Now Reading
8 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hamil

8 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hamil

RachelKaloh

Hamil sehat itu butuh usaha! Dengan persiapan matang, kita bisa terhindar dari keluhan sepanjang masa kehamilan. Ini hal yang wajib dilakukan sebelum hamil!

Sehat dan aktif selama kehamilan itu bukan hal yang mustahil, lho, Mommies, asalkan kita mempersiapkan keadaan fisik dan tubuh kita dari sebelum hamil. Dengan fisik yang lebih siap, risiko mengalami keluhan selama kehamilan tentunya akan jauh berkurang. Nggak hanya buat pasangan yang baru menikah, Mommies yang ingin punya anak lagi juga wajib melakukan hal ini.

Persiapan mental

Menjadi orang tua berarti akan menjalankan peran tersebut seumur hidup. Ada banyak tanggung jawab yang akan kita tanggung. Siapkah kita menghadapinya? Menghadapi anak ketika tantrum, menghadapi anak saat sakit, membagi waktu antara kesibukan kita dan memberikan perhatian pada anak. Bekali diri kita dengan pengetahuan dan pemahaman yang banyak tentang bagaimana cara kita mengasuh serta membesarkan anak

Persiapan finansial

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Selama tengah mempersiapkan masa kehamilan, hal yang tak kalah penting lainnya adalah persiapan finansial.  Mulai dari biaya menjalani kehamilan, biaya persalinan, biaya untuk membeli keperluan si kecil, bahkan hingga urusan asuransi serta pendidikan mereka nanti. Perlu perencanaan secara mendetail dalam persiapan finansial dalam membesarkan anak.

Baca juga: Jenis-jenis Tes Kesuburan Untuk Pria dan Biayanya

Memilih support system

Dalam masa mempersiapkan kehamilan, support system terdekat tentu saja bersumber dari pasangan. Selain itu,  kita juga dapat bergabung dalam beberapa komunitas lainnya, seperti komunitas promil hingga komunitas ibu hamil agar kita pun juga dapat dilengkapi dengan info-info seputar kehamilan dan saling mendukung satu sama lain.  Mommies juga dapat rutin untuk mengonsultasikan program kehamilan dengan dokter kandungan yang memang sesuai dengan kebutuhan Mommies.

Melakukan tes medis

Kehamilan sebaiknya tetap direncanakan. Artinya, berbagai persiapan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk risiko melahirkan bayi cacat. Tentunya, Mommies dan pasangan perlu menjalani beberapa tes medis yang bertujuan untuk memastikan bahwa kalian tidak memiliki penyakit tersembunyi yang belum diketahui. Mulai dari tes darah untuk mendeteksi adanya penyakit keturunan, tes penyakit menular seksual, pemeriksaan pap smear pada area serviks, hingga tes untuk menilai apakah sperma pasangan Mommies dalam keadaan sehat atau tidak.

Baca juga: 6 Tes Wajib Untuk Calon Ibu dan Ayah

Konsisten berolahraga

Kunci agar tubuh tetap bisa fit setiap hari salah satunya adalah dengan rajin berolahraga, apalagi bagi Mommies yang sedang merencanakan kehamilan. Usahakan untuk rutin berolahraga, jangan baru memulai aktivitas ini ketika sudah hamil karena tubuh akan lebih kesulitan dalam menyesuaikan kondisi tubuh, apalagi kalau sebelum hamil Mommies terbilang jarang bergerak. Oleh karena itu, bangun kebiasaan berolahraga dengan konsisten ketika kita sedang merencanakan kehamilan. 

Mengurangi kebiasaan begadang

Begadang menjadi sebuah aktivitas yang seringkali kita anggap sudah biasa. Meski pekerjaan seringkali menjadi alasan seseorang untuk begadang, jika dari diri sendiri sudah ada niatan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih teratur, pasti bisa kok, Mommies! Usahakan untuk mengatur waktu sebaik-baiknya setiap hari supaya pekerjaan dapat diselesaikan di siang hari tanpa perlu mengorbankan waktu istirahat yang kita miliki di malam hari.

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan sialat

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk memperoleh kehamilan sehat adalah mencukupi kebutuhan asam folat. Kita bisa mendapatkan kebutuhan asam folat tersebut dari berbagai jenis makanan, seperti brokoli dan jenis sayuran hijau lainnya. 

Agar kebutuhan konsumsi asam folat ini lebih mudah dan praktis, Mommies dapat mengikuti program 12 hari Fit with Realfood Super Mom. Dengan formulasi semi-concentrated, program Realfood Super Mom ini dapat membantu para calon ibu saat tengah mempersiapkan rencana kehamilan. Program ini berbahan dasar sarang burung walet dan mengandung asam folat serta asam sialat. Kandungan asam folat di dalamnya berperan sebelum dan saat kehamilan, seperti membantu meningkatkan kesuburan calon ibu serta sebagai bekal perkembangan janin. Sedangkan untuk  kandungan asam sialat sendiri dapat membantu kesehatan rahim dan sistem reproduksi wanita. Selain itu, asam sialat juga membantu meningkatkan imunitas tubuh dan sistem reproduksi sehingga Mommies lebih siap saat menerima masa kehamilan.

Sama halnya dengan olahraga, konsumsi Realfood sebaiknya juga dilakukan secara konsisten selama 12 hari setiap bulannya. Tidak perlu ragu akan keamanan kemasannya karena Realfood diproduksi secara steril sesuai dengan standar ISO 22000 dan sudah terdaftar di BPOM serta bersertifikasi HALAL.

Program ini pun juga dapat bertahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan sebelum dibuka, meskipun tanpa bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Hal tersebut karena program Realfood sudah melalui proses produksi yang steril dan menggunakan system vacuum cap yang sudah terbukti aman.

Tidak hanya itu, program sehat Realfood ini juga memiliki berbagai varian program sehat lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Stay Fit, Royal Wellness, Pure Wellness, Ever Glow, Ever Glow+, Hair Power, Bright Sight, dan Forever Glow.

Lebih memerhatikan kandungan nutrisi pada apa yang dikonsumsi

Kalau sebelumnya nggak banyak mikir ketika mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari, kali ini mindset kita perlu diubah, Mommies! Kini, saatnya kita memilih asupan makanan yang mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Konsumsi makanan setengah matang atau mentah seperti sushi mungkin sah-sah saja bagi sebagian orang. Namun, buat mereka yang ingin merencanakan kehamilan, sebaiknya dihindari terlebih dulu. Demikian pula dengan minuman berkarbonasi maupun minuman yang mengandung kadar gula tinggi karena bisa meningkatkan risiko diabetes pada kehamilan. Makanan pun demikian, pastikan menunya lengkap dan juga bernutrisi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi program sehat 12 hari Fit with Realfood Super Mom setiap hari, ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top