Now Reading
Cara Diet Rendah Kolesterol dan Menu Lengkapnya

Cara Diet Rendah Kolesterol dan Menu Lengkapnya

Dhevita Wulandari
Menu Diet Rendah Kolesterol - Mommies Daily

Ingin makan enak tapi takut kolesterol naik? Beberapa cara diet rendah kolesterol ini dan menu lengkapnya bisa dicoba nih, Mommies!

Kolesterol kerap dianggap sebagai penyakit yang jahat dan berbahaya bagi tubuh. Padahal, kolesterol sendiri merupakan salah satu senyawa dihasilkan dan juga dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, kolesterol dapat benar-benar berbahaya bagi kesehatan jika tidak menjaga pola makan yang sehat dan benar.

Pada dasarnya, ada dua jenis kolesterol darah. Pertama adalah low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang dikenal sebagai sumber dari berbagai masalah kardiovaskular. Lemak yang menumpuk kemudian akan membentuk plak dan menyumbat aliran pembuluh darah. Kedua adalah high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. HDL ini berperan untuk mengendalikan kadar LDL.

Mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi seperti gorengan, kulit ayam, kurang olahraga, dan terlalu banyak merokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Penderita kolesterol tinggi juga harus mempertimbangkan makan dengan menu diet yang baik. Ada sejumlah makanan dan minuman yang dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi secara alami.

Berikut cara diet rendah kolesterol yang bisa dilakukan

Photo by Edgar Castrejon on Unsplash

1. Tambah asupan serat laut
Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam alirah darah dan membuat merasa lebih kenyang ketika mengonsumsinya. Serat larut banyak ditemukan pada makanan seperti oatmeal, kacang merah, kacang hitam, wortel, brokoli, kubis, ubi, apel, dan pir.

2. Kurangi asupan lemak trans dan lemak jenuh
Lemak trans umumnya ditemukan pada margarin, popcorn, makanan cepat saji, produk roti dan kue-kue kering kemasan. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah dan dapat menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah arteri , sehingga dapat menyebabkan sumbatan pada aliran darah ke jantung dan otak. Sementara lemak jenuh biasanya berasal dari hewan antara lain daging merah, daging unggas, produk olahan susu seperti keju, es krim, dan mentega.

Baca juga: Aturan Diet Untuk Ibu Menyusui

3. Tambah asupan asam lemak omega-3
Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan dan fungsi otak, termasuk menurunkan tekanan darah. Mommies bisa mengonsumsi salmon, karamel, dan kacang kenari untuk mendapatkan kandungan asam lemak omega-3.

4. Tambah asupan buah dan sayur
Mengonsumsi buah dan sayur adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena keduanya mengandung kadar antioksidan tinggi yang mampu mencegah oksidasi LDL dan penumpukan plak di arteri.

5. Masak dengan bumbu herbal dan rempah
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih, kunyit, dan jahe sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur. Herba dan rempah juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah LDL teroksidasidan mengurangi pembentukan plak.

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Diet Pegan yang Sedang Menjadi Trend

Bagaimana dengan menu diet untuk penderita kolesterol?

Menu diet untuk penderita kolesterol

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Seperti yang sudah diketahui bahwa orang dengan kolesterol tinggi memiliki risiko akan penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Maka dari itu, orang dengan kolesterol tinggi sangat penting untuk memerhatikan asupan yang terdapat pada makanannya.

Mengutip dari Healthline, terdapat beberapa makanan dan minuman yang dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi jantung.

Berikut ini menu diet yang bisa dicoba untuk penderita kolesterol.

1. Alpukat
Alpukat disebut sebagai buah yan tinggi serat dan nutrisi, khususnya asam lemak tak jenuh tunggal, yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga bermanfaat untuk menjaga berat badan, menjaga kesehatan jantung dan mata, dan dapat mengontrol tekanan darah.

2. Sayuran kaya serat
Mengonsumsi sayuran kaya akan serat, rendah kalori, dan kaya antioksidan bisa menjadi pilihan untuk Mommies yang mengalami kolesterol tinggi. Kandungan tersebut bukan hanya baik bagi jantung, tapi juga baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dari banyaknya macam sayuran dan buah, beberapa yang bisa dicoba untuk dikonsumsi secara teratur adalah terong, wortel, kentang, apel, anggur, jeruk, dan stroberi yang diklaim efektif untuk menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: Inggrid Rahman, Diet Defisit Kalori Membuat Berat Badannya Turun 32 Kilogram

Selengkapnya untuk menu diet lainnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi lainnya bisa dibaca di HALAMAN BERIKUT ya, Mommies.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top