarik, cashless, dan double claim. Fitur cashless ini membuat proses administrasi di rumah sakit menjadi lebih nyaman karena kamu gak perlu melakukan pembayaran tunai di rumah sakit. Sementara fitur double claim memungkinkan penggunanya untuk melakukan klaim secara bersamaan dengan kwitansi legalisir. 

Cara mendapatkan asuransi kesehatan terbaik untuk orangtua

Sumber gambar: Unsplash

Ada banyak cara untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik untuk orangtua. Tentunya Mommies wajib melakukan riset asuransi di pasar yang paling mendekati kriteria kebutuhan dan bujet. Mommies juga tidak perlu mendatangi kantor asuransi satu per satu. Cukup dengan menggunakan internet di rumah, Mommies bisa mendapatkan banyak sekali informasi mengenai tentang produk asuransi kesehatan untuk orangtua atau produk asuransi lain yang sekiranya sesuai.

Agar semakin yakin, jangan ragu untuk menghubungi agen asuransi produk yang Mommies incar dan mintalah stimulasi dan penjelasan lebih detail tentang produk tersebut. Jangan lupa juga untuk membandingkan tiga hingga empat produk asuransi yang paling sesuai dengan kriteria dan bujet Mommies.

Pastikan Mommies tidak terburu-buru, sebab ada banyak hal yang wajib dipelajari melalui dummy polis yang meliputi spesimen atau contoh polos yang berisi penjelasan dan penawaran produk. Dengan begitu, Mommies dapat memastikan membeli produk asuransi yang terbaik.

BACA JUGA: Pahami Serba-Serbi Memilih Asuransi Agar Tidak Merasa Tertipu

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top