Now Reading
Mengelola Uang Ala Raditya Dika, Berikut Pelajaran yang Bisa Diambil

Mengelola Uang Ala Raditya Dika, Berikut Pelajaran yang Bisa Diambil

Raditya Dika

Perencanaan keuangan sangat penting untuk memudahkan hidup kita di masa kini dan mendatang. Berikut tips mengelola uang ala Raditya Dika yang bisa kita jadikan inspirasi.

Nama Raditya Dika sudah tidak asing lagi di dunia hiburan dan industri kreatif. Meski awalnya dikenal sebagai penulis buku, tetapi Radit kini aktif bekerja sebagai komika, aktor, serta content creator. Dengan beragam profesi yang dijalaninya, tentu saja Radit memiliki beberapa sumber penghasilan. Bagaimana ia mengelola keuangannya?

Melalui channel Youtube belajar investasi, Ternak Uang, Raditya Dika membagikan pengalamannya dalam mengatur finansialnya. Mulai dari bagaimana ia menyimpan uangnya hingga pengaturan gaya hidup. Yuk, simak selengkapnya!

Tips mengelola uang Ala Raditya Dika

Deposito menjadi pilihan investasi awal

Saat baru mengenal financial planning, Radit mengatakan bahwa deposito menjadi pilihan utamanya dalam investasi. Ini karena tabungan jenis ini cenderung aman dan rendah risiko. Selanjutnya, baru lah Radit mengenal dan menginvestasikan uangnya di reksadana saham, reksadana pasar uang dan reksadana saham individual. “Sampai sekarang, semua investasi itu berjalan bersama-sama,” ungkap pria kelahiran 1984 tersebut.

BACA JUGA: Money Talks: 6 Bulan Menuju Keuangan yang Ideal

Memperhatikan lalu lintas investasi

Meskipun sudah berinvestasi di beberapa tempat, tetapi Radit mengakui bahwa di awal-awal dia kurang memperhatikan lalu lintas investasi yang dijalankannya karena sibuk bekerja. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mengaku terkejut saat melihat saldonya bertambah hingga Rp1 miliar. Radit pun sadar pentingnya manajemen keuangan dan mulai aware dengan pendapatan dan tabungannya.

Membuat uang “selalu bergerak”

Sejak saat itu, ayah dua anak ini selalu memutar otak agar uang yang dimilikinya tetap “bergerak”. Radit mencari cara untuk memiliki revenue stream (aliran pendapatan) yang banyak. Sebagai seorang storyteller, Radit memiliki beberapa opsi usaha seperti menjadi penulis skenario hingga komika. Ia mencoba memaksimalkan segala potensi yang ada demi finansial yang lebih baik.

Mengembangkan passive income

Radit juga mengandalkan sumber pendapatan pasif (passive income), seperti pemasukan yang didapat dari adsense kontennya di media sosial, royalti buku, dan komisi yang diterima melalui iklan, sponsorship, ataupun saat menjadi talent.

Tidak suka barang mewah

Radit mengaku, meskipun pendapatannya cukup untuk membeli barang mewah, tetapi ia kurang menyukainya. Gue ga terlalu suka membeli barang mewah. Jika pun ada, biasanya karena dibelikan oleh Annisa (istri Raditya Dika). Kalau gue pribadi tidak terlalu suka. Intinya, gue lebih suka kebersamaan,” ungkap Radit di channel Youtube Ternak Uang.

Sebagai contoh, Radit lebih senang mengeluarkan untuk hal-hal yang mengedepankan kebersamaan seperti makan atau liburang bareng keluarga. Menurutnya, kemewahan tidak berasal dari barang-barang mewah, tetapi pengalaman dan waktu bersama orang terkasih.

Raditya Dika
Raditya Dika dan keluarga. (Instagram.com/raditya_dika)

BACA JUGA: Jangan Ditiru! 5 Kesalahan Keuangan Keluarga yang Paling Sering Terjadi

Menetapkan tujuan akhir keuangan

Mengapa Radit mencoba mengelola keuangannya dengan baik? Ia mengatakan bahwa dirinya ingin membeli kebebasan di hari tua. Ya, tujuan akhir keuangan dalam kehidupannya adalah membeli waktu sebanyak-banyaknya. Radit berusaha keras mempersiapkan keuangannya untuk membebaskan waktu di masa tuanya mendatang.

Itu dia pelajaran keuangan yang bisa diambil dari Raditya Dika. Ada cara yang sudah Mommies lakukan?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top