Now Reading
10 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Menyusui

10 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Menyusui

menyusui

Selain sambil nonton drakor, kira-kira kegiatan yang bisa dilakukan saat menyusui apa yang bisa kita lakukan? Ini 10 aktivitas yang bisa dicoba. 

Menyusui memberikan kesempatan kepada Mommies untuk duduk sejenak dan menikmati momen bersama Si Kecil. Namun, selain itu, proses menyusui ternyata juga bisa menjadi “penyelamat waktu” bagi Mommies. Sebab, ketika sudah terbiasa dengan menyusui, itu bisa dilakukan sambil mengerjakan hal lainnya. Waktu singkat yang sangat berharga.

Berikut 10 kegiatan yang bisa dilakukan saat menyusui:

Bercerita atau bernyanyi untuk Si Kecil

Bayi sudah mendengarkan suara Mommies sejak ia berada di dalam kandungan. Baginya, itu mungkin merupakan suara terindah yang ada di dunia. Sambil menyusui, nyalakan lagu kesukaan Mommies dan nyanyikan kepada Si Kecil.

Atau Mommies juga bisa bercerita tentang kegiatan sehari-hari maupun impian dan harapan di masa depan. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung Mommies mengajarkannya kemampuan berbahasa sejak dini. Bayi butuh mendengar banyak kata-kata sebelum nantinya bisa berbicara.

Makan atau mengemil

Beberapa ibu menyusui merasa mudah lapar, tetapi banyak juga yang lupa makan. Padahal, Mommies harus mendapatkan energi yang cukup saat menyusui. Kesempatan duduk sejenak dan menyusui bayi ini bisa Mommies lakukan sambil makan. Pilih makanan sehat yang simpel dan mudah dikonsumsi. Atau bisa juga dengan makan camilan sehat seperti almond atau biskuit gandum.

Minum air putih

Letakkan botol berisi air mineral di dekat tempat Mommies menyusui. Proses memberikan ASI kepada Si Kecil memicu reaksi hormon yang membuat Mommies sering merasa haus. Sambil menyusui bayi, sebaiknya Mommies juga memberikan asupan air putih ke diri sendiri agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

menyusui

Mengobrol dengan anggota keluarga

Menyusui memang bisa jadi me time untuk Mommies, tetapi tidak ada salahnya jika kegiatan tersebut dilakukan sambil mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. Interaksi sosial yang terjadi akan meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan Mommies untuk menyusui di sekitar anggota keluarga.

Selain itu, bayi juga bisa mendengar suara-suara lain di keluarganya yang membantu meningkatkan bonding. Meski begitu, jangan sampai kehadiran mereka mengganggu waktu menyusui Mommies, ya.

Chatting dengan teman

Ibu baru kerap merasa terisolasi dari dunia sekitarnya. Agar tidak merasa sendiri, Mommies bisa menjadikan waktu menyusui untuk mengontak teman-teman dekat dan mengobrol dengan mereka. Jangan ragu untuk memulai percakapan lewat chat atau mengirim video lucu ke sahabat.

Bermain media sosial

Dengan kehadiran Si Kecil, Mommies mungkin akan jadi lebih sibuk dari biasanya. Meski begitu, gunakan waktu menyusui sambil menghibur diri sendiri, misalnya dengan berselancar di media sosial. Mommies bisa mengunggah foto-foto menarik yang selama ini hanya tersimpan di galeri atau mencari informasi baru di Instagram. Jangan lupa untuk cek media sosial Mommies Daily juga, ya!

Membaca buku

Baik e-book atau buku fisik, membaca menjadi kegiatan pas yang dilakukan sambil menyusui. Pilih buku dengan genre favorit Mommies.

menyusui

Mendengarkan audiobook

Tidak suka membaca buku? Mommies bisa memilih alternatif lain seperti mendengarkan audiobook. Kunjungi situs atau aplikasi yang memiliki banyak koleksi audiobook. Selain  bisa membantu menghibur Mommies, ini juga menjadi cara terbaik untuk mengenalkan Si Kecil pada beragam kata.

Relaksasi

Saat menyusui, Mommies bisa memejamkan mata sejenak dan merasa rileks. Bersandar dengan posisi nyaman, sediakan bantal di dekat Mommies, dan ambil waktu untuk tidur sejenak.

Menonton satu episode drakor

Nyalakan drakor favorit Mommies dan lanjutkan menonton satu episode selama menyusui. Mommies bisa menontonnya melalui gadget atau televisi. Perlu diingat, jangan sampai terdistraksi dengan alur cerita dan mengganggu proses menyusui, ya.

Itulah 10 kegiatan yang bisa dilakukan sambil menyusui. Kalau Mommies, biasanya menyusui sambil ngapain?

BACA JUGA:

15 Dukungan yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

25 Rekomendasi Produk untuk Ibu Menyusui, Dari Breast Pump Hingga ASI Booster

TONTON: 

Tanya Jawab Seputar Kehamilan di Masa Pandemi

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top