Now Reading
7 Tips Agar Anak Kembar Punya Identitas Sendiri

7 Tips Agar Anak Kembar Punya Identitas Sendiri

Hobi memperlakukan anak kembar untuk serba seragam? Cak bahayanya di sini agar orang tua bisa membuat anak kembar punya identitas sendiri.

Meski secara fisik anak kembar tampak serupa, mereka tetaplah dua pribadi yang berbeda. Namun yang sering terjadi adalah anak kembar diharapkan harus selalu sama dan diperlakukan seragam mulai dari pilihan baju sampai kegiatan mereka. Padahal, anak kembar juga butuh berkembang sesuai dengan kepribadian mereka masing-masing. Maka orang tua perlu mendorong setiap anak, agar anak kembar punya identitas sendiri.

Mendorong individualitas pada anak kembar sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan. Mengapa? Karena setiap anak pada dasarnya unik. Walaupun kembar, mereka tetap memiliki perbedaan sehingga perlu diberi kesempatan untuk berkembang sesuai jati dirinya masing-masing. Anak yang dapat berkembang sesuai dengan pribadinya akan menjadi invidu kuat dengan konsep diri yang mantap. Selain itu, jika orang tua tidak melakukannya sedini mungkin, maka salah satu anak kembar akan selalu hidup di bawah bayangan saudara/i kembarnya atau menjadi terlalu bergantung satu sama lain.

“Ada satu kasus yang pernah saya tangani, saudara kembar yang selalu maunya berdua saja di sekolah, sampai ketika sang kakak ingin berteman dengan yang lain, si adik protes dan memaksa sang kakak untuk tetap bermain dengannya saja,” jelas Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi.,Psikolog. Oleh karena itu, anak kembar disarankan untuk pisah kelas dan bahkan pisah sekolah serta mengikuti kegiatan luar sekolah yang berbeda pula.

Ini beberapa tips yang bisa bantu Mommies mendorong individualitas pada anak kembar Anda sesuai saran mbak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi.,Psikolog

1. Pakaian berbeda

Langkah pertama adalah beri mereka pakaian yang berbeda. Mungkin terlihat lucu mendandani mereka dengan baju, celana, atau rok yang identik, tetapi itu memperkuat pesan bahwa mereka adalah dua orang yang sama, bukan berbeda. Jika Anda diberi dua pakaian yang sama persis sebagai hadiah, hindari memakaikannya pada saat yang bersamaan.

Photo by frank mckenna on Unsplash

2. Dukung pilihan dan keinginan pribadi mereka

Seiring bertambahnya usia, anak akan mengembangkan minat mereka sendiri. Dorong mereka untuk melakukan kegiatan yang berbeda, terpisah dari hal-hal yang biasa mereka lakukan bersama. Tapi jangan memaksa mereka memisahkan diri dan tidak mengizinkan mereka melakukan apa pun bersama-sama. Yang penting beri mereka kesempatan untuk melakukan hal-hal yang menarik minat pribadi dan bukan minat kembarannya.

3. Panggil anak kembar Anda dengan namanya

Apakah Anda sering mengatakan, “Si Kembar”? Misalnya, “Si kembar sedang …” atau “Si Kembar pergi ke…. “ dan lain lain. Menyematkan sebutan Si Kembar akan menyulitkan mereka menemukan jati diri mereka sendiri. Penting untuk memanggil mereka dengan nama pribadi.

Jika seseorang bertanya bagaimana keadaan keluarga Anda, jawab dengan “Sarah dan dan Hana mulai sekolah …” Ini juga berlaku ketika Anda dan pasangan menyapa mereka. Dengan memanggil dan berbicara tentang mereka sambil menyebut nama, Anda membangun kehidupan dan kepribadian mereka yang unik.

4. Potongan rambut yang berbeda

Memberi gaya rambut yang berbeda. Percaya deh, para guru bakal sangat berterima kasih! Kita semua pernah mendengar cerita tentang kembar identik yang melakukan trik dengan berpura-pura menjadi yang lain (bahkan kembar non-identik bisa sangat mirip sehingga sulit untuk dibedakan).

5. Sediakan waktu untuk masing-masing

Cobalah memberi perhatian individual kepada masing-masing anak kembar Anda. Setiap anak ingin perhatian eksklusif orang tua mereka. Terkadang, mereka hanya ingin sendirian bersama Anda. Mereka mungkin juga akan mengembangkan minat yang sangat berbeda dari kembaran mereka, sehingga menghabiskan waktu bersama Anda saja akan sangat berarti untuk kalian. Anda juga jadi bisa mengamati kelebihan dan kekurangan masing-masing anak.

6. Lingkungan pertemanan yang berbeda

Daripada memaksa mereka untuk membentuk lingkaran pertemanan yang sama, biarkan mereka mengembangkan tipe persahabatan yang berbeda. Akan sangat baik jika anak-anak kembar bergaul dengan anak-anak yang berbeda karena kelak, mereka akan menempuh jalannya masing-masing.

7. Berikan hadiah yang berbeda

Selalu beli dua mainan, pakaian, atau barang yang serupa? Pertimbangkan untuk memberikan hadiah yang berbeda untuk masing-masing anak, terutama berdasarkan minat. Berikan dua hadiah berbeda yang bisa dimainkan bergantian atau dinikmati sendirian. Apa yang kelihatannya oke buat yang satu, belum tentu menarik buat yang lain. Tentu saja ini tidak berlaku untuk semua hadiah ya, Mommies.

Photo by Keisha Montfleury on Unsplash

Baca juga artikel tentang anak kembar lainnya di sini:

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top