Now Reading
Keseruan Acara Mommies Daily School Week, Bincang-bincang dengan Sekolah dan Para Ahli!

Keseruan Acara Mommies Daily School Week, Bincang-bincang dengan Sekolah dan Para Ahli!

MD School Week

Ingin tahu keseruan rangkaian Mommies Daily School Week? Simak rangkuman acaranya berikut yuk, Mommies!

Rangkaian acara Mommies Daily School Week sudah diselenggarakan pada 13-17 September 2021 lalu. Dalam kesempatan tersebut, beberapa Sekolah Dasar (SD) di Jabodetabek seperti Sampoerna Academy BSD, Sekolah Bina Gita Gemilang, Nizamia Andalusia, serta Sekolah Citta Bangsa Cibubur, berbagi cerita tentang kurikulum, metode pengajaran, nilai-nilai, hingga fasilitas yang ada di sekolah mereka.

Selain itu, ada pula bincang-bincang seru dengan para ahli yang masih berkaitan dengan mempersiapkan anak masuk sekolah. Ada dr. Meta Hanindita, Sp.A yang membahas tentang “Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah Dasar”, Annisa Steviani, Certified Financial Planner yang akan mengupas tuntas rencana pendidikan anak sejak dini, serta psikolog Pritta Tyas, M.Psi dan Ratna Kusumawati M.Psi yang membantu menjawab pertanyaan orang tua mengenai kesiapan mental Si Kecil untuk masuk sekolah.

Nah, seperti apa sih keseruan dari Mommies Daily School Week kemarin? Berikut rangkuman acaranya ya, Mommies!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MommiesDaily (@mommiesdailydotcom)

Hari Pertama

Memaksimalkan Potensi Anak Bersama Sekolah Citta Bangsa

Rangkaian acara Mommies Daily School Week dibuka dengan sharing bersama Sekolah Citta Bangsa Cibubur. Pada kesempatan tersebut, Oktina Burlianti, M.Si, Direktur Sekolah Citta Bangsa mengungkapkan bahwa sekolahnya memiliki tagline “Setiap anak adalah cerdas tanpa terkecuali”. Dengan kata lain, Sekolah Citta Bangsa meyakini bahwa setiap anak memiliki salah satu atau beberapa kecerdasan yang menonjol. Oleh sebab itu, mereka menerapkan metode Multiple Intelligences dalam proses observasi dan eksplorasi perkembangan kecerdasan siswa.

“Setiap anak adalah cerdas. Dengan metode pengajaran kami, untuk masing-masing anak dicari tahu dulu apa kemampuannya. Misalnya, jika jago di bidang musikal, kemudian dia kesulitan di mata pelajaran lainnya, maka kami melakukan pendekatan dengan musik,” ungkap Oktina.

Ia menambahkan, hal tersebut dilakukan untuk mengenali kekuatan dan kelebihan dalam diri anak sehingga potensi dan kemampuannya dapat dikembangkan secara optimal.

Hari Kedua

Penuhi kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah Dasar

Pada sesi ini, Mommies Daily School Week menghadirkan dr. Meta Hanindita, dokter spesialis anak. Menurut dr. Meta, faktor terpenting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak usia Sekolah Dasar adalah mempertimbangkan mikronutrien dan makronutriennya. Selain itu, perlu memperhatikan kebutuhan tidurnya, sekitar 8-10 jam per hari. Bisa dibagi dengan tidur siang dan tidur malamnya.

Dr. Meta juga mengungkapkan bahwa agar tetap bugar, anak harus selalu bergerak aktif, minimal 60 menit per hari. Jangan lupa selalu pantau perkembangan tinggi dan berat badan anak sesuai dengan kurva CDC ya, Mommies!

“Lebih baik selalu dicatat ya, Mommies. Agar ketika ada masalah, Mommies bisa mencari tahu apa penyebabnya dan dapat segera ditangani,” kata dr. Meta.

Hari Ketiga

Di Balik Pintu Bina Gemilang

Setelah Sekolah Citta Bangsa, di hari ketiga, Mommies Daily School Week kembali berbincang-bincang dengan perwakilan sekolah. Kali ini ada Yannik Herawati, Kepala Sekolah Bina Gita Gemilang. Masih melalui Instagram Live @mommiesdailydotcom, Yannik mengungkapkan bahwa Sekolah Bina Gita Gemilang menggunakan kurikulum Cambridge Primary. Kurikulum ini dipilih karena ingin mengembangkan sikap kritis anak. Dengan begitu, anak terbiasa untuk tidak langsung menelan apa pun yang dia lihat.

Sekolah Bina Gita Gemilang memiliki motto “From Each His Best” dan berusaha untuk mengembangkan minat dan bakat anak dengan beberapa program yang dimilikinya. Salah satunya adalah Talent Development Program, di mana anak diajarkan untuk berani tampil dan mengeksplor setiap bakat yang dimilikinya.

Sekolah yang berlokasi di Tebet ini juga berkomitmen mendidik setiap anak menjadi pembelajar sepanjang hayat yang cinta untuk belajar serta belajar untuk mencintai.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MommiesDaily (@mommiesdailydotcom)

Hari Keempat

The Second Home Nizamia Andalusia

Di hari keempat, Mommies Daily School Week mengajak para orang tua untuk berkenalan dengan sekolah Nizamia Andalusia. Sekolah ini memiliki tagline ”Rumah Kami Kedua” yang diberikan oleh orang tua murid pada tahun 2009. Hal ini menggambarkan bagaimana sekolah berusaha menjadi tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh siswa dan siswi.

Selama pandemi COVID-19, sekolah Nizamia Andalusia berusaha untuk memudahkan proses belajar anak. Misalnya dengan mengadakan Drive In Learning hingga memberikan drawing tab kepada para murid.

Rencanakan Dana Pendidikan Sejak Dini

Saat memutuskan untuk memiliki anak, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah memastikan bahwa mereka akan mendapat pendidikan yang layak. Tidak hanya melihat tentang kurikulum dan metode pelajarannya, tapi juga merencakanan dana pendidikan mereka. Apalagi, diketahui bahwa biaya sekolah akan naik setiap tahunnya.

Di hari keempat, Annisa Steviani, Certified Financial Planner, memberikan beberapa tips kepada para orang tua yang ingin mempersiapkan biaya sekolah anak. Menurut Annisa, sebaiknya merencanakan anggaran sekolah dilakukan sejak dini—bahkan dari masa kehamilan jika perlu.

Nah, selain itu, jangan hanya memikirkan untuk biaya SD saja, tetapi langsung fokus ke jenjang pendidikan tertinggi yaitu universitas. Mommies juga harus rajin mengecek kenaikan inflasi agar bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan.

Hari Kelima

Kenali Tanda-tanda Si Kecil Siap Masuk Sekolah Dasar

Idealnya, usia enam atau tujuh tahun memang sudah bisa masuk sekolah. Namun, dari hasil perbincangan dengan Pritta Tyas dan Ratna Kusumawati di Mommies Daily School Week, pertimbangan kapan anak masuk Sekolah Dasar (SD) tidak terletak pada kriteria usia saja. Bahkan, saat anak sudah lancar baca tulis, jika perkembangan emosionalnya belum maksimal, kemungkinan anak juga belom siap masuk SD.

Oleh sebab itu, kesiapan anak masuk SD juga harus diukur dari aspek perkembangan mental, sosial, bahkan emosional anak.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MommiesDaily (@mommiesdailydotcom)

Apa sih STEAM Learning? Kenali Lebih Dalam Bersama Sampoerna Academy

Sampoerna Academy merupakan sekolah internasional yang menawarkan pendidikan holistik berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math). Ini dilakukan agar murid-murid di Sampoerna Academy siap bersaing di panggung global. Sampoerna Academy memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan yang positif, aman, dan terpelihara di mana anak-anak dapat belajar sesuai dengan cara belajar mereka yang terbaik.

Sampoerna Academy juga menerapkan nilai-nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence). Enam nilai ini untuk mengembangkan karakter seluruh siswanya.

Nah, itu dia rangkuman keseruan rangkaian acara Mommies Daily School Week. Untuk lebih lengkapnya, bisa ditonton di Instagram Live @mommiesdailydotcom ya, Mommies!

BACA JUGA:

MD School Week, Event Seru untuk Para Orang Tua yang Sedang Mencari Sekolah Dasar Untuk Anak

Siapkan 6 Hal Ini Ketika Anak Masuk Sekolah Dasar

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top