Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar

annisast

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sekolah anak, termasuk Sekolah Dasar (SD). Mommies sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor berikut untuk setiap kandidat sekolah. 

Memilih sekolah dasar (SD), bagi saya sesulit itu karena anak akan menghabiskan 6 tahun pendidikan dengan biaya yang tidak murah. Ya, biaya SD swasta kan kebanyakan lebih mahal dibanding SMP dan SMA swasta.

SD juga merupakan pendidikan dasar yang akan menentukan apakah anak akan menganggap belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan atau justru membosankan?

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih SD untuk anak:

1. Jarak dari rumah

Tak sedikit teman-teman saya yang pindah rumah karena jarak SD yang sreg dengan kata hati agak jauh. Jarak tentu jadi pertimbangan utama karena anak bisa saja capek di jalan sehingga mogok pergi sekolah.

2. Kurikulum

Tidak semua anak bisa memakai metode belajar yang sama. Anak kinestetik misalnya, pasti akan stres jika sekolah di sekolah yang mengharuskan duduk di kelas dalam waktu lama. Tanyakan pula berapa jumlah guru yang mengajar dan jumlah siswa dalam satu kelas.

BACA JUGA: Mommies, Yuk, Cermati Perkembangan Psikologi Anak Usia Sekolah

3. Mata pelajaran

Apa yang akan anak pelajari hingga kelas 6? Untuk naik kelas bagaimana aturannya? Apa saja yang dipertimbangkan untuk kenaikan kelas anak?

4. Gedung dan keamanan

Bagaimana kondisi bangunannya? Perhatikan jumlah toilet dan kondisinya apakah layak untuk anak menghabiskan waktu seharian? Bila muslim, apakah musola sekolah cukup nyaman dan apakah punya tempat wudhu khusus? Atau harus wudhu di toilet?

Perhatikan juga jarak dari pintu gerbang ke jalan raya, sampai mana batas maksimal anak berkeliaran? Bagaimana proses penjemputan?

Biaya Sekolah Dasar Jakarta Pusat

 

5. Lingkungan belajar

Seperti apa lingkungan belajarnya? Apakah memungkinkan para siswa untuk kooperatif dalam kelompok? Atau malah cenderung indvidual? Apakah guru hanya mengajar di depan kelas atau terkadang menghampiri siswa? Apakah guru menggunakan visual tambahan untuk mengajar? Beri pertanyaan ke diri sendiri mana yang kira-kira sesuai dengan gaya belajar anak.

6. Apakah ada ekskul?

Apakah anak memiliki minat dan bakat tertentu? Jika iya, perlu mencari sekolah yang menyediakan ekstrakurikuler setelah jam pelajaran. Tanyakan apakah ada program ekskul yang sesuai dengan kesukaan anak. Tanyakan juga waktu ekskul untuk menyesuaikan dengan jadwal harian Si Kecil.

7. Survey dan testimoni orangtua

Survey langsung ke beberapa sekolah tentu harus ya sehingga Mommies bisa langsung memutuskan langsung apakah layak atau tidak anak sekolah di sana. Satu lagi yang tak kalah penting adalah testimoni orangtua yang anaknya sedang sekolah di sana. Tanyakan hal-hal seperti pergaulan orangtua, kerjasama pihak sekolah jika ada masalah, dll.

8. Keunggulan sekolah

Setiap sekolah memiliki visi dan misinya masing-masing. Mommies sebaiknya mengetahui keunggulan apa saja yang ingin ditonjolkan dari masing-masing sekolah. Kemudian lihat apakah hal tersebut sejalan dengan nilai-nilai Mommies dan keluarga.

BACA JUGA: Aturan Sekolah di Negara Lain yang Bikin Iri (*Colek Pak Nadiem)

9. Uang sekolah

Jangan hanya tanya uang pangkal saja, tanyakan metode pembayaran SPP-nya apakah bulanan atau 3 bulanan? Apakah ada uang tahunan yang perlu dibayar? Berapa biaya ekskul, katering, serta jemputan bila perlu?

10. Boleh bolos berapa hari

Belum masuk kok sudah bertanya bolos ya ahahaha. Tapi sebaiknya tetap tanyakan karena kita harus tahu kuota maksimal bolos anak kalau-kalau ada hal mendadak atau justru liburan terlalu lama. Ada lho, sekolah yang memotong nilai ujian anak yang bolos. Menurut saya tidak adil sih, selama anak bisa mengerjakan ujian, kenapa nilainya harus dipotong hanya karena pernah membolos?

Nah, itulah kriteria saya dalam memilih sekolah dasar. Kalau Mommies bagaimana?

MD School Week

Jika masih bingung dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang serba-serbi memilih SD untuk anak, Mommies bisa langsung pantengin MD School Week yang akan diselenggarakan pada 13-17 September 2021 mendatang!

MD School Week sendiri merupakan rangkaian acara dari Mommies Daily berupa Instagram Live yang akan membahas seputar sekolah anak. Mommies nantinya bisa berkenalan dengan beberapa SD yang ada di Jabodetabek sebagai pilihan sekolah untuk Si Kecil. Mommies juga bisa bertanya tentang kurikulum, metode pengajaran, serta nilai-nilai yang diterapkan, kepada perwakilan pihak sekolah. Seru banget kan, Mommies!

Selain itu, ada juga ngobrol-ngobrol dengan para ahli terkait pendidikan anak. Mulai dari merencanakan dana pendidikan hingga mempersiapkan gizi dan kesiapan Si Kecil sebelum mulai masuk sekolah.

Catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya, Mommies!

Informasi selengkapnya mengenai MD School Week bisa dilihat di sini, ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top