Now Reading
7 Tanaman Indoor yang Menjadi Tren, Manakah Favorit Anda?

7 Tanaman Indoor yang Menjadi Tren, Manakah Favorit Anda?

tanaman hias

Dari Monstera, Lidah Mertua hingga Sirih Gading, tanaman-tanaman indoor ini menarik hati banyak orang. Kalau Mommies, lebih suka yang mana?

Selama pandemi, banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hal ini memunculkan keinginan untuk memperindah rumah, termasuk dengan menempatkan tanaman indoor di beberapa sudut.

Namun, selain sebagai hiasan cantik di rumah, tanaman-tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mereka dapat membuat udara lebih bersih dan segar.

Berikut kami rangkum 7 tanaman indoor yang bisa menjadi pilihan untuk ditempatkan di rumah Mommies.

Monstera

Monstera merupakan salah satu tanaman indoor yang menjadi favorit karena tampilannya yang eye-catching. Tanaman ini juga mudah tumbuh sehingga Mommies akan mendapatkan daun-daun baru dalam waktu singkat. Daun-daun Monstera ini bisa Mommies potong dan kemudian berikan sebagai hadiah ke teman atau saudara.

Monstera hanya perlu disiram satu atau dua kali dalam seminggu, biarkan tanah mengering di antara waktu penyiraman ya, Mommies. Yang paling penting, tempatkan monstera di area yang mendapatkan paparan sinar matahari.

Secara keseluruhan, menurut studi yang dilakukan NASA, tanaman berdaun besar seperti monstera terbukti efektif mengurangi polutan di udara.

Lidah Mertua

Nama tanaman ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Mommies. Ketika berbicara tentang tanaman hias, Lidah Mertua mungkin muncul pertama kali di pikiran banyak orang. Tanaman ini memiliki ciri daun yang lebar, panjang, dan agak keras, dengan garis kuning di pinggirnya. Oh iya Mommies, Lidah Mertua mudah ditanam di area tropis dan lingkungan yang kurang memadai, lho.

Menurut sebuah penelitian, tanaman yang juga disebut dengan Snake Plant ini mampu membersihkan udara dengan lebih baik dibanding tanaman lainnya. Mereka mampu menyerap jumlah karbon monoksida dan karbon dioksida dalam jumlah tinggi.

BACA JUGA: 10 Penyebab Tanaman Mendadak Layu dan Cara Mengatasinya

Calathea

Dikenal dengan nama ‘tanaman doa’, Calathea memiliki warna daun yang cantik untuk menghiasi sudut ruangan. Bagaimana tidak, Calathea merupakan tanaman berdaun lebar dengan garis-garis yang indah. Daun Calathea biasanya berwarna hijau, tetapi ada sentuhan ungu di bagian bawahnya.

Calathea tidak membutuhkan banyak cahaya untuk terus berkembang. Itulah sebabnya ia sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan. Selain tanaman doa, Calathea juga dikenal dengan nama tanaman merak, tanaman zebra, dan tanaman katedral.

Aloe Vera

Nah, tanaman ini juga pasti tidak asing lagi bagi Mommies. Selain bagus sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki kegunaan yang bisa digunakan nantinya. Sebagai contoh, lidah buaya dapat menyembuhkan luka dan mengatasi kulit kering, lho!

Manfaat lainnya, tanaman ini dapat memurnikan udara di ruangan karena mampu menghilangkan senyawa berbahaya formaldehida.

Letakkan aloe vera di tempat yang terang dan ia akan bertahan hidup dalam waktu lama. Tunggu sampai tanah di pot sangat kering sebelum menyiramnya kembali ya, Mommies.

Dracaena

Sumber foto: pulpygarden.com

Dracaena cocok ditanam di dalam ruangan karena dia dapat beradaptasi dengan baik di wilayah dengan sumber cahaya yang berbeda-beda. Namun, alangkah lebih baik jika Dracaena ditempatkan di area yang jaauh dari paparan sinar matahari langsung.

Soal memurnikan udara, Dracaena tidak kalah dengan tanaman-tanaman lainnya. Ia menghilangkan senyawa berbahaya seperti benzena, formaldehida, trikloroetilena, dan xilena, dari udara.

BACA JUGA: 5 Tips Agar Tanaman Hias Rajin Berbunga

Spider Plant

Spider Plant membutuhkan cahaya terang untuk tumbuh, tetapi bukan paparan sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika menempatkan tanaman ini di ruangan dengan jendela besar.

Spider Plant menjadi pilihan cocok untuk tanaman indoor karena ia dapat menumbuhkan “bayi laba-laba” atau daun-daun baru yang mudah diperbanyak. Tanaman ini juga merupakan pembersih udara yang kuat karena dapat menghilangkan formaldehida dan xilena.

Sirih Gading

Sirih Gading atau Pothos dikenal sebagai salah satu tanaman rumahan yang dapat dirawat dengan mudah. Meskipun awal ditanam ia berukuran kecil, tapi Sirih Gading dapat merambat dan tumbuh hingga lebih dari sepuluh kaki. Bahkan, di ruangan minim cahaya matahari pun ia tetap bisa tumbuh dengan baik.

Sirih Gading juga sangat cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan karena dapat menyaring udara beracun seperti formaldehida

Tanaman manakah yang ada di rumah Mommies?

Follow us on Instagram

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top