Now Reading
Hindari 5 Kebiasaan yang Membuat Imun Tubuh Menurun

Hindari 5 Kebiasaan yang Membuat Imun Tubuh Menurun

stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh

Tanpa sadar kita sering melakukan kebiasaan yang membuat imun tubuh menurun seperti 5 hal ini! Cari tahu apa saja dan seperti apa tanda-tanda imun tubuh menurun. 

Di masa pandemi ini, menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk menghindari COVID-19. Dengan sistem imun yang baik, jika terkena COVID-19 pun, gejala yang kita rasakan tidak terlalu parah. Proses pemulihannya juga bisa lebih cepat dibanding orang-orang dengan imun rendah.

Meski terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya menjaga sistem kekebalan tubuh memerlukan usaha ekstra. Ini karena ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari memberikan dampak negatif bagi imunitas kita. Waspada ya, Mommies.

Yuk, perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang membuat imun tubuh menurun :

1. Kurang tidur

National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur bagi orang dewasa selama 7-9 jam setiap malamnya. Namun, banyak yang tidak mampu memenuhinya. Kurang tidur membuat tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang diperlukannya. Organ-organ tubuh seperti jantung dan otak pun tidak memiliki waktu cukup untuk memulihkan fungsinya.

Hal tersebut akan memengaruhi kerja tubuh secara keseluruhan—termasuk membuat sistem imun menurun. Dan jika kebiasaan kurang tidur terus berulang, itu dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti kanker dan demensia.

BACA JUGA: Saat Jam Tidur Anak Jadi Tak Tentu Selama Pandemi

kebiasaan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh
Kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

2. Stres berkepanjangan

Apa yang terjadi di otak ketika kita sedang stres? Ia memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang membahayakan tubuh. Salah satu dampaknya adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Data dari American Cancer Society bahkan mengungkapkan bahwa orang yang mengalami stres kronis lebih rentan terhadap flu. Bukan tidak mungkin juga stres berkepanjangan menyebabkan kita mudah terinfeksi virus lainnya, termasuk SARS-CoV-2.

3. Kurang asupan vitamin D

Selama pandemi ini, vitamin D disebut-sebut sebagai salah satu nutrisi yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini benar karena menurut dr. Anthony Fauci, ahli penyakit menular, kekurangan vitamin D dapat membuat kita rentan terhadap infeksi virus.

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita lebih mungkin tertular penyakit jika tidak mendapatkan vitamin D yang cukup,” ungkapnya.

BACA JUGA: Infografik: 10 Fakta Tentang Vitamin D

4. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol

Menurut para ahli, mengonsumsi terlalu banyak alkohol terbukti melemahkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, itu bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, infeksi pernapasan, sepsis, dan memicu sepuluh jenis kanker.

Sebaiknya, jangan mengonsumsi lebih dari dua gelas alkohol dalam sehari dan satu gelas untuk wanita. Jika berlebihan, maka tubuh akan merasakan dampak negatifnya, Mommies.

kesepian

5. Kesepian

Sebuah studi menemukan fakta bahwa orang-orang yang sering merasa kesepian memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker, demensia, dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, kesepian juga bisa memicu respons stres yang menyebabkan peradangan sehingga melemahkan daya tahan tubuh.

Untuk menghindarinya, sebaiknya tetap terhubung dengan orang lain ya, Mommies. Sesekali bisa mengobrol dengan teman-teman atau saudara untuk bercerita hal seru. Jika belum bisa bertemu, komunikasi dapat dilakukan melalui video call.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. Lalu bagaimana kita tahu ketika imun tubuh kita menurun? Berikut tanda-tanda imun tubuh menurun!

Yuk, simak selengkapnya DI SINI.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top