Now Reading
4 Penyebab Perempuan Sulit Hamil

4 Penyebab Perempuan Sulit Hamil

adiesty

Memiliki anak tidak selalu menjadi perkara mudah. Banyak pasangan yang tak kunjung mendapat momongan. Berikut empat penyebab perempuan sulit hamil.

Setelah menikah, hampir setiap pasangan pasti ingin segera memiliki anak. Namun, itu bukan hal mudah bagi beberapa orang. Begitu pula untuk mendapatkan anak kedua atau ketiga. Ketika ingin menambah momongan, hasil test pack tidak kunjung positif.

Menurut dr. Yusfa Rasyid, SpOG, dokter kebidanan dan kandungan yang saat ini berpraktek di RS YPK Mandiri, ada beberapa faktor penyebab perempuan sulit hamil. Berikut di antaranya.

1. Infeksi pemakaian KB spiral

Bagi Mommies yang sebelumnya menjaga jarak kehamilan, pasti menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah ‘kebobolan’. Salah satu yang kerap digunakan adalah IUD atau KB Spiral. Menurut dr. Yusfa, pada kasus tertentu, alat kontrasepsi ini dapat menimbulkan efek samping berupa infeksi. Mommies pun jadi sulit untuk hamil lagi

“Pada pemakaian spriral, setelah tidak menggunakannya lagi yang perlu dicek itu adalah apakah ada kenaikan berat badan atau tidak, apakah menstruasi berjalan dengan teratur, lalu cek saluran telur. Salah satu efek samping dari pemakaian spiral adalah terjadinya infeksi, yang bisa menyebabkan saluran telur jadi tersumbat. Untuk itulah pastikan dulu apakah saluran telurnya masih baik atau tidak. Ada infeksi atau tidak dalam dinding rahim,” papar dr. Yusfa.

Agar mengetahui kondisinya dengan lebih jelas, dr. Yusfa menyarankan untuk melakukan pengecekan Histerosalpingografi (HSG). Ketika terbukti Mommies tidak memiliki infeksi, selanjutnya suami juga perlu diperiksa. Ia menambahkan, risiko terjadinya infeksi setelah menggunakan alat kontrasepsi spriral juga tidak terlalu besar sehingga Mommies tidak perlu khawatir.

2. Kerusakan pada saluran tuba

Seperti yang sudah diterangkan dr. Yusfa SpOG di atas, ada baiknya memeriksa kesehatan saluran tuba terlebih dulu. Ini karena penyumbatan saluran tuba memengaruhi kesuburan perempuan. Bahkan katanya, kerusakan pada saluran tuba merupakan penyebab kemandulan hampir 30 persen. Ini tidak mengherankan karena penyumbatan saluran tuba menyulitkan sel sperma mencapai sel telur dan mencegah sel telur ke arah rahim.

3. Menoupause dini

Mommies juga perlu mengecek siklus menstruasi, apakah masih normal atau tidak.  Apabila siklusnya sudah tidak teratur, dikhawatirkan Mommies menuju menopause dini. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulannya terhenti.

4. Gaya hidup

Tak dapat dipungkiri, gaya hidup berperan penting pada fungsi kerja tubuh kita. Coba dilihat lagi, apakah Mommies masih sering menyantap makanan cepat saji dan jarang olahraga? Bagaimana pun juga, kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat bisa memengaruhi kesuburan.

Berat badan berlebih juga bisa menyebabkan sulit hamil. Sel-sel lemak yang terlalu banyak menyebabkan kelebihan produksi estrogen sehingga ovulasinya tidak teratur.

Itu dia beberapa faktor yang bisa menyebabkan perempuan sulit hamil. Konsultasikan ke dokter, tetap semangat dan optimis untuk mendapat momongan ya, Mommies!

BACA JUGA:

Sulit Hamil? Jangan-jangan Alergi Sperma

8 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hamil

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top