Now Reading
5 Alasan Kenapa BTS Layak Jadi Role Model Anak Kita

5 Alasan Kenapa BTS Layak Jadi Role Model Anak Kita

annisast

Ramai, Coldplay collab dengan BTS. Well, siapa yang tidak tahu BTS, walau tidak ngefans pun mommies pasti pernah dengar lagu mereka, kan?  Kenapa BTS layak jadi role model?

Boyband Korea Selatan beranggotakan 7 orang ini berkali-kali mencapai dan mendobrak rekor yang mereka buat sendiri. Seperti music video “Dynamite” yang dalam 24 jam sudah ditonton lebih dari 101juta kali. Sebelumnya, mereka pula yang set rekor pertama kali di tahun 2018, dalam 24 jam pertama, music video “DNA” ditonton lebih dari 21juta kali.

Saat ini, BTS juga merupakan artis dengan penjualan album terbanyak di Korea dan memecahkan banyak rekor di Billboard (sungguh terlalu banyak untuk disebut satu per satu). Mereka juga muncul sebagai sampul majalah Time internasional sebagai next generation leaders dan masuk ke dalam 25 orang paling berpengaruh di internet dan 100 orang paling berpengaruh di dunia. Mereka menyumbang 0.3% dari total pendapatan nasional bruto (PDB) Korea Selatan!

Di luar angka-angka fantastis itu, apakah BTS layak jadi idola anak-anak? Simak 5 alasan kenapa BTS layak jadi role model anak-anak kita.

Lagu-lagunya Bernada Positif

Tak seperti kebanyakan lagu dengan pasar remaja yang melulu bicara cinta, lagu-lagu BTS kebanyakan bertopik self-love dan bagaimana cara mencintai diri sendiri. Mereka juga fokus pada meningkatkan awareness pada topik yang ingin mereka angkat seperti mental health  dan mengakui kondisi kesehatan mental kita sedang tidak baik-baik saja itu tak apa-apa. Dalam mixtape member Suga, Agust D, lagu-lagunya semua tentang mental health dan perjuangannya sembuh dari depresi dan gangguan kecemasan.

Menghindari Toxic Positivity

Meskipun banyak pesan positif yang disampaikan melalui karya-karya mereka, BTS tend to be very careful about spreading toxic positivity. Mereka selalu menyampaikan kalau sedih atau gagal melakukan sesuatu itu nggak apa-apa karena manusia memang nggak bisa selalu senang atau sukses. Member SUGA bahkan pernah mengatakan pada seorang fans di live broadcast-nya “It’s okay if you’re giving up right now. Giving up takes a great courage. You are brave. You did well.”

Baca juga: Toxic Positivity: Ketika Yang Positif Tak Selamanya Baik


Anti Kekerasan dan Pro-Kesetaraan

BTS punya kampanye anti kekerasan, sesuatu yang sangat dibutuhkan dunia ini karena laki-laki masih identik dengan kekerasan. BTS meluncurkan kampanye Love Myself di 2017 bekerja sama dengan UNICEF untuk #ENDViolence bagi anak-anak dan remaja di Korea dan di seluruh dunia.Di April 2018, BTS menggelar tur dunia ke Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, dan Jepang untuk mempromosikan kampanye ini dan menggalang dana.

Semua uang yang terkumpul dari kampanye #LoveMyself ini digunakan untuk melindungi dan men-support anak dan remaja yang terdampak kekerasan dalam rumah tangga, sekolah, dan kekerasan seksual. Juga memberdayakan komunitas untuk menghentikan kekerasan.

Selain #ENDViolence, mereka juga aktif berdonasi untuk berbagai isu kesetaraan seperti Black Lives Matter movement and the Crew Nation hingga US$ 1juta!

Kerja keras

Kalau yang satu ini memang layak diberikan pada KPop idol mana pun yang berhasil mendunia karena rata-rata kerja keras mereka sebelum bisa debut itu luar biasa. Banyak yang sudah mulai training setiap hari sejak SD lho!

Sebelum bergabung dengan BTS, Suga dan RM adalah rapper underground yang sudah bicara tentang depresi dan kecemasan. V datang dari keluarga petani miskin namun terus mendukung mimpi anaknya hingga bisa seperti ini.

Fun fact: Kim Namjoon atau RM punya IQ 148 dan merupakan 1% lulusan terbaik se-Korea Selatan saat lulus SMA!

Diakui oleh PBB

Sebagai orang Korea yang paling banyak diikuti di media sosial, pengaruh BTS sudah tidak diragukan lagi. PBB pun mengundang mereka sebagai bagian dari United Nations’ 73rd General Assembly di mana leader RM memberi speech tentang menerima diri sendiri.

BTS juga jadi yang termuda yang menerima penghargaan dari Korea Selatan the Order of Cultural Merit karena berhasil membawa budaya dan bahasa Korea ke seluruh dunia.

Jadi sudah jelas ya moms, kenapa BTS layak jadi role model anak-anak kita. Atau … justru mommies sendiri yang seorang Army? :))

Baca juga: Ini Cara Agar Anak Punya Role Model Seperti Maudy Ayunda

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top