Rekomendasi Psikolog Anak dan Remaja yang Bisa Membantu Kesehatan Mental Buah Hati

psikolog anak dan remaja

Jika Si Kecil memiliki masalah psikologis, berikut rekomendasi psikolog anak dan remaja yang mungkin bisa membantu. 

Seperti fisik, kesehatan mental juga sama pentingnya. Dan ini tidak hanya berlaku pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak serta remaja. Mereka bisa mengalami stres, depresi, kecanduan, maupun gangguan perilaku dan perkembangan lainnya. Jika anak Mommies mengalami hal tersebut, dibutuhkan peran seorang psikolog anak dan remaja dan sebaiknya melakukan konsultasi.

Psikolog nantinya akan mendiagnosis dan menangani masalah kesehatan mental yang dialami Si Kecil dan mencegah kondisinya menjadi lebih parah. Para ahli ini juga nantinya akan memberikan konseling dan terapi untuk anak Mommies.

Berikut rekomendasi psikolog anak dan remaja yang bisa membantu Mommies menangani masalah kesehatan mental buah hati:

Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi, M.Psi

Nama Vera Itabiliana Hadiwidjojo mungkin tidak asing lagi di telinga Mommies. Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini telah berkecimpung di dunia psikologi sejak awal 2000-an. Saat ini, Vera berpraktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), Tiga Generasi di Klinik Brawijaya Kemang, serta Klinik Anak Mandiri di Depok. Jangan khawatir, selama pandemi ini, Vera juga membuka layanan konsultasi secara online, Mommies.

Reti Oktania, M. Psi

Reti sangat tertarik pada isu-isu seputar parenting dan khususnya perkembangan emosi anak dan remaja. Ia merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan telah berpengalaman menangani anak-anak dari berbagai rentang usia. Reti saat ini berpraktik di Rumah Dandelion, Mommies dapat menghubunginya melalui kontak 081284891683 untuk informasi lebih lanjut maupun mengatur jadwal konsultasi. Selain itu, Reti juga aktif memberikan konsultasi dan tips seputar anak di The Little Wisdom.

Tanda Masalah Sensorik pada Anak - Mommies Daily

Roslina Verauli, M.Psi

Roslina Verauli aktif memberikan konsultasi di Rumah Sakit Pondok Indah maupun praktik mandirinya di Wisma 46 Jakarta. Memulai karier sebagai managing partner di Klinik Tumbuh Kembang Empati Development Center, kini Vera menjadi salah satu psikolog anak, remaja, dan keluarga yang populer di Indonesia. Ia kerap tampil di layar kaca dan telah menulis beberapa buku seperti Teenager 911, Discovering Your Black Box, dan I was an Ugly Duckling, I am a Beautiful Swan. Vera dapat dihubungi di 082300099922 atau melalui e-mail management@verauli.id.

Samanta Elsener, M.Psi

Samanta Elsener merupakan psikolog lulusan Universitas Tarumanegara. Kini, ia sudah berpengalaman menjadi psikolog anak dan keluarga, serta memiliki tempat praktik sendiri bernama Samanta Ananta Psychologist. Selain praktik, Samanta kerap menjadi pembicara di berbagai acara, terutama yang berkaitan dengan dunia parenting. Samanta juga sering membuat konten tulisan maupun video terkait kesehatan mental melalui akun Instagramnya @samanta.elsener.

Fathya Artha Utami, M.Sc., M.Psi

Fathya merupakan psikolog anak lulusan Universitas Indonesia (UI) dan Atma Jaya. Ia merupakan co-founder dari Tiga Generasi serta Ibu Punya Mimpi yang bertujuan untuk memberdayakan para ibu dan membantu mereka mewujudkan impiannya. Fathya juga aktif menjadi pembicara di kegiatan online maupun offline. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut terkait dunia parenting dan perkembangan anak, Mommies bisa mengikuti akun @fathyartha karena ia kerap membuka sesi Q&A dengan para followers-nya.

Irma Gustiana Andriani, S.Psi, M.Psi

Irma sudah menjadi psikolog anak, remaja, dan keluarga selama belasan tahun. Setelah berpraktik di beberapa tempat, Irma kini mendirikan pusat konsultasi psikologi, terapi, dan pengembangan diri yang ia beri nama Ruang Tumbuh. Irma juga merupakan seorang praktisi play therapist bersertifikat yang menangani permasalahan stres pada anak. Ia dapat dihubungi melalui 08164839910.

Gisella Tani Pratiwi, M.Psi

Gisella adalah psikolog anak dan remaja lulusan Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya dan Program Magister Profesi Kekhususan Klinis Anak Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ia telah berpraktik sebagai psikolog sejak 2010 dan kini aktif di Yayasan Pulih, PsyCoach Human Integra, Enlightmind, serta RSIA Bunda Aliyah Depok. Gisella biasanya menangani permasalahan terkait emosi dan trauma pada anak. Meski begitu, ia tertarik dengan isu sosial dan kesehatan mental secara umum, edukasi seksualitas, kesetaraan gender, dan pola pengasuhan.

Itulah 7 rekomendasi psikolog anak dan remaja yang bisa menjadi pilihan Mommies jika Si Kecil membutuhkan konsultasi lebih lanjut. Semoga membantu ya, Mommies!

BACA JUGA:

Rekomendasi Dokter Anak Ahli Tumbuh Kembang Pediatri Sosial 

7 Rekomendasi Layanan Psikolog Online Untuk Ketenteraman Jiwa Selama Covid-19

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top