Now Reading
10 Tips dan Porsi Makan Malam Saat Diet Agar Berat Badan Tetap Aman

10 Tips dan Porsi Makan Malam Saat Diet Agar Berat Badan Tetap Aman

Dhevita Wulandari

Rasa ingin makan malam saat sedang diet memang seringkali tidak tertahankan. Coba 10 tips dan atur porsi makan malam saat diet ini sebagai solusinya.

Makan malam ternyata bukan hanya penting untuk kekuatan fisik, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental, terutama untuk menenangkan pikiran. Meski begitu, makan malamnya tidak boleh sembarangan ya, Mommies. Sebaiknya, makan sebelum pukul 8 malam. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang masuk sebelum pergi tidur. Langsung tidur setelah makan malam, tidak baik untuk kesehatan karena perut masih dalam kondisi penuh.

Makan malam juga kerap dikaitkan dengan potensi naiknya berat badan. Banyak orang yang memilih langsung istirahat dan tidur, wajar jika takut apa yang dimakan justru hanya akan tersimpan sebagai lemak. Apalagi biasanya lemak hanya menumpuk pada bagian-bagian tertentu, misalnya seperti di perut.

BACA JUGA: Cara Diet Rendah Kolesterol dan Menu Lengkapnya

makan malam saat diet

Gambar dari Unsplash

Akhirnya, saat sedang diet, banyak orang menghindari makan malam karena takut berat badan bertambah. Padahal, menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan waktu makan. Karena sarapan, makan siang, dan makan malam adalah bagian penting dari melakukan diet. Mommies bisa mengikuti tips diet dan mengatur porsi makan malam berikut agar berat badan tidak naik.

Tips makan malam saat diet

Perlu diketahui bawah makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat meningkatkan gula darah, yang pada akhirnya malah membuat sulit tidur. Kondisi ini tentunya dapat berisiko menambah berat badan. Untuk membantu program penurunan berat badan, berikut beberapa tips makan malam saat diet yang bisa dilakukan.

1. Makan porsi ringan

Mengutip Times of India, makanan terakhir yang dikonsumsi dalam satu hari harus yang paling ringan. Tujuannya agar tidak terlalu banyak kalori yang harus dibakar ketika aktivitas fisik sedang rendah di malam hari.

2. Beri jarak waktu makan dan tidur

Jangan makan terlalu malam. Usahakan makan malam dilakukan sebelum jam 8 malam. Kemudian, beri jarak sekitar 2 hingga 3 jam antara waktu makan dan waktu tidur. Makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu ritme sirkadian yang dapat mendorong untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat pada malam hari.

3. Memulai dengan salad

Sebuah penelitian menunjukkan, memulai makan malam dengan salad bisa membantu menurunkan berat badan. Mengutip dari Eat This Not That, memulai dengan salad membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membuat merasa kenyang lebih lama.

4. Konsumsi makanan kaya serat

Dapat membantu menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan kaya serat juga dapat menimbulkan perasaan kenyang yang lebih tahan lama. Hal ini dapat membantu menghindari keinginan untuk ngemil di malam hari.

BACA JUGA: Ibu Menyusui Boleh Diet? Boleh! Ini Aturan Diet Ibu Menyusui

5. Konsumsi protein tanpa lemak

Protein tanpa lemak menjadi bagian penting untuk melakukan diet seimbang. Untuk makan malam, sebaiknya mengonsumsi protein tanpa lemak seperti daging ayam fillet atau ikan. Hindari makan daging merah.

6. Tetap terhidrasi

Penelitian menemukan bahwa minum air sebelum makan atau ngemil dapat menimbulkan perasaan kenyang, sehingga porsi makan akan menjadi lebih sedikit. Selain itu, minum air secara teratur sepanjang hari dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

7. Batasi penggunaan garam

Garam merupakan salah satu faktor lain yang dapat memengaruhi hidrasi. Jadi, sangat penting untuk memasak menu makan malam dengan sedikit garam. Daripada menggunakan garam, Mommies bisa menggunakan rempah seperti cabai rawit, kunyit, atau kayu manis.

8. Fokus pada makanan rumahan

Umunnya, orang mengonsumsi lebih banyak kalori saat mengonsumsi sajian makanan di restoran atau di tempat makan yang ada di luar rumah. Makanan rumahan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk sajian makan malam. Dengan makanan rumahan, Mommies bisa memastikan nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga tetap aman dan sehat untuk dikonsumsi tanpa takut berat badan naik.

Untuk tips makan malam saat diet lainnya dan porsi makan malam untuk diet selengkapnya dapat Mommies baca di halaman selanjutnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top