banner-detik
SELF

15 Makanan yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

author

Fannya Gita Alamanda01 Oct 2021

15 Makanan yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Ini dia 15 makanan yang bagus untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Memasukkan 15 makanan ini sebagai bagian dari diet bergizi dan seimbang dapat membantu jantung Anda dalam kondisi baik dan meminimalkan risiko terserang penyakit jantung.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Photo by Pranjall Kumar on Unsplash

Apa saja 15 makanan yang bagus untuk kesehatan jantung?

1. Herbal/ rempah

Ketika Anda menambahkan bumbu-bumbu segar ini (bawang putih, jahe, kunyit, kencur, daun salam, sereh, sage, rosemary, oregano, thyme) ke dalam makanan dan bukannya garam dan lemak jahat, itu adalah keputusan yang bijaksana untuk jantung Anda.

2. Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung antioksidan yang tinggi seperti flavonoid, menurunkan risiko jantung terkena plak kalsifikasi di arteri dan penyakit jantung koroner.

3. Red Wine

Resveratrol dan katekin, dua antioksidan di dalam anggur merah, dapat melindungi dinding arteri. Alkohol juga dapat meningkatkan HDL, kolesterol baik. Tapi, hati-hati, terlalu banyak alkohol berbahaya juga buat jantung. Jangan minum lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan maksimal dua gelas sehari untuk pria.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan omega-3, lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah. Salmon juga dapat menurunkan trigliserida dan menghambat peradangan.

5. Ikan Tuna

Tuna juga mengandung omega-3. Albacore (tuna putih) bahkan mengandung lebih banyak omega-3 daripada jenis tuna lainnya. Cobalah memanggang steak tuna dengan dill (tanaman rempah yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama adas manis/ adas sowa/ adas china) dan lemon. Sumber lain dari omega-3 adalah mackerel, herring, trout danau, sarden, dan ikan teri. Tips: pilih tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak, agar tetap sehat untuk jantung.

Baca juga: Tips Bersepeda yang Benar Untuk Kesehatan Jantung

6. Minyak zaitun

Minyak ini adalah lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Kaya akan antioksidan dan dapat melindungi pembuluh darah. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega (lemak jenuh) untuk bantu menurunkan kadar kolesterol. Untuk rasa terbaik, pilih yang cold-pressed dan gunakan sebelum 6 bulan.

7. Kenari

Segenggam kecil kenari sehari dapat menurunkan kolesterol, melindungi arteri jantung dari peradangan. Kenari mengandung omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal, serat, dan plant sterol yang mencegah penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah sehingga kolesterol berlebih tidak akan menyumbat arteri, melainkan keluar dari tubuh bersama dengan feses.

Baca juga:  Mengenal Gangguan Irama Jantung pada Ibu Hamil

 

Photo by Nacho Fernández on Unsplash

8. Almond

Almond cocok bersanding dengan sayuran, ikan, dan ayam, atau sebagai hidangan penutup. Bagus untuk jantung karena mengandung plant sterol, serat, dan lemak kacang almond juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL "jahat".

9. Edamame

Protein di dalam camilan sehat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secangkir edamame juga mengandung 8 gram serat yang luar biasa manfaatnya buat tubuh kita.

10. Tahu

Cara murah dan nikmat untuk mendapatkan bentuk protein kedelai vegetarian mengandung mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang sehat untuk jantung adalah dengan mengonsumsi tahu. Tips: Potong-potong tahu, marinasi, lalu panggang atau tumis dengan sedikit minyak. Atau tambahkan ke dalam sup sebagai protein dengan sedikit lemak tambahan.

11. Ubi jalar

Dengan indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang putih, ubi jalar tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Mereka juga mengandung serat, vitamin A, dan lycopene. Tip: tambahkan rasa manis alami dengan taburan kayu manis dan air jeruk nipis (hindari gula pasir).

12. Jeruk

Jeruk mengandung serat pektin untuk melawan kolesterol dan kalium yang membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, 2 cangkir air jeruk sehari mampu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah pada pria. FYI, jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 62 kalori dan 3 gram serat.

13. Teh Hijau

Teh hijau penuh dengan polifenol dan katekin (kadar LDL dan kolesterol total yang lebih rendah), yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung Anda.

14. Bawang putih

Bawang putih dan komponennya terbukti bantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Si mungil penuh khasiat ini juga dapat menghambat penggumpalan darah. Jika sanggup, mengonsumsi bawang putih mentah sangat dianjurkan atau jika ingin dijadikan sebagai bumbu masak, remukkan dulu dan diamkan beberapa menit sebelum dimasak. Ini memungkinkan terbentuknya allicin, memaksimalkan potensi manfaatnya untuk kesehatan.

15. Blueberi

Blueberi mengandung anthocyanin, antioksidan yang membantu kerja pembuluh darah. Antioksidan inilah yang menyebabkan warna biru tua pada buah bluberi. Selain itu, bluberi juga banyak mengandung serat yang membuat jantung dan pencernaan kita sehat.

Photo by DESIGNECOLOGIST on Unsplash

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan