Now Reading
5 Rekomendasi Alat Sedot Ingus Bayi untuk Obati Hidung Tersumbat

5 Rekomendasi Alat Sedot Ingus Bayi untuk Obati Hidung Tersumbat

Mommies Daily

Saat hidung tersumbat, bayi tentu merasa sulit bernapas dan merengek terus-menerus. Berikut 5 Rekomendasi alat sedot ingus bayi yang bisa Mommies gunakan.

Flu seringkali menyebabkan kondisi hidung tersumbat pada bayi, dan kondisi ini hal yang sering terjadi. Meski biasanya hidung tersumbat tidak berbahaya, tetapi si kecil bisa merasa tidak nyaman karena napasnya jadi pendek-pendek dan jadi lebih berisik. Jika orang dewasa bisa dengan mudah mengeluarkan cairan yang menyumbat hidung, maka berbeda dengan bayi. Mereka butuh bantuan orang tua untuk membuat dirinya kembali bernapas dengan lancar, salah satunya dengan alat sedot ingus.

“Hidung yang tersumbat lendir bisa membuat bayi sulit bernapas dan makan dengan benar, terutama bagi bayi kecil yang masih menyusui atau minum dari botol,” jelas Amy Sniderman, MD, dokter anak dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat.

BACA JUGA: 8 Obat Flu Alami Untuk Anak, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Cara terbaik untuk menghilangkan lendir dalam hidung bayi dengan cepat adalah menggunakan aspirator hidung atau alat sedot ingus bayi. Kalau Anda berencana mempersiapkan alat sedot ingus di rumah untuk berjaga-jaga, berikut cara memilihnya dengan benar.

Tips Memilih Alat Sedot Ingus Bayi

Ini dia 5 cara memilih alat sedot ingus terbaik untuk bantu bayi bernapas kembali dengan lancar.

1. Pahami kebutuhan

Pertama-tama, Anda perlu memahami kebutuhannya. Apakah kondisi hidung tersumbat sering terjadi pada bayi? Atau bagaimana dengan gaya hidup keluarga. Anda harus tahu kalau ada beberapa jenis alat sedot ingus bayi yang tersedia. Semuanya memiliki bentuk dan cara penggunaan yang berbeda-beda, yang bisa dipilih sesuai dengan aneka pertimbangan pribadi.

Ada alat sedot ingus plug-in dengan daya hisap yang bisa diatur, ada yang digunakan dengan cara dihisap dari mulut orang tua, ada juga jenis pipet sederhana, hingga yang berbentuk portable yang praktis dan mudah dibawa dalam aneka perjalanan. 

2. Baca review

Pastikan untuk membaca review dari para orang tua yang juga pernah menggunakan alat sedot ingus bayi. Pendapat, ulasan, dan peringkat alatnya bisa sangat membantu Anda menemukan alat sedot ingus yang tepat. Hal ini juga bisa membantu Anda memilih alat mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

3. Sesuaikan dengan usia anak

Jika bayi masih sangat kecil dan terserang flu, kebanyakan orang tua merekomendasikan alat sedot ingus bayi yang dihisap. Dengan begitu Anda bisa langsung mengatur daya isap sehingga tidak akan membuat si kecil terluka. Lain lagi dengan bayi yang sudah sedikit besar. Mereka biasanya aktif dan mengamuk jika hidungnya dipegang. Untuk kondisi ini Anda bisa mempertimbangkan memilih alat sedot ingus elektrik atau jenis portable.

Rekomendasi Alat Sedot Ingus Bayi

Setelah melihat tips memilih tips di atas, berikut deretan rekomendasi alat sedot ingus bayi yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum membeli.

1. Baby Safe Nasal Aspirator NAS01

Mirip pipet, Baby Safe Nasal Aspirator NAS01 hadir dengan bahan silikon lembut di ujung aspiratornya. Ini membuat alatnya aman saat menyentuh hidung si kecil. Begitu juga bagian tube aspiratornya. Anda cukup menekan bagian tube, lalu memasukkan ujung aspirator ke hidung bayi dan lepaskan tekanan secara perlahan agar lendirnya tersedot. Dilengkapi dengan tutup, menjadikan alat ini lebih higienis.

2. Baby Comfy Nasal Aspirator The Snot Sucker

Jika usia bayi Anda masih terlalu kecil, coba pilih Baby Comfy Nasal Aspirator The Snot Sucker sebagai alat sedot ingus bayi ketika hidungnya tersumbat. Dalam kemasannya tersedia dua jenis aspirator, yang standar dan khusus untuk bayi baru lahir. Alat sedot ingus ini bebas BPA dan ftalat sehingga aman untuk si kecil.

3. OEM Nasal Aspirator Electric

Untuk anak yang aktif, Anda bisa menjadikan OEM Nasal Aspirator Electric alternatif terbaik. Alat sedot ingus yang satu ini sudah BPA Free dengan ujung yang lembut, dan tersedia dalam dua pilihan. Satu untuk bayi baru lahir, sedangkan satu lagi untuk anak usia 2 tahun ke atas. Praktis, mudah digunakan, kecepatan sedotannya bisa diatur, dan awet.

BACA JUGA: Aturan Home Treatment Batuk Pilek pada Anak Menurut Dokter

4. Pigeon Nose Cleaner Tube Type

pigeon alat sedot ingus bayi

Tidak bisa dipungkiri kalau ada kemungkinan lendir yang sudah disedot kembali masuk ke saluran pernapasan si kecil. Alat sedot ingus tipe tube ini membantu menghidari Anda dari kemungkinan tersebut. Nantinya lendir yang disedot akan masuk ke dalam tube sehingga mencegah aliran balik. 

5. Richell Nasal Aspirator

richell - alat sedot ingus bayi

Didesain untuk memudahkan tugas Anda mengeluarkan lendir di hidung si kecil, Richell Nasal Aspirator hadir dengan paket lengkap. Ada selang yang dapat digunakan untuk menyedot dan tabung untuk menampung lendirnya. Dilengkapi juga dengan case atau kotak khusus untuk penyimpanan sehingga kebersihannya terjamin. 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top