Now Reading
6 Tur Unik dan Anti-Mainstream di Singapura, Dari Kuliner Hingga Horor!

6 Tur Unik dan Anti-Mainstream di Singapura, Dari Kuliner Hingga Horor!

Dhevita Wulandari
tur unik dan anti-mainstream di Singapura

Pergi ke Singapura sudah bisa tanpa karantina, lho! Ini 6 tur unik dan anti-mainstream di Singapura yang dapat dikunjungi bersama keluarga dan sahabat.

Pemerintah Singapura telah mengeluarkan peraturan yang memperbolehkan turis asal Indonesia masuk ke Singapura tanpa karantina per 29 November 2021. Kebijakan ini merupakan hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan di Singapura pada Selasa, 16 November 2021 lalu.

Meski tanpa karantina, semua warga negara Indonesia (WNI) yang akan datang ke Singapura harus melalui vaccinated travel lane (VTL). Dengan VTL ini, maka jelas bahwa vaksinasi lengkap harus sudah dilakukan sebelum berkunjung ke Singapura dan membawa tes PCR dengan hasil negatif dari Indonesia. Sebagai bentuk pencegahan tambahan karena tidak adanya karantina, nantinya turis WNI yang tiba di Singapura akan dites kembali.

BACA JUGA: 30 Tempat di Wisata di Jakarta, Mulai dari Budaya, Kuliner, Hingga Alam

Kebijakan dan peraturan ini tentunya mengembalikan minat untuk berwisata ke Singapura, tentunya dengan tetap menjaga kesehatan demi diri sendiri dan orang lain di sekitar. Singapura pun sudah menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industry MICE, pariwisata, dan layanan makanan untuk keamanan dan kenyaman semua orang.

Ada berbagai destinasi dan kegiatan yang bisa dilakukan turis Indonesia di Singapura. Adanya tur-tur ini juga dapat membantu para wisatawan untuk menghemat waktu dan menyusun jadwal perjalanan seru di Singapura, serta merasakan pengalaman baru di tempat baru.

1. Tur kuliner dari kebun ke meja makan

Tur Wok n Stroll

Diselenggarakan oleh Wok n Stroll, tur selama lima jam yang anti-mainstream ini terbilang cukup menarik karena mengangkat tema Farm to Table atau dari kebun ke meja makan. Sebelum makan, para wisatawan akan diajak berkunjung ke perkebunan herba, buah, dan sayuran di Singapura. Lokasi kebun-kebun ini pun berada di kota modern yang terkenal dengan gedung pencakat langit.

Beberapa kebun yang dapat dikunjungi meliputi perkebunan jamur merah jambu, kebun herba khas India, belajar menanam wheatgrass (rumput gandum) dari wirausaha mandiri, dan perkebunan komunitas di Dempsey. Kita juga bisa menyantap aneka makanan dari hasil perkebunan lokal tersebut.

2. Tur naik Vespa

Tur vespa Sidewayds - tur unik dan anti-mainstream

Tur Sideways

Naik kendaraan unik seperti motor Vespa juga menjadi salah satu pilihan tur anti-mainstream. Jelajahi Singapura dengan cara berbeda yang disediakan oleh operator tur motor Vespa bernama Singapore Sidecars. Hal unik lainnya, wisatawan tidak duduk dibonceng di belakang pengemudi seperti naik Vespa pada umumnya, melainkan duduk di sampingnya. Ya, Vespa sudah dimodifikasi menjadi motor gandeng dengan kompartemen khusus yang nyaman.

Durasi tur Vespa ini sekitar satu hingga tiga jam dan akan memutari distrik istimewa seperti distrik belanja Kampong Glam, distrik peranakan Joo Chait dan Tiong Bahru, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga dapat memiliki jenis tema tur yang diinginkan seperti tema arsitektur, seni dan desain, budaya, militer, alam, petualangan, dan lain-lain.

3. Tur memecahkan misteri ala detektif di Chinatown

Chinatown Murders - tur unik dan anti-mainstream

Tur Chinatown Murders

Chinatown Singapore merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan biasa dikunjungi wisatawan untuk berwisata kuliner dan belanja. Namun, hal tersebut tentu sudah biasa. Untuk membuat wisata ke Chinatown Singapore menjadi lebih menarik, tur dari Chinatown Murders – Outdoor Escape Room Game Tour menyediakan tur yang akan membuat wisatawan memiliki pengalaman baru dengan memecahkan kasus fiksi yaitu pembunuhan berantai.

Satu tim berisi dua sampai lima orang dengan seorang pemandu yang akan memberi peserta sedikit petunjuk. Dengan tur ini, wisatawan juga akan belajar tentang sejarah Chinatown di Singapura melalui karakter fiksi dan cerita mereka. Tur ini juga memiliki review yang baik dan pernah memenangkan Outstanding Tour Experience in Singapore Tourism Awards 2021.

BACA JUGA: Tempat Wisata Outdoor Hits di Jabodetabek

4. Tur Singapore After Dark

After dark - tur unik dan anti-mainstream

Tur After Dark

Sesuai dengan namanya, tur After Dark ini akan dimulai saat matahari sudah terbenam yang dimulai dengan makan malam bersama di pusat jajanan kuliner di Telok Ayer, kemudian menelusuri sepanjang Singapore River, berkunjung ke bar atap di Boat Quay, dan pusat pesta Clarke Quay ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan tentang tur dan semua lokasi yang dikunjungi.

5. Tur nostalgia zaman dulu

Singapore's Disappearing Trade Tour

Tur Singapore Discovers

Tur unik dan anti-mainstream selanjutnya ini sangat menarik untuk para pencinta sejarah dan para orang tua yang ingin bernostalgia tentang masa lalu, terutama tentang bagaimana rasanya hidup di Singapura pada era 1960-1980an. Berlatar belakang Singapore’s Disappearing Trade Tour dengan berkunjung ke berbagai pabrik tradisional, wisatawan akan diaak mengunjungi kedai kopi dan panggang kopi tradisional, pembuat rumah kertas yang identik dengan sembahyang peranakan tionghoa, dan pabrik roti tradisional yang masih bertahan hingga kini di Singapura.

6. Tur horor mistis

Creepy tales of Singapore

Tur Creepy Tales of Singapore

Terkenal dengan kota modern yang gemerlap, tur Creepy Tales of Singapore akan menunjukkan sisi lain Singapura yang berbeda dan seru untuk ditelusuri yaitu sisi mistis yang angker. Pemandu akan mengajak wisatawan ke tempat-tempat dengan legenda urban yang terkenal di Singapura seperti pemakaman kuno dan lokasi yang berhubungan dengan tragedi Perang Dunia II.

Tur ini juga memiliki alat pendeteksi hantu modern bagi yang tertarik ingin tahu dan berani, sehingga wisatawan yang ingin mengikuti tur ini perlu memiliki kondisi tubuh yang sehat dan prima karena tur ini diselenggarakan pada malam hari dan harus menjelajahi bukit, area tepi pantai, dan area lainnya dengan durasi tur selama empat jam.

Nah, kira-kira tur unik dan anti-mainstream mana yang membuat Mommies dan keluarga tertarik untuk dikunjungi dalam holiday list nanti?

Cover image: Dok. Singapore Tourism Broad

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top