banner-detik
LIFESTYLE

15 Cara Aman Usir Semut di Rumah

author

Dhevita Wulandari22 Sep 2021

15 Cara Aman Usir Semut di Rumah

Gerombolan semut di dalam rumah mulai terasa mengganggu? Lakukan 15 cara aman ini untuk usir semut.

Kehadiran semut pasti selalu ada pada setiap rumah. Jika hanya sekadar lewat dan hanya ada beberapa, mungkin kehadirannya tidak akan terlalu mengganggu. Namun, bagaimana jika semut mulai muncul secara rombongan hingga bersarang di dalam area rumah? Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan makanan yang kita simpan.

Semut biasanya menyasar berbagai tempat seperti meja makan untuk mengerubungi makan. Pada beberapa kasus, semut-semut tersebut malah bersarang di dalam colokan listrik hingga membuat daya listrik tidak berfungsi pada colokan tersebut.

Banyaknya semut di dalam rumah bisa disebabkan oleh kondisi sirkulasi di dalam rumah yang kurang baik dan lembap. Sehingga, pastikan selalu untuk membuka pintu dan jendela rumah setiap harinya agar mendapatkan sirkulasi udara baru yang segar dan menghilangkan pengap di dalam rumah.

Apabila kehadiran semut sudah sangat mengganggu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir dan membasminya. Salah satunya dengan menggunakan cairan pembasmi serangga yang tergolong cukup ampuh mengusir semut. Namun, penggunaan cairan pembasmi serangga ini dapat menimbulkan rasa kurang nyaman, seperti munculnya pusing atau mual akibat keracunan insektisida yang tidak sengaja terhirup.

Baca juga: Tips Usir Kecoa dan Tikus yang Sering Muncul di Musim Hujan

Untuk lebih aman, Mommies bisa gunakan cara lain seperti 15 cara aman usir semut di rumah:

1. Tanah diatom

Tanah diatom mengandung silika dan bersifat lembut, serta mudah hancur menjadi bubuk halus yang dapat digunakan dalam berkebun untuk membasmi kutu tanaman dan dapat digunakan juga untuk membunuh serangga. Caranya cukup dengan taburkan bubuk diatom ke tempat yang dikerubungi semut. Jangan lupa gunakan sarung tangan agar tidak terkena kulit, dan untuk lebih aman sebaiknya gunakan masker agar tidak terhirup.

2. Cairan pembersih kaca dan detergen

Cairan pembersih kaca yang dicampur dengan detergen dapat langsung disemprotkan ke sarang atau tempat yang dikerubungi semut. Meskipun belum ada penelitian resmi, metode ini diklaim ampuh untuk membasmi semut.

3. Sabun cuci tangan

Tidak hanya berguna untuk membersihkan tangan saja, ternyata larutan sabun cuci tangan juga ampuh untuk membasmi semut. Caranya mudah dengan hanya menyemprotkan larutan pada area bersemut, misalnya semut yang berkerumun di meja makan. Namun, pastikan makanan di meja tertutup sebelum menyemprotnya.

4. Lada atau cabai bubuk

Sebagai bumbu untuk makanan, lada atau cabai bubuk juga dapat digunakan dengan menaburkannya di sekitar makanan manis agar tidak membuat semut mendekat. Hal ini dikarenakan semut sangat membenci aroma yang pedas.

5. Daun peppermint

Sama seperti lada atau cabai bubuk, semut juga tidak menyukai aroma peppermint. Sehingga, tanaman daun peppermint juga cocok sekali digunakan untuk membasmi serangga seperti semut dengan meletakkannya di area yang banyak semutnya.

6. Tea tree oil

Larutan semprot dengan racikan minyak esensial tea tree oil dan air dapat menjadi solusi untuk mengusir semut. Caranya dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan 2 gelas air, kemudian semprot secukupnya ke area yang dikerumuni semut. Hindari penyemprotan di dekat hewan peliharaan.

7. Lemon

Dapat membuat ruangan lebih segar, cairan pel beraroma lemon juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk membasmi semut yang berkeliaran di lantai dan di sudut-sudut rumah.

8. Eucalyptus

Dinilai lebih efektik, membasmi semut dapat dilakukan dengan menggunakan semprotan berbahan eucalyptus. Hindari penyemprotan dari anak-anak dan pastikan ketika menyemprotnya jauh agar tidak mengenai mata.

Untuk cara aman mengusir semut selengkapnya dapat dibaca di halaman selanjutnya.

Photo by Amit Talwar on Unsplash

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan