Now Reading
7 Gerakan Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut Buncit

7 Gerakan Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Dhevita Wulandari

Ingin mengecilkan perut buncit hanya dengan olahraga di rumah? Berikut 7 gerakan olahraga yang mudah dilakukan untuk mendapatkan perut rata.

Mempunyai perut buncit kerap kali membuat kepercayaan diri seseorang menurun karena dianggap mengganggu penampilan. Selain itu, perut buncit juga tidak baik untuk kesehatan karena adanya lemak yang mengendap pada perut dan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Dikutip dari Healthline, lemak perut atau yang disebut sebagai lemak visceral merupakan faktor risiko utama yang menyebabkan diabetes tipe 2, sakit jantung, gangguan metabolik, dan penyakit serius lainya.

Namun tidak perlu khawatir karena perut buncit dapat dikecilkan kok, Mommies. Untuk mengecilkan perut buncit, ada beberapa hal yang bisa dilakukan mulai dari makan-makanan yang sehat, kunyah makanan secara perlahan, minum air putih secara teratur, tidur teratur, hingga berolahraga.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Alat untuk Olahraga di Rumah

Gerakan olahraga dapat mengurangi lemak perut dengan lebih cepat sehingga dapat menjadi pilihan aktivitas yang tepat untuk mengecilkan perut buncit. Tidak perlu melakukan gerakan olahraga yang rumit dan berat, cukup dengan melakukan gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan tidak memerlukan peralatan khusus, seperti berikut ini.

  1. Burpees

burpees

Gambar dari: Thinkstock/Blanaru

Burpees adalah jenis olahraga yang memerlukan pergerakan tubuh secara intens dan diklaim dapat mempercepat pembakaran lemak perut dibandingkan gerakan olahraga lainnya jika dilakukan secara teratur. Selain membakar lemak, gerakan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu membangun otot tubuh yang kuat.

Menurut penelitian dari American College of Sports Medicine dalam Men’s Health, melakukan gerakan burpees secara berulang sebanyak 10 kali sama efektifnya seperti lari cepat selama 30 detik untuk meningkatkan metabolisme tubuh .

2. Plank

plank

Gambar dari: iStockphoto/monkeybusinessimages

Plank adalah olahraga yang bisa dilakukan tanpa menggunakan alat berat. Hanya perlu menyediakan matras, plank dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Gerakan plank efektif untuk mengecilkan perut yang buncit karena melibatkan banyak otot sekaligus membakar lemak di perut. Selain itu, plank juga baik untuk kesehatan tubuh karena juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit punggung, membuat badan lebih lentur, dan membuat perut lebih kencang.

Dalam melakukannya, terdapat beberapa variasi gerakan seperti plank leg lift, side plank, arm plank, dan masih banyak lagi.

  1. Russian twist

russian twist

Gambar dari: Women’s Health

Gerakan olahraga selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah russian twist, yang merupakan gerakan untuk melatih sekaligus menguatkan otot perut, punggung, dan pinggul, serta memperbaiki postur tubuh. Sehingga, gerakan ini ampuh untuk menghilangkan lemak di perut.

Meski gerakannya terlihat simple, namun russian twist dapat membantu otot berkontraksi dengan baik dan membuat perut lebih kecang. Jika Mommies baru akan mencoba gerakan ini, sebaiknya tidak langsung melakukannya dengan memegang alat berat agar terhindar dari risiko cedera seperti nyeri dan keseleo.

Untuk gerakan olahraga mengecilkan perut buncit selanjutnya dapat di baca selengkapnya di sini.

BACA JUGA: 

Mengencangkan Otot Perut dengan Gerakan Yoga

Cara Mendapatkan Perut yang Rata

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top