Now Reading
8 Faktor yang Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

8 Faktor yang Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

annisast
peluang kembar

Melihat anak kembar itu selalu menggemaskan ya! Apakah ada faktor yang meningkatkan peluang hamil anak kembar?

Tentu ada. Dilansir dari verywellfamily.com ada beberapa hal yang meningkatkan peluang untuk hamil kembar. Apa saja?

Faktor Peningkat Peluang Hamil Kembar

Usia

Usia ternyata berpengaruh pada kehamilan kembar. Ibu yang hamil di atas usia 35 tahun punya peluang lebih tinggi karena memproduksi lebih banyak follicle stimulating hormone (FSH) yang menyebabkan lebih dari satu telur yang keluar saat ovulasi dibanding ibu dengan usia lebih muda.

Genetik

Jika di riwayat keluarga ibu ada yang kembar, maka peluangnya lebih tinggi. Jika ditambah keluarga ayah, peluangnya lebih tinggi lagi. Genetik ini tidak selalu langsung dari orangtua ya, bisa juga dari anggota keluarga lain yang sedarah!

Pernah hamil anak kembar

Hamil pertama kembar, hamil kedua lebih tinggi peluangnya.

Berat badan

Perempuan dengan berat badan berlebih, dengan BMI lebih dari 30 (angka ideal di 18,5-25) punya kesempatan hamil kembar lebih tinggi dibanding perempuan dengan BMI ideal. Sebabnya, lemak meningkatkan level estrogen yang bisa overstimulasi indung telur. Namun, perempuan dengan berat berlebih juga biasanya lebih sulit hamil.

Tinggi badan

Perempuan dengan tinggi badan di atas rata-rata punya peluang lebih tinggi dibanding perempuan yang pendek. Alasannya tidak diketahui namun ada teori yang menyebut nutrisi yang lebih baik meningkatkannya peluang hamil kembar.

Menyusui

Perempuan yang sedang menyusui punya peluang lebih tinggi untuk hamil kembar! Iya betul di 6 bulan pertama, menyusui adalah kontrasepsi alami tapi setelahnya ya bisa hamil juga. Sebuah riset menyatakan peluang kembar di angka 11,4% untuk perempuan menyusui dibanding 1,1% untuk perempuan yang sedang tidak menyusui.

Diet tertentu

Ini belum bisa dipastikan namun ada studi yang menyatakan perempuan yang makan banyak produk dairy punya peluang lebih tinggi karena hormon pertumbuhan yang diberikan pada sapi berpengaruh pada hormon manusia.

Ras

Yes, perempuan Afrika-Amerika punya peluang kembar lebih tinggi dibanding Kaukasia. Dan perempuan Asia punya peluang paling rendah untuk bisa hamil anak kembar.

Nah, punya lebih dari satu faktor meningkatkan peluangnya jadi lebih besar lagi. Ingin punya anak kembar?

Baca juga:
Dominant-Twins Syndrome, Ketika Masing-masing Anak Kembar Dominan di Satu Tahap Perkembangan
Begini Bentuk Perut Saat Hamil Kembar Tiga

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top