banner-detik
INFOGRAFIK

Infografik: 10 Fakta Tentang Vitamin D

author

Fannya Gita Alamanda17 Mar 2021

Infografik: 10 Fakta Tentang Vitamin D

Banyak orang tidak sadar kalau tubuhnya kekurangan vitamin D, tak heran kekurangan vitamin D disebut juga dengan silent disease. Berikut fakta tentang vitamin D yang perlu Mommies tahu.

Beberapa waktu lalu, adik saya jatuh sakit, sumeng, badan nggak enak, pilek. Nah, sebelumnya, dia memang sering sekali merasa lemas, mudah capek, plus satu bulan terakhir mendadak rambutnya rontok parah dan kulit kaki serta tangan gatal-gatal luar biasa. Tiga temannya menganjurkan untuk tes vitamin D di dalam tubuh, karena si temannya ini tahun kemarin juga mengalami hal yang sama, sampai sudah tes macam-macam, hingga akhirnya disarankan oleh dokternya untuk cek vitamin D. Benar saja, ternyata temannya kekurangan vitamin D. Akhirnya diberi vitamin D oleh dokter, diminta konsumsi 6 bulan kemudian cek lagi kadar vitamin D-nya. Setelah kadar vitamin D di dalam tubuh naik, memang si teman merasa tubuhnya lebih segar dan nggak mudah sakit.

Adik saya pun setelah SWAB PCR negatif, berinisiatif melakukan tes darah untuk mengetahui kadar vitamin D di dalam tubuh. Hasilnya, ternyata sama seperti temannya, kadar vitamin D di dalam tubuh adik saya hanya 15, di saat angka normal berkisar antara 30-100. Langsung deh konsul ke dokter, diberi vitamin D dan diminta konsumsi sebanyak 4000IU setiap hari selama 6 bulan, setelah 6 bulan, diminta cek kembali.

Dari sini saya jadi tertarik membahas mengenai fakta vitamin D yang selama ini mungkin tanpa sadar kita abaikan, kita lebih fokus dengan vitamin C dan bisa jadi karena menganggap kita tinggal di negara tropis yang sinar mataharinya tumpah ruah, kita jadi berpikir nggak mungkin kekurangan vitamin D. Faktanya tidak seperti itu, lho. Mau tahu faktanya lainnya? Cek di Infografik berikut ini

Fakta Vitamin D - Mommies Daily

 

Makanan apa saja yang bisa kita konsumsi di luar vitamin untuk mencukupi kadar vitamin D di dalam tubuh? Cek penjelasannya di HALAMAN BERIKUT ya Mommies.

Fakta Vitamin D - Mommies Daily

Nah, sudah tahu kan pentingnya vitamin D di dalam tubuh, yuk pastikan kalau tubuh kita memiliki cukup kandungan vitamin D.

Photo by Kiana Bosman on Unsplash

PAGES:

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan