Now Reading
Tips Parenting dari Para Ayah Selebriti

Tips Parenting dari Para Ayah Selebriti

siscachristina
Tips Parenting dari Para Ayah Selebriti, Ringgo Agus Rahman

Di luar layar kaca, para selebriti ini ternyata tipe ayah yang aktif terlibat dalam urusan pengasuhan anak. Simak tips parenting dari lima ayah selebriti berikut.

Kesibukan yang sangat padat nggak membuat para ayah selebriti ini mangkir dari tugas dan tanggung jawabnya untuk mengasuh dan mendidik anak. Malahan, selain terlibat secara aktif dalam urusan pengasuhan anak, mereka juga turut menentukan bersama istri, gaya pengasuhan apa yang diterapkan untuk anak mereka. Kira-kira bagaimana, sih, gaya parenting para ayah selebriti ini? Yuk, intip tips parenting yang mereka bagikan berikut ini. Siapa tahu bisa kita terapkan juga.

Tips Parenting dari Ayah Selebriti

Raffi Ahmad

Walau sejak lahir hingga menjadi ayah Raffi Ahmad bisa dibilang tak pernah berkekurangan, namun ia tetap punya prinsip nggak mau memanjakan anak. Dikutip dari wawancara Raffi Ahmad di kanal YouTube Bicara Pagi, Raffi Ahmad bertekad “Sebagai seorang ayah saya ingin membuat Rafathar menjadi anak laki-laki yang bisa survive, bisa berdiri di atas kakinya sendiri.” Uniknya, Rafathar sendiri pernah bilang pada sang ayah bahwa ia nggak mau jadi artis seperti ayahnya. Itu semakin membuat Rafi menjadi ayah yang demoratis. Tak memaksakan kehendak pribadinya, dan membebaskan anaknya menjadi apapun yang dia cita-citakan, selama itu positif.

Joe Taslim

Buat aktor laga internasional ini, salah satu kunci terpenting dalam parenting yaitu soal kebersamaan dengan anak. Bagi Joe, mendidik anak tak perlu melalui media belajar yang mahal. Yang penting, orang tua mau menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama anak. Nggak perlu susah-susah, “Caranya bisa dengan nonton film atau main game bareng atau main monopoli di rumah,” katanya seperti dikutip dari Tribunnews. Dengan bermain bersama anak, orang tua jadi bisa melihat perkembangan anak secara langsung. Justru di sela-sela bermain tersebut, ia bisa menyisipkan nasihat dan petuah ringan dengan cara yang mudah dicerna anak. Oya, Joe Taslim juga suka mendongengkan anaknya sebelum tidur.

Baca juga: Pesan Untuk Ayah Baru dari Para Ayah Veteran

Darius Sinathrya

Punya tiga anak menyadarkan Darius bahwa kehadirannya sebagai ayah sangat penting dalam hidup anak-anaknya. Sejak anak-anaknya lahir, ia sudah membiasakan diri untuk punya waktu one on one bersama masing-masing anaknya. Mereka punya waktu aktivitas bersama Darius sendiri-sendiri. Selain itu, setiap tengah dan akhir tahun Darius wajib mengambil waktu untuk liburan bersama keluarga untuk bonding dengan anak-anaknya.

Tips parenting lainnya dari Darius yaitu tetap menunjukkan kasih sayang dengan cara memeluk, mencium walau anak-anak sudah beranjak besar. Tak lupa, beri pujian, diskusi dengan anak, membangun komunikasi dua arah dengan anak, serta menjadi sahabat bagi anak. Selain itu, Darius juga punya aturan untuk tak menggunakan ponsel di meja makan dan saat di perjalanan liburan, agar tak sibuk sendiri-sendiri. Beberapa nilai penting yang Darius tanamkan bagi dua anak lelakinya, yaitu jujur, berani, hormat, dan disiplin.

Ringgo Agus Rahman

Ketika istri sedang memarahi atau menegur anak, ayah bersosok kocak ini akan mensupport istri terlebih dahulu di depan anak. Namun, ketika ia anggap istri terlalu keras atau kurang bijak, maka Ringgo akan menegur istri secara terpisah, tidak di depan anak. Pendeknya, Ringgo menunjukkan sikap satu suara dan satu tim dengan istri dalam mendidik anak. Selain itu, Ringgo juga mengajarkan anak tentang equality sejak dini. Bahwa setiap orang itu sama, apapun profesi dan warna kulitnya, anak-anaknya harus menghargai manusia lain. Wah, bijak banget ya?

Gading Marten

Menurut pengakuannya, Gading hampir nggak pernah memarahi Gempi, putri gemas semata wayangnya. Tapi, bukan berarti Gading memanjakan Gempi, lho, ya. Hanya saja, Gading lebih memilih berbicara atau menegur Gempi dengan tutur yang lembut untuk membujuk Gempi agar mau melakukan sesuatu yang diminta. Ternyata, gaya parenting ini diadopsi Gading dari ayahnya, Roy Marten. Akhirnya Gading tumbuh menjadi anak yang nggak neko-neko di mata sang ayah, dan sekarang pun Gempi tumbuh menjadi anak yang manis bagi Gading. Well, bukti buah jatuh nggak akan jauh dari pohonnya.

Dari lima tips parenting yang dibagikan para ayah selebriti ini, mana yang paling favorit buat mommies?

Baca juga: 10 Kalimat yang Nggak Mau Didengar Ayah Saat Mengasuh Anak, Nomor 2 Paling Sering Diucapkan

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top