Now Reading
10 Tips Usir Kecoa dan Tikus yang Sering Muncul di Musim Hujan

10 Tips Usir Kecoa dan Tikus yang Sering Muncul di Musim Hujan

kecoa dan tikus

Hati-hati sama kemunculan kecoa dan tikus yang kian banyak selama musim hujan. Usir dengan 10 cara berikut ini.

Saya perhatikan, kecoa dan tikus, dua jenis binatang penghuni tempat-tempat kotor, makin banyak berkembang biak seiring berlangsungnya musim hujan. Kalau di rumah saya terutama tikus, ya. Memang sih adanya di luar rumah, tapi risih, kan, ngeliat si hitam lincah itu berkeliaran. 

Kecoa diketahui membawa 33 jenis bakteri, termasuk bakteri Escherichia coli (E.coli), dan 6 jenis parasit, aaaak serem banget. Dan tikus dapat menyebabkan penyakit leptospirosis. Ditularkan melalui urine dan fesesnya, saat terinfeksi penyakiut ini, seseorang akan sakit kepala, demam, ruam, nyeri otot hingga muntah. 

Baca juga: Waspada Serangan Bakteri Leptospirosis, di Musim Hujan

Nggak mau dong, rumah dan lingkungan mommies berpotensi menjadi sarang berbagai penyakit karena dua binatang tersebut? Jadi coba yuk hempaskan dengan beberapa kiat di bawah ini. Beberapa di antaranya ramah lingkungan. 

Cara Mengusir Kecoa

1. Campuran soda kue dan gula

Mirip mau buat kue ya campurannya? Hahaha. Nah, dua bahan iini faktanya efektif bantu membunuh kecoa, bahkan mengurangi populasi mereka. 

Cara: campurkan kedua bahan tadi dengan komposisi yang sama, lalu taruh pada ¼ cangkir. Setelah itu, taburkan di area rumah yang biasanya dihinggapi atau jalur kecoa hilir mudik. Biasa sih tempat favorit mereka kamar mandi atau tumpukan barang. Lakukan hal ini secara berkala dan sesering mungkin.

2. Daun salam

Lagi-lagi asalnya dari dapur mommies, nih. Daun salam mampu mengusir kecoa karena aromanya menyengat sekaligus dibenci kecoa. 

Cara: siapkan beberapa lembar daun salam, lalu haluskan. Bisa menggunakan ulekan atau diblender saja supaya cepat. Setelah itu, taburkan bubuk daun salam di beberapa tempat yang jadi favorit kecoa.

3. Ampas kopi dan petroleum jelly

Mulai sekarang jangan buang ampas kopi di rumah, mari re-use untuk mengusir kecoa, dipadukan dengan petroleum jelly.

Cara: isi topleas dengan ampas kopi, dan tambahkan air, tapi jangan sampai memenuhi toples. Setelah itu, oleskan petroleum jelly ke sisa bagian toples yang tidak terendam air. Supaya pas kecoa masuk dia tidak bisa melarikan diri dan menempel. 

Taruh toples di tempat-tempat favorit kecoa. Jadi mommies bisa bikin jebakan ini lebih dari satu toples. 

4. Lemon

Wow agak mewah bahan untuk usir kecoa yang satu ini. Menurut saya akali dengan menggunakan lemon lokal, yang harganya jauh lebih murah. Sama-sama mengantung anti-patogenik, yang dapat usir kecia keluar dari rumah. 

Cara: Siapkan lemon yang diblender, lalu tambahkan air hingga berbentuk jus. Namun, pastikan komposisi lemon lebih banyak daripada air. Kemudian, gunakan handuk kecil dan bersihkan seluruh perabotan rumah tangga dengan cairan ini, terutama lantai. Atau bisa juga tuang cairan ke dalam botol spray dan semprot pojok-pojok rumah yang biasanya jadi sarang kecoa. 

5.  Kapur khusus

Kapur barus khusus pengusir kecoa bisa mommies temukan di supermarket atau minimarket. Kelemahannya tak ramah lingkungan, harus sangat hati-hati jika di rumah ada anak-anak atau bayi, takutnya tidak sengaja tersentuh mereka.

Cara: letakkan kapur begitu saja, atau tandai area yang sering dilewati kecoa dengan kapur. 

Cara Mengusir Tikus

1. Bawang bombay atau bawang merah

Aroma bawang bombay yang menyengat, tak disukai tikus.

Cara: Iris-iris bawang dan simpan di area yang menjadi tempat berkumpulnya tikus.

2. Lada

Bau pedasnya membuat tikus sulit bernapas

Cara: taburkan lada yang sudah dihancurkan, di sudut dan lubang mereka berada. Ulangi beberapa kali, hingga tikus benar-benar lenyap dari rumah mommmies.

3. Minyak peppermint

Sepertinya tikus nggak suka dengan aroma-aroma yang menyengat, ya. Termasuk minyak peppermint. 

Cara: celupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint dan tempatkan di jalur tikus suka lewat. Bau mint akan mengecilkan paru-paru mereka, lama kelamaan sesak napas dan akhirnya bisa membunuh tikus. 

4. Deterjen dan bubuk atau saus cabai

Sensasi panas dari deterjen dan bubuk atau saus cabai ada senjata utama perpaduan bahan-bahan ini. 

Cara: campur bubuk atau saus cabai dengan deterjen dan air. Masukkan ke dalam botol spray dan semprot ketika tikus muncul. Atau semprotkan ke tempat tikus biasa bersarang. 

5. Baking soda

Salah satu pilihan tepat untuk mengusir tikus. Tubuh tikus akan mengembang ketika melahap makanan yang telah dicampur bahan ini.

Cara: campurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar tikus, Nantinya ketika tubuh tikus membesar karena tidak dapat mengeluarkan gas yang dihasilkan soda, dia tidak akan langsung mati di tempat. Melainkan akan lari ke ruang terbuka, sebelum mati karena menahan gas tersebut.

Baca juga: Waspada, Mommies. Ini Dia 5 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan

Berdasarkan pengalaman saya, sekeras apapun upaya kita mengusir kecoa dan tikus, jika di rumah masih banyak titik-titik yang menimbun barang kotor dan lembap, usaha mommies akan percuma.

Jadi sebaiknya evaluasi dulu keadaan rumah mommies secara menyeluruh, selesaikan masalah kecoa dan tikus sampai ke akarnya. Jangan hanya mengusir, tapi usahakan hilangkan tempat mereka bersarang dan berkembang biak.

Follow us on Instagram!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top