banner-detik
FINANCIAL WELLNESS

Reksadana untuk Pendidikan Anak, Berikut Strategi Terbaiknya

author

Mommies Daily16 Nov 2021

Reksadana untuk Pendidikan Anak, Berikut Strategi Terbaiknya

Sedang mengumpulkan biaya untuk pendidikan anak? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui investasi reksadana. Berikut tips dan trik jitunya. 

Banyak orang tua yang mengeluhkan mahalnya biaya pendidikan. Apalagi, ketika telat mendaftarkan buah hati di sesi awal pendaftaran, ada biaya tambahan yang sebenarnya bisa diperoleh secara gratis.

Beberapa sekolah  menerapkan sistem promo atau diskon bagi mereka yang mendaftar lebih cepat. Nah, jika ketinggalan, maka biaya masuk sekolah pun jadi lebih mahal. Selain itu, biaya sekolah tiap tahunnya juga naik sehingga membuat pusing banyak orang tua. Apakah Mommies termasuk salah satunya?

BACA JUGA: Dana Pendidikan Anak Hingga Kuliah, Dari Mana Menyiapkannya?

Merencanakan dana pendidikan Si Kecil bisa dilakukan melalui strategi investasi. Kali ini, produk investasi yang digunakan adalah reksadana. Reksadana memberikan kemudahan bagi investor pemula karena dananya dikelola oleh manajer investasi yang telah memiliki sertifikasi keahlian. Jadi, Mommies nggak perlu khawatir dan bingung untuk mengelola investasi reksadana.

Biaya Sekolah Dasar Jakarta Pusat

Berikut hal yang harus diperhatikan ketika memilih investasi reksadana untuk biaya pendidikan anak:

1. Menentukan rencana pendidikan Si Kecil

Hal pertama yang perlu Mommies lakukan adalah menentukan rencana pendidikan si kecil. Rencana ini berisi informasi detail rencana sekolah impian buah hati. Termasuk periode kapan anak akan masuk sekolah tersebut serta dana pendidikan yang dibutuhkan. Dana pendidikan biasanya meliputi biaya pendaftaran, SPP, uang gedung, dan biaya- biaya lainnya. Berikut contohnya:

Tingkat Pendidikan

Waktu untuk Masuk Sekolah

Nama Sekolah Impian

Biaya Pendidikan (hanya ilustrasi, bukan nominal sebenarnya)

Play Group

1 tahun lagi

Play Group ABC Kids

Rp5 juta

TK

2 tahun

TK ABC Kids

Rp……

SD

4 tahun

SD ABC Kids

Rp75 juta

SMP

10 tahun

SMP Springfield

Rp……

SMA

13 tahun

SMA Springfield

Rp……

S1- Corporate Finance

16 tahun

Universitas Prasetya Mulya

Rp……

2. Mencari tahu biaya pendidikan sekolah tujuan di masa depan 

Setelah mencari tahu biaya pendidikan saat ini, Mommies perlu menghitung perkiraan biaya pendidikan di masa depan. Nilai masa depan ini perlu dihitung karena anak baru mulai sekolah beberapa tahun mendatang.

Untuk menghitung biaya pendidikan tersebut, Mommies perlu informasi biaya pendidikan saat ini, periode kapan Si Kecil masuk sekolah dan persentase kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Dua faktor pertama sudah dicari tahu pada tahap sebelumnya, sehingga sekarang Mommies perlu mencari tahu persentase kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Informasi ini bisa diperoleh dengan menanyakan kepada pihak administrasi sekolah atau membandingkan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

Setelah memperoleh ketiga faktor tersebut, Mommies bisa mulai menghitung biaya pendidikan di masa depan. Untuk mempermudah, Mommies bisa menggunakan kalkulator pendidikan yang disediakan oleh website institusi keuangan, salah satunya situs ZAP Finance. Dengan kalkulator tersebut, Mommies pun bisa mengetahui biaya pendidikan di masa depan dan alokasi investasi yang diperlukan.

3. Menentukan strategi reksadana

Sekarang kita masuk ke tahap terakhir dalam merencanakan dana pendidikan Si Kecil. Berbeda dengan tujuan keuangan lainnya, dana pendidikan dikeluarkan beberapa kali sesuai jenjang pendidikan yang akan dimasuki anak. Oleh saat itu, saat menyiapkan dana pendidikan si kecil, Mommies perlu memisahkan produk reksadana sesuai tingkat pendidikan masing-masing.

Selain itu, Mommies juga perlu merencanakan strategi reksadana sesuai dengan periode kapan Si Kecil akan memasuki sekolah impiannya. Berikut panduan sederhana yang bisa dikuti:

Periode Masuk Si Kecil

Saran Produk

Kurang dari 1 tahun

Tabungan

1- 2 tahun

Reksadana Pasar Uang

2- 5 tahun

Reksadana Pendapatan Tetap atau Reksadana Campuran

Di atas 5 tahun

Reksadana Saham

Kalau menggunakan ilustrasi di atas, berikut strategi reksadana yang disarankan :

Tingkat Pendidikan

Waktu untuk Masuk Sekolah

Nama Sekolah Impian

Biaya Pendidikan (hanya ilustrasi, bukan nominal sebenarnya)

Biaya di Masa Depan

Saran

Produk

Play Group

1 tahun lagi

Play Group ABC Kids

Rp5 juta

Rp5,5 juta

RD Pasar Uang Merek X

TK

2 tahun

TK ABC Kids

Rp……

Rp……

RD Pasar Uang Merek Y

SD

4 tahun

SD ABC Kids

Rp……

Rp……

RD Pendapatan Tetap atau RD Campuran

SMP

10 tahun

SMP Springfield

Rp……

Rp……

RD Saham Merek A

SMA

13 tahun

SMA Springfield

Rp……

Rp……

RD Saham Merek B

S1- Corporate Finance

16 tahun

Universitas Prasetya Mulya

Rp……

Rp……

RD Saham Merek C

BACA JUGA: Siapkan 6 Hal Ini Ketika Anak Masuk Sekolah Dasar

Nah, itulah cara merencanakan dana pendidikan Si Kecil, terutama melalui investasi reksadana. Mommies bisa segera menyusunnya sehingga tidak perlu bingung dengan biaya yang dibutuhkan saat Si Kecil mulai masuk sekolah.

Ditulis oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance–sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan