Now Reading
Daftar Pemenang Film di FFI 2021, Wajib Tonton!

Daftar Pemenang Film di FFI 2021, Wajib Tonton!

Dhevita Wulandari

Film karya anak bangsa tentunya tidak kalah bagus dibanding produksi luar negeri. Ini daftar pemenang film di FFI 2021 yang wajib ditonton bersama keluarga.

Festival Film Indonesia 2021 diselenggarakan oleh Badan Perfilman Indonesia dan Kemendikbudristek Republik Indonesia, pada Rabu (10/11) lalu, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pada tahun ini, penyelenggaraan FFI mengambil tema “Sejarah Film dan Media Baru” dengan subtema “Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia”.

Ada 22 kategori nominasi yang bersaing memperebutkan Piala Citra. Seleksi dan penjurian pun telah dilakukan oleh 54 juri yang berasal dari perwakilan asosiasi profesi perfilman Indonesia.

Berikut ini daftar pemenang film di FFI 2021 yang tentunya wajib ditonton:

Film Cerita Panjang Terbaik: Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya - pemenang film FFI

Penyalin Cahaya menjadi film yang paling banyak meraih penghargaan Piala Citra di FFI 2021 dengan total 12 Piala dari 17 nominasi. Film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini berhasil meraih Piala Citra dalam kategori Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik , Penulis Skenario Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Tentang Hewan yang Bisa Ditonton Bersama Si Kecil

Film ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon sebagai pemeran utama dan dirilis perdana secara Internasional di Festival Film Internasional Busan pada 8 Oktober 2021. Penyalin Cahaya adalah film drama thriller misteri Indonesia yang bercerita tentang seorang sarjana universitas tahun pertama bernama Sur (Shenina Cinnamon) yang pergi ke pesta untuk pertama kali dalam hidupnya. Namun, keesokan harinya hidupnya berubah karena selfie dirinya yang beredar secara online sehingga dia kehilangan beasiswa dan diusir oleh keluarganya.

Penyalin Cahaya juga akan ditayangkan di Netflix pada 13 Januari 2022.

Film Cerita Pendek Terbaik: Laut Memanggilku

Sebelum mendapatkan penghargaan Film Cerita Pendek Terbaik di FFI 2021, Laut Memanggilku juga memenangkan Sonje Award pada Festival Film Internasional Busan 2021. Disutradari oleh Tumpal Tampubolon, film ini menceritakan tentang Sura, seorang anak nelayan yang hidup sebatang kara.

Ia menemukan sebuah boneka di tepi pantai yang kemudian dianggapnya sebagai pengganti orang tua dan temannya. Namun, kebahagiaan Sura ini terancam oleh Argo, anak lain yang ingin merebut boneka tersebut darinya.

Film Dokumenter Panjang Terbaik: Invisible Hopes

Film ini disutradai dan diproduseri oleh Lamtiar Simorangkir dan berhasil merebut Piala Citra di FFI 2021 dalam kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik. Invisible Hopes bercerita tentang kehidupan anak-anak yang lahir dari ibu narapidana yang terpaksa hidup di dalam jeruji penjara.

Film ini menggambarkan keadaan anak-anak yang keterbatasan makanan bergizi dan masalah kesehatan anak, masalah kesehatan janin yang mengancam ibu hamil yang dipenjara, hingga pengasuhan anak di dalam tempat tersebut.

Film Dokumenter Pendek Terbaik: Three Faces in the Land of Sharia

Three Faces In The Land of Ashria karya anak Aceh, Davi Abdullah, berhasil memenangkan Piala Citra dalam kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik. Film ini menceritakan tentang kondisi sosial masyarakat Aceh yang tinggal dengan kondisi Syariah. Diproduksi dengan penuh tantangan dan waktu yang panjang, film ini membutuhkan waktu sekitar 3 tahun.

Film Animasi Panjang Terbaik: Nussa

Nussa - pemenang film FFI

Nussa adalah film yang diadaptasi dari serial animasi drama keluarga yang berhasil memenangkan kategori Film Animasi Panjang Terbaik di FFI 2021. Film animasi ini juga ditayangkan secara perdana di Bucheon Internasional Fantastic Film Festival (BIFAN) di Korea Selatan pada Juli 2021 dan sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia pada Oktober 2021.

Bercerita tentang Nussa si juara bertahan science fair yang ingin memenangkan kembali lomba dengan roket rancangannya. Dalam merancang roket, Nussa didampingi oleh Abba. Namun, dalam proses perancangan roket, ternyata eksperimennya gagal. Teman-teman mereka pun beralih memperhatikan kecanggihan roket Jonni yang menjadi anak baru di sekolah sekaligus rival baru bagi Nussa.

BACA JUGA: Ingin Menonton Film Nussa? Simak Fakta Menariknya Berikut

Film Animasi Pendek Terbaik: Ahasveros

ahasveros - pemenang film FFI

Gambar dari UMN

Terakhir, pemenang film di FFI 2021 dalam kategori Film Animasi Pendek Terbaik diberikan kepada Ahasveros yang merupakan film pendek animasi 2D karya sutradara Bobby Fernando dan garapan UMN Pictures.

Bercerita tentang perjalanan singkat penyair bohemian Chairil Anwar yang berusaha untuk meninggalkan jejak citra dirinya di dunia yang terus berubah. Ahasveros juga sebelumnya sudah pernah menjadi perwakilan Indonesia di berbagai festival film mancanegara untuk kategori film animasi.

Penasaran ingin menonton yang mana nih, Mommies?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top