Now Reading
Money Talks: 6 Bulan Menuju Keuangan yang Ideal

Money Talks: 6 Bulan Menuju Keuangan yang Ideal

Mommies Daily

Pernah merasakan baru gajian tapi uang sudah langsung tidak bersisa? Berikut langkah-langkah yang dapat diambil setiap bulannya demi menuju keuangan yang ideal.

Banyak orang yang pasti pernah merasa uangnya habis begitu saja tanpa ingat digunakan dan dipakai untuk apa saja. Kalau sudah pernah mengalami hal seperti ini, Mommies bisa mencoba untuk mulai membuat anggaran setiap bulan agar bisa mendapatkan keuangan yang ideal. Anggaran atau rencana pengeluaran memegang peranan penting dalam kesuksesan keuangan rumah tangga, apalagi jika dapat mempertahankan dan disiplin dalam menjalankannya.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan setiap bulannya untuk menuju keuangan yang ideal.

BACA JUGA: Jangan Ditiru! 5 Kesalahan Keuangan Keluarga yang Paling Sering Terjadi

Kesehatan Finansial

*Gambar dari sini

Bulan 1: Catat

Mulailah untuk mencatat semua pengeluaran selama 1 bulan. Kelompokkan pengeluaran ke dalam beberapa pos, yaitu pos pengeluaran wajib dengan jumlah tetap, pos pengeluaran wajib dengan jumlah yang berubah setiap bulan dan pos pengeluaran tidak wajib. Coba periksa kembali, apakah pengeluaran kita lebih besar daripada penghasilan?

Bulan 2: Utak-atik

Kita bisa berhemat untuk pengeluaran wajib yang jumlahnya berubah seperti biaya makan, biaya listrik, dan lainnya. Penghematan bisa dilakukan dengan pengurangan atau mencari produk pengganti yang lebih murah. Silakan atur pos mana yang jadi prioritas, asalkan targetnya bisa menambah sisa penghasilan antara 10% hingga 20% atas penghasilan setiap bulan. Jadi, apabila penghasilan bulanan Rp10 juta, setidaknya sisa penghasilan antara Rp1 juta-2 juta.

Bulan 3: Merancang anggaran baru

Pos pengeluaran setiap bulan sebaiknya dibagi dengan alokasi 10% untuk dana darurat, 50% untuk biaya hidup, 20% untuk tabungan dan investasi sesuai tujuan finansial, dan 20% untuk hiburan serta gaya hidup. Agar disiplin dalam menerapkan pos-pos alokasi, maka sebaiknya Mommies punya beberapa rekening tabungan yang terpisah.

Bulan 4: Try-out

Momen ini menjadi penentu apakah anggaran yang ditetapkan akan berhasil atau tidak. Apabila Mommies merasa berat untuk menjalankan, maka jangan dipaksakan seluruhnya. Mulai saja dengan menyisihkan 5% untuk dana darurat dan 5% untuk investasi. Yang terpenting adalah kebiasaannya yang harus dibangun sejak sekarang.

Bulan 5: Penyesuaian anggaran

Apabila ada beberapa pos yang masih harus disesuaikan, maka segera ubah anggaran sekarang. Tetap gunakan konsep membagi-bagi penghasilan ke dalam beberapa rekening untuk memudahkan pengaturan uang.

Bulan 6: Konsisten dan disiplin

Nah, di bulan ini seharusnya kita sudah memiliki anggaran yang cukup ideal untuk dijalankan. Perubahan yang perlahan tetapi pasti akan memberikan hasil yang jauh lebih baik, dibandingkan perubahan yang sesaat saja. Jangan lupa untuk tetap mengalokasikan pos gaya hidup sebagai hadiah untuk keberhasilan mommies dalam pengelolaan uang.

Ditulis oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top