Now Reading
11 Cara Menghilangkan Bau yang Sering Hadir di Dalam Rumah

11 Cara Menghilangkan Bau yang Sering Hadir di Dalam Rumah

Mulai dari menghilangkan bau karpet apek, bau menyengat di wastafel, bau lembap kamar mandi, intip caranya di sini.

Tahu cara menghilangkan bau di rumah bisa jadi senjata yang sangat berguna lho membuat kita betah di rumah saja. Beberapa area rumah yang seringkali membuat aroma tidak enak adalah bagian dapur dan kamar mandi. Ruang keluarga juga bisa, tapi umumnya karena ada karpet yang lembap. Setelah melakukan beberapa pencarian akhirnya saya menemukan cara efektif untuk menghilangkan bau-bau yang sering kita temukan di dalam rumah dan membuat rumah menebarkan bau harum dan bikin keluarga betah di rumah. Kita bisa mulai dengan:

Menghilangkan bau di rumah dari Wastafel

Pernah mencium aroma busuk yang asalnya dari dapur? Jika ya, periksa wastalfel di dapur Anda. “Untuk menghilangkan bau di tempat pembuangan sampah, semprotkan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke tempat pembuangan, alirkan air, dan bersihkan,” jelas Keita Turner, seorang desainer interior. Jika bau busuknya masih bertahan, tuangkan ½ cangkir soda kue ke tempat pembuangan sampah sambil menyiramnya dengan air hangat.

Menghilangkan bau di rumah dari apek karpet dan kasur

Tidak seperti lantai ubin dan lantai kayu yang keras, karpet akan menyerap dan menyimpan bau, terutama setelah berkali-kali terkena tumpahan kuah atau saat peliharaan kesayangan Anda memutuskan karpet yang terhampar cantik di lantai ruang tamu cocok untuk mereka jadikan toilet. Atasi dengan cara ini Mommies: taburkan soda kue di seluruh permukaan karpet (bukan hanya di area yang berbau tidak sedap), diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan menggunakan penyedot debu. Cara yang sama bisa Anda terapkan untuk mengatasi bebauan kurang sedap di tempat tidur dan kasur hewan peliharaan.

Menghilangkan bau di rumah dari tempat sampah

Bukan kejutan lagi jika kombinasi bau sisa-sisa makanan dan sampah organik lain bakal menciptakan bau tidak sedap. Jika wastafe sudah dibersihkan tapi aroma busuk masih tercium, coba deh tengok tempat sampah Anda. Plastik sampahnya mungkin sudah kita ganti dengan yang baru, tapi bagaimana dengan kondisi wadah sampah dapur Anda? Sisa makanan dan minuman yang menempel di sana lama kelamaan bakal membusuk. Taburkan soda kue ke dalam tempat sampah. Diamkan selama 1 jam lalu bersihkan dengan air disinfektan. Lakukan 1 minggu sekali.

Rebusan bumbu dan buah untuk aroma wangi di rumah

“Saya mempelajari trik ini dari ibu saya yang sangat terobsesi dengan kebersihan,” kata Rhobin DelaCruz, seorang desainer interior. “Caranya, rebus air di panci kecil, lalu tambahkan irisan jeruk dan tanaman herbal seperti lavender atau mint.” Uap panas dari rebusan tadi akan menguar ke seluruh rumah. Untuk bahan tanaman herbalnya bisa disesuaikan dengan selera.

Sebarkan lilin ke seluruh rumah

Lilin beraroma adalah pilihan yang bagus untuk mengusir bau tak sedap. “Pilih aroma yang Anda sukai dan letakkan di tempat-tempat strategis yaitu di tempat yang tidak pernah Anda bayangkan (tapi jangan nyalakan lilinnya). Letakkan lilin-lilin aroma itu di lemari tempat Anda menyimpan seprai, pakaian, dan kain-kain. Serat kain menyerap bebauan dan menyimpannya untuk waktu yang cukup lama,” kata Dee Murphy, seorang desainer interior. Sedangkan seprai yang kemudian Anda pakai akan menyebarkan bau harum itu ke seantero kamar. Senang kan jika setiap kali masuk rumah Anda disambut semerbak wangi bebungaan?

Manfaatkan tanaman hias Anda

“Tanaman di dalam ruangan selain mempercantik rumah juga bisa menebar aroma harum secara instan,” kata Turner. Banyak tanaman termasuk melati, kayu putih, gardenia, dan pandan yang menawarkan wewangian yang menenangkan. Tapi pastikan Anda merawat mereka dengan baik.

Baca juga: 7 Tanaman yang Bagus Untuk Sirkulasi Udara

Perhatikan ventilasi udara

“Tempel, gantung, atau letakkan saja pengharum ruangan di area ventilasi jendela. Saat udara berembus, baunya akan menyebar ke seluruh rumah Anda dengan aroma yang seragam dalam satu gerakan,” saran DelaCruz.

Harumkan dengan pelembut/pengering pakaian kekinian(dryer sheets)

Letakkan beberapa lembar pelembuat dan pengharum cucian di dalam lemari pakaian, meja rias, atau ruangan kecil lain di rumah. Wanginya bisa bertahan berbulan-bulan.

Singkirkan bau apek dengan penyerap bau

Bau apek ketika cuaca lembab, terutama di musim hujan akan bertahan cukup panjang. Cari dulu sumbernya lalu lakukan bersih-bersih. Setelah itu, gunakan bahan-bahan penyerap bau seperti cuka, jeruk, soda kue, bubuk kopi atau arang.

Diffuser minyak esensial

Sangat mudah digunakan. Anda tinggal mengisinya dengan air, menuangkan beberapa tetes minyak esensial dan nyalakan! Diffuser menciptakan kabut halus yang membawa aroma minyak esensial ke seluruh rumah Anda.

Pengharum kain

Jika Anda tidak punya diffuser, tak apa. Bisa diakali dengan cara cepat dan mudah ini: isi botol semprot kecil dengan air, beri sedikit soda kue, dan minyak esensial favorit Mommies. Kocok hingga tercampur dengan baik dan gunakan sebagai sempotan pengharum kain. Ini beberapa aroma rekomendasi kami: lavender, minyak jeruk seperti lemon, tangerine, jeruk manis, dan grapefruit.

Photo by Martin Jaroš on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top