Now Reading
6 Tips Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak Selain Menggunakan Skincare

6 Tips Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak Selain Menggunakan Skincare

Dhevita Wulandari
skin barrier

Radikal bebas hingga sinar biru dari gadget ternyata dapat merusak skin barrier. Selain dengan menggunakan skincare, berikut 6 tips untuk memperbaikinya

Ketika kulit mengalami iritasi kronis, gatal, hiperpegmentasi, kusam, dehidrasi, serta membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkan luka, biasanya ada kerusakan yang terjadi pada skin barrier. Skin barrier sendiri merupakan lapisan terluar kulit atau dikenal dengan epidermis yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Ia dapat menjaga kulit dari racun fisik seperti polusi atau bahan kimia berbahaya, serta paparan sinar ultraviolet. Juga membantu mempertahankan kelembapan alami kulit.

Skin barrier yang sehat membantu kulit terhidrasi dengan baik, bercahaya, dan memiliki warna merata. Oleh sebab itu, lakukan hal berikut untuk memperbaiki dan menjaga skin barrier berikut.

BACA JUGA: 6 Tanda Skin Barrier Rusak dan Tips Mengatasinya

1. Sayangi diri sendiri

Hal pertama yang paling penting dilakukan untuk mengembalikan dan memperbaiki pertahanan kulit adalah menyayangi diri sendiri. Mommies bisa memulainya dengan melakukan perawatan kulit yang baik, benar, dan teratur. Daripada memikirkan bagaimana cara menghilangkan pori-pori atau pigmen kulit alami dalam waktu singkat, coba ubah mindset dengan berpikir bahwa kita menerima kondisi kulit dan memperlakukannya dengan baik melalui perawatan yang rutin.

2. Kurangi skincare routine yang tidak perlu

Tidak perlu ikut orang lain dalam melakukan skincare routine yang banyak dan berlapis. Sebab, setiap jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda dan unik. Jika memang ingin menggunakan skincare, pilih produk yang memang sesuai dan diperlukan kulit. Oleh sebab itu, Mommies wajib mengetahui permasalahan kulit yang dialami terlebih dulu. Misalnya, apakah kulit berjerawat dan kemerahan? Apakah warna kulit tidak merata? Atau, apakah terdapat noda hitam yang mengganggu?

Setelah itu, baru tentukan skincare routine yang sesuai dengan masalah utama kulit karena akan lebih efektif. Selain itu, skincare routine yang dilakukan juga akan lebih sederhana dan hemat.

BACA JUGA: Kencangkan Kulit dan Kuatkan Skin Barrier dengan 10 Rekomendasi Skincare Mengandung Pomegrate

3. Gunakan pembersih yang lembut di kulit

Polusi udara di lingkungan perkotaan juga dapat merusak kulit, lho! Penting untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran yang menempel setelah dari luar rumah. Mommies juga perlu melindungi ceramide dan minyak alami yang bekerja sebagai pengunci skin barrier. Inilah mengapa melakukan cleansing dengan tahapan yang baik dan benar, serta memilih produk pembersih yang lembut di wajah menjadi hal utama. Cleanser mampu membersihkan riasan wajah, mengangkat partikel kecil polusi dan kotoran yang menempel pada kulit dengan baik tanpa merusak kulit.

Untuk tips selengkapnya dapat dibaca di sini ya, Mommies!

Cover: Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top