Now Reading
5 Aplikasi Wajib UMKM Pemula

5 Aplikasi Wajib UMKM Pemula

dewdew
aplikasi wajib umkm

Buat mommies yang baru buka bisnis kecil-kecilan, ada 5 aplikasi wajib UMKM yang bisa digunakan untuk membantu melancarkan usaha.

Siapa di sini mommies yang sejak pandemi mulai coba-coba usaha? Jual tanaman, makanan, bahkan sprei? Buat mommies yang kini resmi menyandang status owner UMKM, bagaimana kalau cek beberapa aplikasi berikut ini. Aplikasi wajib UMKM pemula yang akan memudahkan proses dagang ;) Don’t worry, aplikasi berikut ini user friendly banget, kok! Gratisan lagi.

Akuntansi UKM – Money Manager

Aplikasi laporan pencatatan keuangan ini sebenarnya bukan hanya dapat digunakan untuk UKM mikro, tapi juga medium business.  Janjinya, sih, nggak bakalan ada iklan di dalamnya, plus dilengkapi dengan Help dan Ebook di dalam google drive, yang bisa diakses melalui aplikasi. 

Salah satu fitur utama yang bisa mommies dapatkan adalah mencatat semua transaksi usaha alias laporan keuangan tanpa ada batasan periode. Kalau wifi atau koneksi internet lagi mati, sangat bisa diakses secara offline. Jangan lupa di-save tapi, ya. Interface-nya sederhana banget. Jadi kalau mommies mau sekalian mencatat pengeluaran rumah tangga sehari-hari, bisa juga dilakukan di sini. 

Si Apik dari Bank Indonesia

Aplikasi yang bisa mommies install melalui playstore ini merupakan aplikasi pencatatan informasi keuangan keluaran Bank Indonesia, lho.  Aplikasi pembukuan ini bisa mencatat jenis transaksi sederhana bagi usaha perorangan (usaha mikro) maupun juga usaha kecil. 

Plusnya pada aplikasi ini adalah, standard pencatatan keuangan mengacu kepada standard yang disusun oleh Bank Indonesia bersama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Jadi, sistem pencatatannya sudah baku, diakui dan dapat diterima oleh perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Laporan-laporan dari aplikasi sangat bisa dijadikan landasan bagi pengajuan pembiayaan (kredit) kepada perbankan maupun lembaga keuangan lainnya kalau sekiranya mommies mau mengembangkan usaha. 

Sajian laporan keuangannya meliputi Neraca, Laba Rugi, Arus Kas dan Rincian Pos Keuangan. Di samping itu, PTK juga dilengkapi dengan laporan kinerja keuangan mencakup solvabilitas, likuiditas, profitabilitas, perputaran modal kerja, kinerja operasional dan repayment capacity dengan penjelasan yang ringkas dan mudah dipahami. Lengkap, ya. 

Baca juga: 8 Pilihan Usaha Sampingan Di Rumah yang Bisa Dicoba

Jubelio

Aplikasi lain yang berhubungan dengan pembukuan adalah Jubelio. Kalau yang ini memang berbasis web. Kelebihannya sendiri adalah Jubelio sangat mungkin diintegrasikan ke akun marketplace mommies. Jadi mommies nggak usah susah-susah input data manual di beda aplikasi atau pembukuan sendiri, karena arus jual beli, laporan keuangan, jurnal, hingga stok bisa diakses dalam 1 dashboard. 

Dengan kata lain, Jubelio merupakan pembukuan usaha mommies yang terhubung secara langsung ke marketplace, atau toko fisik secara otomatis.

CANVA – Aplikasi Desain Grafis

Hari gini, kalau sudah punya usaha, kudu wajib memasarkan produknya pada pengguna social media. Karena apa? Ya, karena mereka merupakan target pasar yang sangat menjanjikan. Lalu bagaimana, dong, memasarkan produk di Instagram misalnya? IG, kan, visual banget. Sementara mommies nggak ada pengalaman desain sama sekali yang bisa bikin produk jualan terlihat menarik. Eits, don’t worry, ada CANVA. Canva merupakan platform desain grafis yang dapat membantu pelaku UMKM untuk membuat konten marketing tanpa perlu punya latar belakang sebagai desain grafis. Di CANVA banyak sekali template desain mulai dari desain kartu nama, post social media, bahkan mengkreasikan logo produk mommies sendiri. Ada yang gratis, ada juga layanan berbayar. Yang pasti, kalau mommies bayar langganan, fiturnya akan jauh lebih lengkap. Mommies bisa akses akun CANVA melalui desktop dan juga mobile. Gampang, kan?

Hootsuite – Social Media Management

Punya aplikasi laporan keuangan sudah, bikin sendiri materi promosi juga sudah, apa lagi, nih, yang bisa melengkapi? Biasanya kalau sudah ngurusin yang namanya barang dagangan, mommies suka lupa update atau posting di akun Instagram atau Facebook mommies. Untuk itulah Hootsuite hadir. Hootsuite pada dasarnya bisa digunakan oleh semua bentuk usaha bisnis, mulai dari skala UKM, hingga besar. Bedanya hanyalah SDM yang mengoperasikannya. Hootsuite merupakan social media management yang terintegrasi dengan akun media sosial mommies nantinya. Dalam 1 dashboard, mommies bisa akses beberapa akun sosial media sekaligus. Mulai dari post schedule, membalas komen, hingga memantau inbox atau direct message yang masuk tanpa harus membuka aplikasi satu-satu. 

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja dan Memilih Pelatihan yang Tepat

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top